Diperbaharui pada Senin, 28 November 2016 | 15:53

Sony Bravia Z9D, Dijejali Teknologi Paling Mutakhir

Sony Indonesia kembali memperkenalkan TV Bravia terbaru dalam seri Z9D. Perangkat ini menawarkan teknologi televisi generasi terbaru dengan kemampuan menghasilkan hitam yang lebih gelap dan pencahayaan warna putih yang lebih terang untuk dapat menampilkan warna seperti sesungguhnya.

Di jajaran produk TV Sony, Seri Z merupakan yang terbaik di lini produk TV 4K HDR Ultra HD premium. Nama baru “Z” menunjukkan kemajuan yang signifikan dan dengan teknologi paling mutakhir. Dengan kemajuan ini, Sony membawa 4K High Dynamic Range (HDR) ke tingkat yang lebih tinggi dengan Extreme Contrast, pemetaan warna yang lebih nyata dan akurat, untuk dapat menampilkan yang diinginkan penonton

Prosesor Gambar 4K

Seri Z9D terbaru telah dilengkapi dengan prosesor gambar 4K, yaitu prosesor 4K HDR Processor X1 Extreme, juga dilengkapi dengan teknologi latar cahaya yang unik, yaitu Backlight Master Drive, untuk dapat menghasilkan kontras memukau dan pemetaan warna lebih luas dan sangat akurat.  

Prosesor 4K HDR ProcessorX1™ Extreme terbaru ini dirancang untuk memberikan pengalaman menonton kualitas gambar 4K HDR secara maksimal. Dibandingkan dengan prosesor 4K Processor X1, tampilan yang dihasilkan akan lebih baik, dengan pengolahan gambar 40 persen lebih cepat.

Menggabungkan tiga teknologi terbaru; HDR remaster berbasis objek, dual database processing, dan Super Bit Mapping™ 4K HDR, akan membawa Anda menikmati konten 4K HDR yang lebih memuaskan. Teknologi ini juga mampu menaikkan kualitas konten standard dynamic range mendekati kualitas gambar 4K HDR.

Menghadirkan X-tended Dynamic Range PRO untuk menghasilkan kontras yang lebih baik dan secara tepat menyeimbangkan hasil cahaya di seluruh layar, meredupkan dan meningkatkan beberapa area lainnya. Teknologi ini memperlihatkan kecerahan tiga kali lipat dari TV LED-backlight konvensional dan meningkatkan setiap gambar dari manapun sumber nya sehingga bisa mendekati kualitas HDR dengan tingkat kecerahan yang lebih luas.

Sebagai tambahan pada peningkatan basis data, 4K HDR Processor X1 Extreme memiliki tambahan basis data eksklusif Sony untuk mengurangi noise pada TV. Melalui pencarian pada ribuan pola gambar, proses dual database mampu menghilangkan semua noise yang tidak diinginkan dan menghasilkan gambar berkelas 4K yang sangat jernih.

Lebih jauh, Super Bit Mapping 4K HDR menciptakan gambar yang lebih halus dan alami. Dengan sinyal pemrosesan 14-bit yang kuat, teknologi ini mampu memisahkan sumber pita warna 8-bit (FHD) atau 10-bit (4K), mengkonversi setara 14-bit dengan gradasi 64 kali lebih banyak di tingkat warna.

Super Bit Mapping 4K HDR menghasilkan gradasi warna yang halus pada wajah, matahari terbenam serta area lainnya. Dengan tiga teknologi ini, 4K HDR Processor X1 Extreme mereproduksi berbagai macam konten dengan gambar berkualitas 4K HDR.

Teknologi Backlight Master Drive

Sony Bravia Z9D telah mengadopsi teknologi Backlight Master Drive, yaitu teknologi yang meningkatkan presisi latar cahaya (backlight) yang memperluas kecerahan dan kontras lebih jauh untuk memanfaatkan potensi maksimal 4K HDR. Backlight Master Drive menggabungkan struktur LED padat dengan algoritma pencahayaan yang sangat akurat dan desain optik yang unik.

Pada kombinasi dengan algoritma pencahayaan akurat yang terbaru, pengaturan LED terpisah pada Backlight Master Drive mampu meredupkan dan meningkatkan setiap LED. Algoritma inovatif ini memberikan presisi untuk kontras dan realisme yang tak tertandingi.

Desain beam LED yang dikalibrasi serta struktur optik yang unik dapat mengumpulkan cahaya LED yang dipancarkan pada satu tempat dan secara tepat berfokus pada area drive untuk menampilkan kontras yang lebih tinggi.

Hal ini juga mengurangi difusi cahaya dan efek melebar (flare) yang terlihat pada TV LED full-array lainnya. Backlight Master Drive memberikan dynamic range yang belum pernah ada, dengan hitam yang lebih gelap dan sinar yang memukau untuk menampilkan adegan yang terlihat lebih nyata dari sebelumnya, melepaskan potensi penuh dari konten 4K HDR.

Android TV

Seri Z9D terbaru juga memiliki fungsi Android TV™ dengan interface Sony yang ekslusif untuk para pengguna. Dari siaran langsung televisi hingga layanan video internet, tampilan content bar terbaru yang mulus meningkatkan navigasi konten yang juga diperkuat oleh fitur pencarian dengan suara (voice search).

Content bar yang baru juga menampilkan fungsi untuk pilihan pilihan genre. Daripada hanya memilih program tertentu dari saluran TV Anda, kini Anda dapat dengan mudah memilih salah satu tontonan dari genre favorit Anda, seperti olahraga, musik, berita, dan masih banyak lagi.

Tersedia pula fitur 4K X-Reality PRO untuk menghasilkan detil gambar yang menakjubkan dengan algoritma unik dari Sony untuk database penciptaan realita pada konten apapun, seperti pada siaran televisi, DVD, Blu-ray Disc, video internet dan foto-foto digital.

Baca juga artikel:
TV OLED Premium, LG Signature Dirilis Layar 77 inci Resolusi 4K
Tips Merawat TV LED Agar Tidak Cepat Rusak
Apa Itu Smart TV? Ini Semua yang Perlu Kamu Tahu
Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.