Diperbaharui Pada Rabu, 11 Jan 2023 | 13:50

10 Speaker Bluetooth Murah Terbaik, Harga Mulai 50 Ribuan

Speaker bluetooth saat ini makin populer karena bisa menjadi sarana mendengarkan musik yang lebih praktis dibandingkan dengan speaker dengan instalasi yang ribet dan ukuran perangkat yang besar.

Meski kualitas suaranya memang tidak bisa mengalahkan audio system yang penuh tapi sekarang sudah ada banyak macam pilihan speaker bluetooth dengan kualitas suara yang cukup baik untuk bisa menikmati musik satu ruangan bahkan digunakan di luar ruangan.

Tanpa kabel, bisa dibawa ke mana-mana, dan model desain yang lebih stylish membuat perangkat audio ini wajib untuk Anda miliki bagi yang suka mendengarkan musik di mana saja dan kapan saja. Berikut adalah cara memilih speaker bluetoothspeaker bluetooth yang keren tapi murah plus rekomendasinya.

Cara Memilih Speaker Bluetooth Terbaik

1. Pilih speaker bluetooth berdasarkan kualitas suaranya 

Kualitas suara adalah faktor utama dan jadi bagian penting yang mesti Anda perhatikan ketika membeli speaker bluetooth baru untuk memutar musik di rumah.

Speaker dengan kualitas suara yang lebih bagus harganya memang cenderung lebih mahal tapi Anda bisa mendapatkan suara yang lebih stereo, tidak tipis, dan terdengar seperti set speaker yang penuh sehingga acara mendengarkan musik pun lebih seru.

Selain itu speaker bluetooth dengan kualitas suara yang bagus dan harga yang agak tinggi akan jauh lebih awet dibandingkan dengan produk tiruan yang murah. Faktor-faktor kualitas suara untuk mencari speaker terbaik antara lain adalah:

2. Kompatibel dengan AAC atau punya codec yang lebih tinggi

Codec merupakan mekanisme pemampatan data musik saat ditransmisikan dari perangkat pemutar musik ke speaker, makin format tingkat codec-nya makin bagus kualitas suara yang digunakan.

Codec dengan kualitas format yang tinggi misalnya LDAC, aptX, AAC, dan SBC. Meski demikian, codec yang dimiliki oleh perangkat pemutar musik harus kompatibel dengan codec yang dimiliki oleh speaker bluetooth.

Jadi jika Anda membeli speaker bluetooth dengan spesifikasi codec yang tinggi maka pastikan perangkat musik (smartphone, mp3 player, iPod, dll) Anda juga mendukung format codec tersebut. 

3. Fitur radio pasif untuk suara bass yang lebih bagus

Speaker bluetooth dengan suara bass yang bagus bisa menghasilkan kualitas suara yang lebih dalam, tidak tipis, dan lebih berdimensi. Musik aliran apa saja akan terdengar lebih bagus dengan perangkat yang bisa menghasilkan suara bass yang lebih mantap.

Salah satu faktor yang menentukan kualitas suara bass pada sebuah speaker bluetooth adalah ada atau tidaknya fitur radio pasif. Fitur ini akan membuat bunyi nada rendah terdengar lebih berdentum dan menimbulkan getaran.

4. Speaker dengan daya lebih dari 20 Watt untuk outdoor 

Jika Anda lebih banyak menggunakan speaker bluetooth di dalam ruangan maka perangkat dengan daya minimal 5 Watt sudah cukup untuk bisa menghasilkan suara yang keras terdengar di seluruh ruangan.

Tapi jika Anda banyak menggunakannya untuk kegiatan di luar ruangan misalnya saat berkemah, naik gunung, kerja proyek, dan aktivitas outdoor lainnya ada baiknya memilih yang memiliki daya minimal 20 Watt atau didesain khusus untuk penggunaan luar ruangan. 

5. Speaker dengan suara stereo tiga dimensi 

Ada baiknya membeli speaker bluetooth yang boleh Anda coba dulu kualitas suaranya. Jika hal-hal teknis di atas agak sulit untuk Anda mengerti, yang paling gampang ketika memilih speaker yang bagus adalah setidaknya ia memiliki kualitas suara stereo yang tiga dimensi.

Artinya suara kanan dengan suara kiri berbeda sehingga bisa menghasilkan efek surrounded yang membuat suara jadi lebih berdimensi. 

6. Fungsi dan spesifikasi yang sesuai dengan penggunaan

Jika lebih sering digunakan untuk kegiatan outdoor, pilih speaker bluetooth yang lebih tahan terhadap debu dan juga air. Standar ketahanan speaker bluetooth debu dinyatakan dengan IP sedangkan ketahanan air dinyatakan dengan IPX.

Speaker bluetooth dengan kualitas yang lebih tahan debu dan air setidaknya memiliki spesifikasi IP55 yang bisa menahan debu agar tidak masuk dan merusak elemen listrik di dalamnya, serta ketahanan airnya lebih bisa tahan terhadap semprotan air yang lebih kuat.

Anda juga bisa pilih speaker bluetooth dengan masa pakai 7 hingga 8 jam agar bisa digunakan lebih lama terutama jika tidak mudah dapat akses listrik.

7. Speaker bluetooth dengan versi terbaru serta kompatibel dengan terminal pengirim sinyal

Untuk kualitas suara dan juga pengalaman menyetel musik yang lebih baik Anda bisa memilih speaker bluetooth dengan versi koneksi yang paling baru.

Versi Bluetooth yang baru memiliki kualitas pengiriman dan penerimaan sinyal yang lebih cepat dan juga input sinyal yang masuk lebih kuat dan bisa dikeluarkan dalam bentuk suara yang lebih bening dan tidak pecah.

Namun pastikan versi Bluetooth kompatibel dengan terminyal pengirim sinyal alias perangkat pemutar musik Anda.

8. Fitur yang memberikan kenyamanan

Beberapa produk speaker bluetooth memiliki fitur tambahan yang bisa Anda pilih untuk memberikan kenyamanan ketika menggunakan.

Misalnya ada fitur handsfree, tersedia USB port, bisa dipasangkan dengan speaker bluetooth lain untuk suara musik yang lebih keras, tersedia gantungan untuk digantukan di tas atau cantolan lainnya, dan berbagai macam fitur lain. 

Rekomendasi speaker Bluetooth terbaik

1. Harman Kardon ONYX Studio 3

Speaker Harman Kardon merupakan tipe bluetooth yang banyak diminati saat ini. Selain performanya yang menghasilkan suara lembut tanpa pecah desain dari speaker bluetooth Harman Kardon ONYX Studio 3  bisa dibilang cukup klasik dan elegan.

Banyak dari peminatnya memang memilih speaker ini karena sangat pas untuk melengkapi ruang keluarga maupun kamar pribadi.

2. JBL Charge 2+

JBL bisa dibilang speaker bluetooth favorit kaum urban dengan desainnya yang modern dan juga memiliki pilihan warna beragam. Selain desain memukau kualitas speaker JBL ini pun cukup baik dan jernih. Kapasitas baterai dari speaker bluetooth JBL Charge 2+ ini pun tergolong cukup besar yaitu 6000mAh yang bisa digunakan hingga 12 jam. 

3. Robot RB-530

Sepaker bluetoot Robot RB-530 dengan desainnya yang compact memiliki kapasitas frekuensi 40Hz - 18KHz. Suara yang dihasilkan oleh speaker bluetooth 200 ribuan ini pun cukup untuk pemakaian harian. 

Robot RB-530

Belum ada harga

4. JBL GO 2

Speaker JBL Go 2 meurpakan seri bluetooth yang memiliki banyak peminat karena dengan ukuran mini yang mudah dibawa-bawa. Desain kecil berukuran 71.2 x 86.0 x 31.6 mm dengan berat hanya 184 gram sangat mungil untuk jadi speaker.

Walaupun bagian dari speaker mini JBL GO 2 pun memiliki output yang memuaskan. Pilihan warna yang beragam juga menjadi daya tarik dari speaker bluetooth ini.

5. Simbadda CST-800N

Simbadda merupakan merk speaker yang cukup terkenal di Indonesia. Speaker simbada memiliki berbagai tipe salah satunya adalah speaker portable. Simbadda CST-800N hadir dengan bentuknya yang memanjang berdimensi 256 x 115 x 115 mm.

Walaupun harga speaker bluetooth ini cukup murah hanya 200 ribuan tetapi suara yang dihasilkan cukup maksimal bahkan pada keadaan outdoor sekalipun.

6. Xiaomi MiFa F7

Selain smartphone Xiaomi pun mengeluarkan seri speaker bluetooth. Speaker bluetooth Xiaomi MiFa F7 memiliki suara yang cukup oke dengan harga dibawah 500. Kapasitas baterai speaker xiaomi juga cukup besar 1500 mAh yang bisa bertahan hingga 7 jam.

 

7. JBL GO

Speaker bluetooth JBL GO merupakan seri pertama dari tipe GO. Desainnya lebih kotak dan memiliki sudut. Pilihan warnanya pun cukup banyak selain itu bentuknya yang mini serta harganya yang bisa dibilang cukup terjangkau karena hanya 100 ribuan.

 

8. Sonicgear Pandora Lumo 2

JIka kamu mencari speaker bluetooth di bawah 100 ribuan Sonicgear Pandora Lumo 2 bisa menjadi pilihan yang tepat. Speaker bluetooth ini juga memiliki pilihan warna yang eyecatching dan bentuknya yang unik. Output suara yang dikeluarkan oleh Sonicgear Pandora Lumo 2 pun cukup baik untuk sebuah speaker murah dibawah 100 ribu.

 

9. X-Mini Explore

Jika dilihat dari desainna speaker bluetooth X-Mini Explore bisa dibilang cukup unik karena berbentuk seperti sebuah gelas lengkap dengan gagang di sampingnya. Walaupun kecil speaker ini tetap menghasilkan suara yang lumayan oke. Harga untuk satu unit speaker X-Mini Explore pun cukup murah hanya 100 ribuan saja.

 

10. Eggel Active+

Speaker bluetooth yang terakhir adalah Eggel Active+ merupakan speaker bluetooth yang memiliki kelebihan waterproof. Kelebihan tersbeut bisa menjadi daya tarik utama dari speaker outdoor ini. Harga speaker bluetooth waterproof ini cukup murah hanya 300 ribuan saja kamu bsia memiliki Eggel Active+.

 

Content Writter

1681 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.