Diperbaharui Pada Senin, 28 Sep 2020 | 14:13

realme Bikin Smart TV SLED Pertama di Dunia, Lebih Bagus dari QLED

Foto : Twitter @indiatvnews

realme baru saja mengumumkan produk smart TV terbaru mereka, yang akan mengusung teknologi layar SLED pertama di dunia. Layar SLED diklaim memiliki banyak peningkatan dibandingkan dengan layar QLED. Apa saja perbedaannya?

Selain teknologi SLED, smart TV buatan realme ini dikabarkan akan mengusung layar 55 inci dengan 108 % warna NTSC yang dikenal sebagai standar sistem yang terbaik untuk siaran TV berwarna.

Apa Itu SLED? 

Foto : GSM Arena

SLED merupakan inovasi baru terkait lampu latar pada kinerja layar LCD. Pada umumnya, televisi memiliki layar dengan backlight putih, dan dilengkapi filter RGB untuk menampilkan warna dan konten gambar di dalamnya. Sementara SLED tidak lagi menggunakan backlight putih, namun LED merah, hijau dan biru untuk langsung menampilkan konten di layar. 

Dengan teknologi ini, dapat dipastikan bahwa gambar dan warna pada televisi, menjadi lebih jelas, dan nyaman untuk dilihat. Realme mengklaim bahwa teknologi terbarunya ini lebih aman untuk kesehatan mata para penonton, karena telah mengantongi sertifikat TÜV Rheinland yang membuktikan bahwa produk ini dirancang dengan sangat baik dan berperan sangat efektif.

Nampaknya, smart TV SLED 4K dari realme ini akan menjadi pesaing besar untuk produsen smart TV QLED di pasaran saat ini, yang masih didominasi oleh Samsung.

TV SLED vs TV QLED

Foto : GSM Arena

Walau sama-sama berbasis layar LCD, kedua teknologi yang diterapkan pada kedua jenis TV ini memiliki perbedaan yang signifikan. SLED akan hadir dengan latar merah, hijau, dan biru, yang bertujuan untuk mendapatkan panjang gelombang lebih optimal untuk setiap warna, sehingga mampu meningkatkan spektrum warna yang lebih luas, serta kualitas gambar yang lebih baik.

Sedangkan, QLED memiliki latar berwarna biru, dengan menggunakan Quantum Dots untuk menyerap cahaya biru, dan memancarkan cahaya merah atau hijau, lalu dilanjutkan oleh layar LCD yang akan membantu mengontrol jumlah cahaya yang melewati setiap pikselnya. 

Perbedaan paling signifikan ini membuat realme percaya, bahwa teknologi SLED yang akan datang ini akan menjadi lebih unggul dari pada QLED.

Meski belum dijual secara resmi, teknologi baru yang ditawarkan pada realme Smart TV SLED ini diprediksi mampu memikat para konsumen. Apalagi untuk pasar Indonesia, realme Smart TV yang sudah hadir beberapa waktu lalu, cukup banyak peminatnya.

Contributor

148 Posts