Diperbaharui pada Minggu, 15 Januari 2023 | 17:45

20 Setrika Uap Terbaik dengan Watt Kecil

jenis setrika uapFoto: Panasonic

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan setrika. Yup, setrika merupakan perangkat elektronik yang digunakan untuk merapihkan dan melicinkan pakaian. Tapi tahukah jika setrika memiliki jenis yang berbeda?

Salah satunya adalah setrika uap. Setrika uap merupakan salah satu teknologi terbaru yang ada pada setrika. Dengan menggunakan uap sebagai pemanas maka setrika ini tidak menggunakan besi pemberat.

Sehingga lebih ringan dibanding kebanyakan setrika listrik yang umumnya digunakan oleh masyarakat saat ini. Oiya, selain untuk penggunaan rumahan, setrika uap juga bisa mendukung usaha laundry lho.

Karena banyak kelebihan setrika uap yang bisa didapatkan dibanding setrika konvensional. Beberapa kelebihan setrika uap :

  • Lebih menghemat Waktu
  • Panas lebih merata
  • Lebih cepat menghilangkan kerutan
  • Lebih praktis
  • Pakaian tidak mudah rusak.
  • Lebih aman dan ringan

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa jenis setrika uap yang bisa digunakan lengkap dengan harganya.

Jenis-jenis Setrika Uap

1. Setrika Uap Portable

Setrika Uap Portable

Jenis setrika uap terbaik yang satu ini memiliki desain portable yang bisa Anda bawa kemana saja. Tentu saja setrika ini sangat cocok digunakan oleh siapa saja, mulai dari anak remaja hingga ibu rumah tangga.

2. Setrika Uap Berdiri

Setrika Uap Berdiri

Setrika yang satu ini umumnya sudah banyak digunakan oleh ibu rumah tangga. Hal ini tak lain karena hasilnya yang jauh lebih rapi. Hanya saja deain dari setrika uap berdiri ini kurang praktis dan efisien jika Anda ingin membawanya kemana-mana.

3. Setrika Uap Boiler

Setrika Uap Boiler
Merupakan salah satu jenis setrika uap terbaik yang penggunannya akan jauh lebih hemat. Pasalnya, Anda tidak perlu menggnakan listrik meskipun penggunaannya dalam sehari-hari terbilang cukup ribet.

Hanya saja jenis setrika yang satu ini cukup cocok jika ingin Anda gunakan untuk usaha laundry. 

Harga Setrika Uap

Jika tertarik menggunakannya, berikut daftar harga setrika uap dari berbagai merk yang tersedia dipasaran :

Setrika Uap Philips

Nama Harga di Pasaran Pengatur Suhu Konsumsi Daya
Philips GC-1418-02 Rp 241.889 Ya 1000 Watt
Philips GC1436 belum ada harga Ya 2000 Watt
Philips GC-1020 Rp 300.000 Ya 1800 Watt
Philips GC-502-29 Rp 1.100.000 Ya 1600 Watt
Philips GC-2960-02 belum ada harga Ya 2200 Watt
Philips GC-504 belum ada harga Ya 1600 Watt
Philips GC-506-39 belum ada harga Ya 1600 Watt

Setrika Uap Maspion

Nama Harga di Pasaran Pengatur Suhu Konsumsi Daya
Maspion HA-340 Rp 107.000 Ya 350 Watt
Maspion HA-180 Rp 115.000 Tidak 350 Watt
Maspion HA-250 Rp 119.000 Ya 300 Watt
Maspion HA-188 belum ada harga Ya 350 Watt
Maspion HA-304 Rp 239.500 Ya 1200 Watt

Setrika Uap Oxone

Nama Harga di Pasaran Pengatur Suhu Konsumsi Daya
Oxone OX-827 belum ada harga Ya 1000 Watt
Oxone OX-839 belum ada harga Ya 1200 Watt
Oxone OX-845 belum ada harga - -

Setrika Uap Lainnya

Nama Harga di Pasaran Pengatur Suhu Konsumsi Daya
Denpoo DG-18 belum ada harga Ya 300 Watt
Sekai ST-168 Rp 215.100 Ya 400 Watt
Sanken ASI-800PI belum ada harga Ya 500 Watt
Sanken ASI-800GE belum ada harga Ya 500 Watt
Princess P332834 belum ada harga Ya 1260 Watt

Harga setrika uap di atas terdiri dari jenis portabel dan berdiri.

Tips Memilih Setrika Uap

Lantas seperti apa cara memilih setrika uap terbaik yang bisa digunakan untuk rumahan atau usaha laundry? Simak informasinya di bawah ini!

1. Pilih setrika uap berdasarkan beratnya

Berat standar yang ada pada sebuah setrika adalah 1-1,5 kg. Apabila Anda memilih setrika dengan bobot yang cukup maka bisa membantu Andadalam merapikan pakaian tanpa memerlukan tenaga tambahan.

2. Pilih dengan atau tanpa kabel

Kabel memang bisa mempengaruhi aktivitas dalam menyetrika. Setrika uap dengan lebih bisa menjaga suhu dengan baik, karena terhubung langsung dengan listrik. Hanya saja gerak-gerik Anda tentu akan terbatas.

Jika memilih setrika uap tanpa kabel maka Anda bisa membawanya kemana-mana dan tidak menghalangi gerak. Hanya saja, suhunya tentu tidak sebaik pada setrika kabel karena tidak terhubung langsung dengan listrik.

3. Pilih berdasarkan uapnya

Tips selanjutnya yang bisa Anda pertimbangkan saat memilih setrika uap terbaik adalah dengan memilih berdasarkan uapnya. Jika uap yang dihasilkan hanya sedikit, maka pakaian akan cenderung sulit rapi.

Pasalnya semakin banyak uap yang dihasilkan tentu proses setrika akan lebih baik.  Adapun jumlah uap standar yang dapat dihasilkan oleh setrika adalah 5 gram setiap menitnya. 

4. Pilih tangki air yang besar

Pilih setrika uap dengan tangki air yang lebih besar dengan memperhatikan kenyaman. Pasalnya, jika tangki semakin besar maka berat setrika juga akan bertambah.

5. Tentukan seperti apa kebutuhan dasar Anda

Jika ingin menggunakannya untuk usaha laundry maka ada baiknya memilih setrika jenis boiler saja. Berbeda jika Anda menggunakannya untuk pemakaian sendiri, maka bisa memilih setrika jenis portable atau berdiri.

5. Tentukan berapa budget yang Anda miliki

Jika Anda ingin mendapatkan setrika uap dengan pemakaian jangka panjang maka jangan ragu untuk mengeluarkan budget lebih. Karena akan mendapatkan kuaitas yang bagus dan setara dengan harga yang dikeluarkan.

Itulah beberapa poin mengenai jenis-jenis setrika uap dan harganya. Dengan informasi di atas, Anda tentu sudah memiliki gambaran seperti apa setrika yang ingin dimiliki.

Masing-masing setrika uap memang memiliki kelebihannya sendiri. Anda bisa menjatuhkan pilihan dengan menyesuaikannya terhadap kebutuhan yang diperlukan. Jadi manakah setrika uap pilihan Anda?

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.