Diperbaharui pada Rabu, 1 September 2021 | 15:54

Daftar Hp yang Dapat Update Android 12 di 2021

daftar hp android 12

Sistem operasi Android 12 memang belum secara resmi diluncurkan, namun versi Beta dari sistem operasi terbaru Android ini sudah tersedia mulai bulan Mei 2021, dan beberapa pengguna model smartphone tertentu, sudah dapat mendaftar sebagai Beta tester pertama.

Sistem operasi Android 12 menawarkan beberapa fungsi yang telah mendapatkan pengembangan, dan juga menawarkan fitur-fitur yang telah ditingkatkan dari versi Android sebelumnya. Android 12 Beta dapat diunduh pada website Developer Google.

Versi untuk developer sebenarnya telah meluncur sejak bulan Februari hingga April 2021, namun versi Beta dari Android 12 baru dirilis untuk umum mulai bulan Mei hingga Agustus, dan September untuk beberapa vendor.

Sistem operasi terbaru Android 12 versi final akan resmi diluncurkan di akhir tahun ini.

Pembaruan pada Android 12

Beberapa perubahan pada Android 12 termasuk pengalaman menggunakan smartphone yang semakin membarikan kenyamanan pada pengguna. Navigasi dengan gestur dimaksimalkan dan fokus pada aktivitas menonton tayangan video, hingga membaca e-book.

Selain itu, Android 12 juga dapat memberikan pengalaman berselancar internet dengan lebih baik, serta dibekali dengan fungsi untuk memberikan prioritas dan batasan tertentu pada aplikasi yang tertanam di dalam sistem smartphone.

Sistem Android 12 akan menganalisa mana aplikasi yang paling sering digunakan, jarang digunakan, hingga yang tidak pernah digunakan sama sekali, lalu mengatur prioritas penggunaannnya untuk memaksimalkan kinerja smartphone.

Pada sisi tampilan dan antarmuka, Android 12 juga meningkatkan kualitas gambar dan berbagai grafis yang ditampilkan, dengan maksimal.

Fitur-Fitur Baru Android 12

Untuk fitur-fiturnya, Android 12 mengalami peningkatan pada widget dan launcher yang akan dilengkapi dengan berbagai informasi dan fitur baru.

Pada sisi audio, sistem operasi terbaru Android ini juga akan meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan, terutama untuk memberikan pengalaman gaming yang lebih baik.

Beberapa fitur baru lainnya juga merupakan pengembangan dan peningkatan, terutama pada notifikasi panggilan, layar motion pada aplikasi, dukungan pada gambar animasi yang lebih baik, hingga picture-in-picture (PiP) yang telah ditingkatkan.

daftar hp android 12

Daftar Hp yang Dapat Update Android 12

Nama-nama vendor dengan perangkat yang kompatibel diantaranya realme, ASUS, vivo, Xiaomi, OPPO, dan beberapa vendor lainnya. Berikut ini daftar vendor dengan model smartphone yang dapat mencoba Android 12 Beta.

Brand Model 
Xiaomi Mi 11
Mi 11 Ultra
Mi 11i
Mi 11X Pro
realme GT 5G
OPPO Find X3 Pro
ASUS Zenfone 8
OnePlus 9
9 Pro
vivo iQOO 7
TCL 20 Pro 5G
ZTE Axon 30 Ultra 5G
Tecno Pouvoir 4
Nokia X20

Itu lah deretan smartphone yang mendapatkan Android 12 versi Beta lebih duu dari perangkat lainnya. Kedepannya, tentu daftar ini akan bertambah seiring dengan pengembangan dari sistem operasi Android tersebut, dan teknologi yang dikembangkan oleh produsen smartphone.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1142 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.