Diperbaharui pada Senin, 3 Januari 2022 | 13:59

Samsung Perkenalkan Micro LED, Neo QLED dan Lifestyle TV 2022

harga tv samsung terbaikFoto: Samsung

Mengawali tahun 2022, Samsung meluncurkan jajaran produk TV terbarunya yang dimulai dari lini Micro LED, Neo QLED, hingga Lifestyle TV, yang mengedepankan kualitas gambar, teknologi suara, dan fitur-fitur cerdas.

Ketiga jajaran TV baru Samsung ini diperkenalkan secara resmi melalui ajang Consumer Electronics Show 2022. Samsung kinin menawarkan lebih banyak opsi pilihan layar, serta pilihan aksesoris yang dapat dikostumisasi.

Selain semua yang telah disebutkan, apa lagi yang menjadi keungulan dari Micro LED, Neo QLED dan Lifestyle TV terbaru dari Samsung ini?

Micro LED

harga tv samsung terbaikFoto: Samsung

Jajaran TV Micro LED dibekali dengan layar Samsung yang diklaim sebagai yang tercanggih saat ini, dengan manawarkan kualitas gambar terbaik di kelasnya berkat 25 juta LED berukuran mikrometer yang secara individual menghasilkan cahaya dan warna.

Micro LED yang tersedia dalam tiga ukuran berbeda, dimulai dari 89 inci, 101 inci, dan yang terbesar, 110 inci ini, sudah mendukung kedalaman greyscale 20-bit. 

Ini berarti, Micro LED dapat mengekspresikan setiap detail dalam sebuah adegan, menawarkan kontrol terbaik dengan lebih dari 1 juta tingkatan kecerahan dan level warna, serta memberikan pengalaman HDR sejati. 

Micro LED juga mengekspresikan 100% color gamut DCI dan Adobe RGB, serta fitur kustomisasi seperti:

  • Art Mode: Memungkinkan konsumen untuk mengubah ruangan apapun menjadi sebuah galeri seni saat mereka memilih dan menampilkan karya seni favorit atau fotografi digital.
  • Multi View: Memungkinkan pengguna melihat konten dari empat sumber yang berbeda secara bersamaan - dari setiap atau semua dari empat port HDMI - dalam resolusi 4K hingga mencapai 120fps.
  • Dolby Atmos: Memberikan pengalaman audio imersif premium dengan speaker saluran atas, samping dan bawah untuk menghasilkan suara multi-dimensi.

Neo QLED dengan Neo Quantum Processor

harga tv samsung terbaikFoto: Samsung

Neo Quantum Processor yang disematkan pada Neo QLED 2022 memperkenalkan advanced contrast mapping dengan BLU (back-light unit).

Teknologi yang diusungnya diklaim mampu meningkatkan tingkat kecerahan dari 12 hingga 14-bit gradasi untuk kontrol sumber cahaya (Quantum Mini LED) yang lebih presisi. 

Ini memungkinkan TV untuk mengontrol pencahayaannya di 16.384 tingkat, empat kali lipat dari 4.096 di model sebelumnya.

Teknologi Shape Adaptive Light baru memanfaatkan Neo Quantum Processor untuk menganalisis garis, bentuk, dan permukaan untuk mengontrol bentuk cahaya dari Quantum Mini LED, serta meningkatkan kecerahan dan keakuratan semua bentuk yang ditampilkan di layar. 

Samsung Neo QLED 2022 juga dilengkapi Real Depth Enhancer, algoritma kualitas gambar dengan multi-kecerdasan, untuk memberikan sensasi realisme  dengan membedakan dan memproses obyek di layar terhadap latar belakangnya untuk menciptakan sensasi kedalaman (depth).

Selain itu, Samsung Neo QLED 2022 mempunyai EyeComfort mode, yang secara otomatis menyesuaikan tingkat keterangan dan tone layar berdasarkan sensor cahaya built-in dan informasi matahari terbenam/matahari terbit. 

Fitur-fitur suara Neo QLED berbasis OTS (Object Tracking Sound) mendapatkan peningkatan dengan hadirnya OTS Pro yang menggabungkan speaker up-firing untuk menciptakan surround sound yang menyelimuti ruangan. 

Selain itu, hadir pula teknologi Dolby Atmos yang mendapat penambahan speaker top channel, dengan speaker multi-channel untuk memberikan pengalaman suara dinamis yang mengikuti gerakan di layar dari semua sudut.

Lifestyle TV 2022

harga tv samsung terbaikFoto: Samsung

Samsung Lifestyle TV 2022 memadukan desain dan teknologi yang fokus untuk memberikan pengalaman unik dan personal. 

Matte Display baru dengan bahan anti-silau, anti-pantulan dan anti-sidik jari telah dipasangkan pada The Frame, The Sero dan The Serif.

Bahkan, Matte Display di Samsung Lifestyle TV 2022 telah menerima tiga verifikasi dari UL (Underwriter Laboratories) yaitu ‘Reflection Glare Free’, ‘Discomfort Glare Free’ dan ‘Disability Glare Free’. 

Model The Frame menawarkan teknologi panel anti-silau dan rendah pantulan pada Matte Display yang di-emboss, serta hadir dalam variasi ukuran mulai dari 32 - 85 inci.

Lini TV untuk model The Serif hadir dengan matte finish yang terlihat pas dengan Matte Display, untuk memberikan tampilan dan nuansa premium. TV ini hadir dengan ukuran 43 - 65 inci.

Sementara itu, The Sero hadir dengan Matte Display barunya dalam mode vertikal dan horizontal yag telah dioptimalkan. 

Fungsi Multi View vertikal baru pada TV ini menawarkan fungsi multitasking yang memungkinkan pengguna melihat konten yang berbeda di bagian atas dan bawah layar, atau mencari informasi secara online sambil menonton, secara bersamaan.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada kabar kapan ketiga jajaran TV terbaru Samsung ini akan meluncur di pasar Indonesia. Kita tunggu saja.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1037 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.