Diperbaharui pada Rabu, 27 September 2017 | 15:15

5 Kelebihan S Pen di Samsung Galaxy Note 8

Samsung Galaxy Note 8
Samsung telah resmi merilis Samsung Galaxy Note 8 ke pasar Indonesia membawa spesifikasi tinggi dengan beragam fitur dan teknologi menarik lainnya, Itu artinya konsumen Tanah Air tidak lama lagi bisa merasakan langsung kecanggihan dari perangkat flagship teranyar vendor asal Korea tersebut.

Apalagi sebelumnya Samsung menawarkan program pre order Samsung Galaxy Note 8 yang telah dimulai sejak 8 September dan berakhir 18 September 2017 lalu. Dimana Samsung akan mengirimkan perangkat ke tangan pengguna pada 28 September 2017. Bagi yang tidak sempat melakukan pre order tidak perlu khawatir, karena Samsung akan melakukan penjualan perdana secara langsung kepada konsumen di beberapa kota pada tanggal 29 September 2017.

Samsung Galaxy Note 8 sendiri dipasarkan seharga Rp12.999.000 dengan pilihan warna midnight black, orchid grey, dan maple gold. Pengguna juga akan mendapatkan bonus TUMI leather case dan cashback hingga Rp800.000. 

Salah satu yang menjadi ciri khas dari Galaxy Note series dari Samsung adalah keberadaan S Pen stylus yang akan meningkatkan produktivitas penggunanya, tidak terkecuali di Samsung Galaxy Note 8. Sejak pertama kali diluncurkan, S Pen telah membantu pengguna menemukan cara unik untuk berinteraksi dengan perangkat.

Kemampuan S Pen terbaru yang disandingkan dengan Samsung Galaxy Note 8 memiliki inovasi lebih meningkat. Kinerja S Pen ini akan terasa maksimal ketika bekerja dengan beberapa fitur menarik di Samsung Galaxy Note 8. Sebut saja seperti fitur Live Message, Screen off memo yang ditingkatkan dan pemutakhiran fungsi Translate.

Berikut kelebihan S Pen di Samsung Galaxy Note 8:

Membuat Animasi GIF

S Pen
Dengan fitur Live Message di Samsung Galaxy Note, Anda bisa menggabungkan tulisan tangan dengan piranti digital. Bisa menjadi cara baru untuk berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Hanya dengan memilih tombol berbentuk hati di keyboard saat mengetik pesan, atau mengaktifkan fungsinya melalui Air Command, pengguna bisa membuat pesan beranimasi dengan tulisan tangan, membuat live emoji atau menggunakan beragam efek pena seperti Sparkle, Glow dan Ink yang akan menambah kreativitas pada konten.

Pengguna dapat lebih berkreasi dengan membagikannya sebagai animasi berformat GIF yang berdurasi hingga 15 detik. Kreasi ini kemudian bisa dibagikan ke media sosial serta aplikasi pesan instan yang mendukung Animated GIF (AGIF) seperti Facebook Messenger, WhatsApp dan Snapchat.

Serupa dengan ini, Smart Select pada S Pen bisa digunakan untuk menangkap klip video pilihan lalu menggunakannya sebagai animated GIF yang dapat dibagikan.

Menulis Catatan Saat Layar Off  

S Penimage via Samsung

Screen off Memo merupakan fitur yang memungkinkan pengguna membuat memo dan pengingat dengan mudah pada Always On Display. Persis seperti menulis sebuah memo di secarik kertas kecil, pengguna dapat menulis catatan langsung di layar mereka setelah mengaktifkannya.

Keunikan baru dari Screen off memo pada Samsung Galaxy Note 8 adalah kemampuan untuk membuat catatan sampai 100 halaman sambil kembali ke catatan lainnya di Always on Display untuk melakukan pengeditan. Catatan yang dibuat tersimpan di aplikasi Samsung Notes dan dapat diakses kapan saja.

Menerjemahkan Lebih Mudah 

S Pen
S Pen menggunakan teknologi electromagnetic resonance (EMR) sehingga tampilan dapat berinteraksi dengan S Pen walaupun tidak bersentuhan dengan perangkat. Bahkan, S Pen bisa dideteksi Galaxy Note8 dari jarak 14 millimeter. Saat S Pen berada dalam jangkauan ini dari layar, akan membuka fitur hovering yang memiliki beragam fungsi.

Salah satunya adalah fitur Translate yang lebih mutakhir. Semudah hovering menggunkan S Pen ke sebuah teks yang ingin diterjemahkan, pengguna dapat menerjemahkan hingga 71 bahasa, termasuk kata-kata yang diformat sebagai gambar, diidentifikasi menggunakan teknologi Optical Character Recognition (OCR).

Dengan kemampuan mengenali tanda baca, fitur ini sekarang bisa menerjemahkan kalimat secara utuh saat pengguna menginginkannya. Ditambah lagi, S Pen dapat mengkonversi satuan ukuran dan mata uang asing.

Meningkatkan Kreatifitas

S Pen
Pengguna bisa menggunakan beragam koleksi kuas dari S Pen untuk berkreasi atau menyalurkan hobi menggambar dan mewarnai secara digital. Hasilnya dapat dibagikan sebagai karya seni digital melalui aplikasi PENUP yang sudah tersedia, sebuah komunitas global aplikasi yang memiliki lebih dari 2.7 juta lebih pengguna.

Diantara banyak aplikasi, pengembangan terakhir meliputi juga sebuah buku gambar digital milik aplikasi PENUP yang berisi lebih dari 200 template mewarnai.

Dukungan Hardware Bertenaga

S Pen di Samsung Galaxy Note 8 memiliki panjang 108 millimeter dan berat 2.8 gram, ujung karet 0.7 millimeter, tingkat sensitivitas tekanan 4,096 dan kemampuan untuk mengubah kemampuan guratannya, menjadikannya memiliki presisi dan kekuatan yang mereplika kemudahan menggunakan pena yang sebenarnya. Hal ini memberikan pengguna pengalaman mencatat dan menggambar yang lebih nyaman dan intuitif.

Galaxy Note8 dan S Pen sudah memiliki sertifikasi IP68 water and dust resistant, yang berarti membuatnya dapat digunakan kapan saja dan dimana saja. Perangkat S Pen juga tidak memiliki baterai, tidak memerlukan pengisian daya dan dapat disimpan didalam hp.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 6.3 inch
OS Version 7.1.1
Detail Prosesor Snapdragon 835
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.35 GHz
GPU Adreno 540
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 8 MP
Kapasitas Baterai 3300 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :

Samsung Galaxy Note 8: Spesifikasi, Harga dan Penjualannya di Indonesia 

Pre Order Samsung Galaxy Note 8 Dibuka 8 September Harga 12 Jutaan 

Samsung Galaxy Note 8 VS Galaxy Note 7, Sudah Sesuai Harapan? 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2446 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.