Diperbaharui pada Selasa, 28 Juni 2022 | 18:53

Google Hangouts Disuntik Mati, Google Chat Menggantikan

aplikasi google chat terbaru

Setelah ramai berhembus kabar bahwa Google akan menghentikan segala dukungan untuk Google Hangouts, akhirnya resmi diumumkan bahwa aplikasi tersebut akan disuntik mati pada November 2022 mendatang. Sebagai penggantinya, akan hadir Google Chat.

Google sebelumnya telah mulai melakukan beberapa perubahan terkait Google Hangouts yang bisa dirasakan langsung oleh para pengguna Workspace sejak bulan Februari lalu, dimana beberapa fiturnya mulai dikurangi.

Perubahan berkala tersebut dilakukan Google untuk memberikan waktu kepada pelanggan Workspace agar memudahkan mereka ketika baradaptasi dengan Google Chat nantinya.

Selain itu, Google juga telah meluncurkan himbauan resmi kepada para pelanggan Workspace untuk mulai berhenti menggunakan Google Hangouts dan berganti pada aplikasi Google Chat.

Pada masa transisi setelah peluncuran resminya nanti, kontak dan pesan yang tersimpan di dalam sistem Google Hangouts akan secara otomatis berpindah ke Google Chat, sehingga pengguna tidak akan kehilangan percakapan-percakapan penting dan berbagai informasi lainnya.

Ketika pengguna Google Hangouts membuka aplikasi ini melalui browser, maka sebuah pesan akan muncul di kiri atas halaman, dengan tautan untuk membuka Google Chat. Transisi yang sama juga akan ditemukan pada extension Hangouts di Google Chrome. 

Bersamaan dengan hal tersebut, aplikasi Google Hangouts versi mobile juga akan ditutup total pada bulan November, dan aplikasi Google Chat akan muncul di Google Play Store dan App Store untuk menggantikannya.

Google Chat menawarkan fitur yang lebih banyak dari Google Hangouts, termasuk akses yang mudah untuk membuka Google Meet. Selain itu, file dan dokumen yang tersimpan di Google Drive juga dapat langsung dibagikan melalui Google Chat.

Pada pengaturan Gmail, Google Chat dapat ditampilkan pada sidebar, sehingga pengguna tidak perlu membuka tab baru untuk mengakses Google Chat.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.