Diperbaharui Pada Kamis, 4 Nov 2021 | 21:17

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro Rilis di Harga Mulai 5 Jutaan

Foto: Xiaomi

Menutup line up produk smartphone-nya untuk tahun 2021, Xiaomi Indonesia resmi meluncurkan Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro yang dibekali dengan berbagai fitur dan keunggulan mulai dari 108 MP pro-grade triple camera, chipset kelas flagship, dan layar yang mendukung refresh rate 120Hz.

Kedua hp flagship Xiaomi terbaru ini diluncurkan secara bersamaan dalam acara bertema “Work Your Magic” yang digelar di kanal Youtube Xiaomi Indonesia pada Rabu (4/11).

Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia mengklaim bahwa Xiaomi 11T Series akan menghadirkan pengalaman flagship secara menyeluruh melalui kamera andal, pengisian daya cepat, layar luar biasa, dan performa luar biasa.

Triple Kamera Pro-Grade 108 MP

Foto: Xiaomi

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro hadir dengan kamera 108 MP pro-grade triple camera yang sudah didukung oleh teknologi AI. Konfigurasi kamera utamanya terdiri dari kamera pro-grade 108 MP pro-grade dengan lensa ultra lebar, kamera telemacro 5 MP telemacro, dan kamera ultra-wide 8 MP.

Kamera utama ini dioptimalisasi dengan teknologi terbaru dari 9-in-1 pixel binning yang diklaim dapat mengambil gambar tajam tanpa noise berlebih.

Hadir pula fitur pintar Dual Native ISO yang akan memilih pengaturan ISO kamera paling ideal dengan kondisi saat gambar diambil.

Untuk merekam video dengan kualitas terbaiknya, terdapat fitur "One-click AI Cinema" yang menghadirkan efek unik seperti Time Freeze, Freeze Frame, Magic Zoom, Parallel World, Night-time Lapse, dan Slow Shutter. 

Kamera video ini juga dapat merekam suara yang detail tanpa harus berada terlalu dekat dengan subyek menggunakan fitur Audio Zoom yang diklaim dapat mengurangi kebisingan dari suara-suara di sekitar.

Bagi pengguna yang menggemari night photography, atau foto di malam hari, Xiaomi 11T Series memiliki Night Mode 2.0 yang mampu dijalankan dari kamera utama, kamera ultra-wide serta kamera depan. 

Khusus bagi pengguna Xiaomi 11T Pro, perekaman videonya sudah mendukung HDR10+, sehingga hasil rekaman videonya diklaim memiliki detail yang lebih baik. Selain itu, kameranya juga dapat merekam hingga resolusi 8K.

Layar AMOLED dan Suara Dolby Atmos

Foto: Xiaomi

Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro sama-sama mengusung layar jenis AdaptiveSync AMOLED berukuran 6.67 inci yang mampu menghasilkan resolusi FHD+, dan sudah mendukung refresh rate 120Hz.

Layar smartphone akan terlihat lebih cerah dengan puncaknya mencapai 1000 nits, serta rasio kontras mencapai 5000000:1, begitu juga dukungan HDR10+ untuk menampilkan detail lebih kaya dari konten yang ditonton. 

Sebagai proteksi, layar yang diusung oleh Xiaomi 11T Series ini sudah dilapisi oleh lapisan pelindung terbaik saat ini, Corning Gorilla Glass Victus.

Hadirnya refresh rate 120Hz pada layar didukung oleh touch sampling rate 480Hz, sehingga layar diklaim menjadi sangat responsif untuk bermain game atau ketika pengguna men-scrolling layar. 

Layar ini dibekali juga dengan fitur AdaptiveSync yang akan secara otomatis menyesuaikan besaran refresh rate sesuai dengan kualitas konten yang ditampilkan di layar.

Untuk kebutuhan audio, Xiaomi 11T Series memiliki dual speakers dengan dukungan Dolby Atmos. Sementara untuk pengguna Xiaomi 11T Pro, dual speakers secara khusus disetel oleh teknisi dari Harman Kardon yang memberi detail lebih dalam lagi.

Performa Flagship dengan Pengalaman 5G

Foto: Xiaomi

Xiaomi 11T dilengkapi dengan chipset MediaTek Dimensity 1200-Ultra yang merupakan chipset flagship dengan arsitektur 6nm, dengan clock speed hingga 3GHz yang diklaim efisiensi dalam meredam panas untuk menghasilkan performa yang stabil.

Dimensity 1200-Ultra memiliki 3 chip Super Core untuk memastikan performa tinggi yang berjalan secara konstan serta 4 chip efficiency cores untuk memastikan efisiensi daya tanpa harus mengorbankan performa. 

Chipset ini diklaim mampu menghasilkan 22% performa lebih cepat, dan 25% lebih efisien dibandingkan seri chipset sebelumnya. 

Kualitas gambar pada Dimensity 1200-Ultra didukung oleh teknologi MediaTek Imagiq yang menyatukan kerja perangkat keras dan perangkat lunak untuk mendorong kemampuan dari image signalling processor (ISP). 

Konektivitas 5G pada Dimensity 1200-Ultra didukung oleh fitur True Dual 5G diklaim akan memberikan pengalaman terhubung melalui koneksi 5G menjadi makin baik dengan menggunakan dua slot kartu SIM sekaligus.

Beralih ke Xiaomi 11T Pro, model tertinggi dari seri ini dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 888 yang merupakan prosesor 5G dengan arsitektur 5nm.

Menurut Shannedy Ong, Country Director Qualcomm Indonesia, chip ini merupakan pencapaian terbaru dalam hal AI, platform 5G, serta masa depan dari fotografi komputasi, terutama untuk mendukung performa Xiaomi 11T Pro.

Fast Charging Hingga 120W

Foto: Xiaomi

Baik Xiaomi 11T maupun Xiaomi 11T Pro, sama-sama dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Hal yang membedakan diantara keduanya adalah besaran watt pada pengisian daya cepatnya.

Baterai Xiaomi 11T dibekali dengan pengisian daya cepat 67W, sementara Xiaomi 11T Pro didukung oleh pengisian daya cepat 120W, dengan teknologi HyperCharge.

Waktu pengisian baterai hingga terisi penuh 100% untuk Xiaomi 11T diklaim membutuhkan waktu 36 menit, sementara untuk Xiaomi 11T Pro, waktu pengisiannya hingga penuh diklaim hanya membutuhkan waktu 17 menit saja.

Harga dan Ketersediaan

Foto: Xiaomi

Harga Xiaomi 11T untuk RAM 8 GB/256 GB dibanderol di angka Rp 5.999.000. Xiaomi 11T Pro hadir dengan dua varian dan dijual seharga Rp 6.999.000 untuk RAM 8 GB/256, sementara harga Xiaomi 11T Pro untuk RAM 12 GB/256 GB, dibanderol di angka Rp 7.499.000.

Smartphone Xiaomi 11T Series ini sudah bisa dipesan melalui sistem pre-order yang dibuka mulai tanggal 4 - 10 November 2021. Keduanya hadir dalam pilihan warna Moonlight White, Meteorite Gray, dan Celestial Blue.

Content Writter

1501 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.