Diperbaharui pada Selasa, 27 Maret 2018 | 12:21

Oppo F7 Resmi Dirilis, Ini Perbedaannya dengan Oppo F5

Oppo F7image via Oppo

Setelah sebatas rumor, akhirnya Oppo benar-benar resmi memperkenalkan varian terbaru yaitu Oppo F7. India menjadi tempat peluncuran hp penerus dari Oppo F5 ini yang mengalami sejumlah perubahan. Perubahan ini tentu jauh lebih baik dibanding generasi sebelumnya. 

Beberapa perubahan Oppo F7 dibanding Oppo F5 ini mencakup pada desain yang menggunakan notch mirip iPhone X, peningkatan pada A.I Beauty Recognition Technology, layar lebih besar, prosesor terbaru dan opsi RAM lebih besar, serta penggunaan kamera depan dengan peningkatan resolusi.

Berikut perbedaan lengkap Oppo F7 dan Oppo F5 : 

Desain dengan Notch

Oppo F7
Daya tarik Oppo F5 ada pada fitur full display yang memiliki bentang seluas 6 inch. Yang menarik, meski berukuran besar namun bodinya tetap sama dengan hp berlayar 5,5 inch. Desain full display ini juga cukup banyak digunakan para vendor.

Sementara Oppo F7 mengusung konsep desain yang sedikit berbeda. Meski sama-sama menggunakan fitur full display, bedanya perangkat ini menggunakan layar penuh dengan notch ditengah bagian atas. Konsep desain yang juga digunakan pada iPhone X. Nampaknya konsep desain dengan juga dikenal dengan istilah poni ini akan banyak diterapkan vendor untuk produk terbaru mereka. 

Baca juga Hp dengan Notch, Desain Mirip iPhone X

Layar FullHD+

Oppo F7
Oppo F5 menggunakan layar seluas 6 inch dengan aspek ratio 18:9 dan screen-to-body mencapai 78%. Layar ini menggunakan bezel yang tipis sehingga terlihat seperti layar berukuran 5,5 inch. Resolusinya sendiri sudah FullHD+ 1080 x 2160 pixel dan berjenis IPS.

Lalu Oppo F7 hadir dengan layar yang sedikit lebih besar dengan bentang 6,23 inch. Resolusinya pun meningkat menjadi 2.280 x 1.080 pixel dengan aspek rasio 19:9 serta screen-to-body yang mencapai 88%. Hal ini sangat dimungkinkan, karena Oppo F7 mengusung fitur full display dengan menyisakan notch (sedikit ruang) di bagian tengah atas layar.  

Peningkatan pada A.I Beauty Recognition Technology

Oppo F7
Pada perangkat F5, teknologi A.I mampu memindai 254 titik wajah yang secara spesifik. Sedangkan di Oppo F7, teknologi ini mengalami peningkatan kemampuan pemindaiannya menjadi 296 titik wajah.

Tidak hanya itu, Kecerdasan buatan pada Oppo F7 hadir dengan peningkatan fungsi selfie yang secara tepat dapat mengenali subjek dan memperhalus wajah secara terpisah baik untuk pria dan wanita dalam sebuah foto group selfie, membuat tiap subjek akan memiliki personalisasi selfienya masing–masing.

Selain itu, F7 juga dapat mempelajari preferensi  pengguna dalam  melakukan penyesuaian foto, sehingga untuk foto yang diambil berikutnya dapat diaplikasikan dengan penyesuaian yang sama. Keseluruhan fungsi kecerdasan buatan terbaru ini dinamai OPPO dengan A.I Beauty 2.0.

Kamera Selfie 25MP

Oppo F7
Di Oppo F5 kamera depannya sudah memiliki kapasitas resolusi 20MP dengan aperture f/2.0. Kamera depan Oppo F5 juga dapat memberikan efek bokeh dan HDR yang menjadi nilai tambah perangkat ini. Untuk kamera belakangnya sudah beresolusi 16MP dengan aperture f/1.8. 

Sedangkan kamera depan Oppo F7 telah mengalami peningkatan dengan terbenamnya sensor 25MP HDR yang hadir dengan aperture F/2.0. Sensor baru kamera depan ini diklaim bisa menghasilkan gambar yang tajam dan kaya warna.

Sedangkan fungsi HDR terintegrasi secara  hardware, menyajikan hasil foto selfie dengan dynamic range yang tinggi namun tidak terkesan berlebihan. Kamera belakang Oppo F7 tidak jauh berbeda dengan Oppo F5 yaitu memiliki resolusi 16MP dengan aperture f/1.8. 

Prosesor Terbaru

Oppo F7
Untuk performanya, OPPO F5 ditenagai prosesor Mediatek Helio P23 yang akan disokong RAM 4GB atau RAM 6GB dan kapasitas storage 32GB/64GB. Kali ini, OPPO F5 tidak menggunakan konsep dual kamera. Namun penggunaan satu kamera ini diklaim bisa menghasilkan foto selfie yang lebih natural.

Sedangkan Oppo F7 ditenagai prosesor Octa core dengan 4 CPU ARM Cortex-A73 2 GHz + 4 CPU ARM Cortex-A53 2 GHz dan pengolah grafis Mali-G72. Konfigurasi ini merujuk pada Mediatek Helio P60 yang menjadi prosesor terbaru. Prosesor ini akan dikombinasikan dengan mememori RAM 4GB atau RAM 6GB dengan memori internal 64GB atau 128GB. 

Oppo F7 Rilis di Indonesia

Rencananya perangkat ini akan diperkenalkan secara resmi di Indonesia setelah India. Sayangnya OPPO enggan berkomentar mengenai berapa harga perangkat ini, diluncurkan nantinya di Indonesia. Di India sendiri, Oppo F7 dibanderol Rs21,990 atau sekitar Rp4,6 jutaan untuk versi RAM 4GB dan ROM 64GB.

Lalu untuk Oppo F7 RAM 6GB dan ROM 128GB dijual seharga Rs26.990 atau sekitar Rp5,6 jutaan. Keduanya akan dipasarkan mulai tanggal 9 April 2018 mendatang.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 8
Ukuran Layar 6.23 inch
Screen Resolution 2280 x 1080 Pixel
Detail Prosesor Helio P60
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Mali-G72 MP3
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 16 MP
Resolusi Kamera Depan 25 MP
USB microUSB, USB OTG
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.