Diperbaharui pada Senin, 25 Juli 2022 | 11:00

Sejarah Game Snake di Hp Nokia yang Berumur 25 Tahun

Sejarah Game Snake di Hp Nokia yang Berumur 25 Tahun
Masih ingat dengan game Snake di hp Nokia? Beberapa waktu lalu, game ikonik ini genap berusia 25 tahun. Menariknya, game ini masih dimainkan dan memiliki ratusan varian game sejenis di Google Play Store maupun iOS App Store.

Snake sendiri pertama kali muncul di Nokia 6110 pada tahun 1997, dan langsung menarik perhatian hampir semua pengguna hp Nokia. Tapi jika dirunut lebih jauh, game ini punya sejarah yang cukup panjang.

Melansir halaman T3, Snake versi pertama sebenarnya dibuat pada tahun 1976. Saat itu namanya Blockage yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama GREMLIN Interactive. Pada dasarnya memang bukan game Snake yang seperti dikenal.

Namun mekanisme permainan mirip yaitu dengan menekan tombol panah untuk bergerak. Bahkan hal ini menginspirasi banyak game arcade sederhana seperti Atari's Worm (1978) dan Nibbler di tahun 1982.

Sampai akhirnya berlanjut ke Snake versi Nokia yang dibuat oleh Taneli Armanto. Awalnya Taneli Armanto merupakan pengembang nada dering, kalkulator hingga game.

Ia kemudian merancang Snake yang awalnya untuk memamerkan tautan infra-merah yang dikembangkan Nokia untuk berkomunikasi antara dua perangkat.

Dengan segala keterbatasan yang ada, seperti kontrol hanya menggunakan keypad, tampilan hitam putih hanya 48 x 84 pixel dan jumlah RAM kecil, namun Snake ciptaan Taneli Armanto dan timnya sangatlah jenius dan populer hingga sekarang.

Snake adalah tonggak sejarah yang nyata, dan salah satu indikasi pertama bahwa hp bisa lebih dari sekedar telepon. Bahkan masih dimainkan hingga sekarang dengan lebih dari 400 variasi di iOS App Store belum termasuk di platform lain.

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1932 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.