Diperbaharui pada Kamis, 13 Januari 2022 | 18:40

Cara Menerjemahkan Teks di Google Meet

Fitur Google MeetFoto: Google

Sejak pandemi 2020, hampir setiap aktivitas meeting dilakukan dengan aplikasi seperti Google Meet. Tidak heran, sebab aplikasi ini memiliki fitur-fitur menarik, salah satunya adalah translasi teks langsung.

Sebelumnya Google sudah memperkenalkan translasi teks di tahun 2021, namun fitur tersebut tidak bisa menerjemahkan secara langsung. Selain itu, bahasa yang tersedia juga masih terbatas.

Google berharap fitur ini dapat membantu membuat panggilan video conference lebih inklusif dan kolaboratif dengan menghilangkan hambatan pada bahasa.

Untuk mengetahui bagaimana cara mengaktifkan translasi teks langsung, ikuti cara dibawah ini

Cara Menerjemahkan Teks Langsung di Google Meet

Fitur penerjemah ini hanya tersedia untuk pengguna workspace yaitu Business Plus, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Teaching & Learning Upgrade dan Education Plus, serta pengguna program beta yang harus mengisi formulir yang disediakan oleh Google.

Saat ini, teks terjemahan langsung hanya tersedia dalam bahasa Inggris lisan. Untuk menggunakannya, “caption” harus diatur dalam bahasa Inggris dan “Translated Caption” diatur ke bahasa lain

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkannya:

  1. Buka Google Meet di desktop dan buatlah pertemuan baru atau join meeting
  2. Klik titik tiga di bagian bawah
  3. Pilih Settings dan klik Captions
  4. Aktifkan “Caption” dan atur ke bahasa Inggris
  5. Aktifkan “Translated caption”
  6. Pilih Bahasa: Prancis, Jerman, Portugis, Spanyol

Fitur menerjemahkan bahasa di Google Meet sudah mulai bisa digunakan sejak Kamis (13/01/2022) dan akan tersedia untuk pengguna secara bertahap.

Namun seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahasa yang tersedia untuk sementara ini hanya Prancis, Jerman, Portugis dan Spanyol. Kedepannya, sepertinya Google berencana untuk menambah bahasa lainnya, termasuk mungkin bahasa Indonesia.

Like us!
Salsa Khairunnisa
70 Posts

Contribur