Diperbaharui Pada Kamis, 5 Jan 2023 | 18:00

6 Laptop Gaming Intel Gen 13th, Lebih Mahal Lebih Canggih

Laptop gaming dengan spesifikasi terbaik memang jadi daya tarik sendiri, bahkan tak jarang dari produk laptop gaming terbaru yang disajikan memberikan tambahan fitur lain selain spesifikasi yang sudah terbilang mumpuni di bandingkan laptop kelas lainnya.

Terbaru, sudah seiring dengan di rilisnya seri prosesor Intel generasi 13 terbaru yang dikenal dengan kode name "Raptor Lake", setiap brand laptop kenamaan mulai berlomba memproduksi atau mengupgrade unit laptop gaming terbaik mereka.

Bahkan, tak hanya secara global, Intel Gen 13th sendiri sempat diluncurkan oleh Intel Indonesia Desember lalu secara resmi, meski baru versi desktop yang diperkenalkan. Seperti kabar yang sudah beredar terkait fakta Intel Gen 13th, prosesor terkuat Intel ini digadang memiliki performa yang lebih dari layak untuk memenuhi setiap lini kebutuhan sektor dalam berbagai bidang pekerjaan.

Mulai dari Pekerja kreatif di bidang videography dan photography, blue collar dan white collar yang memerlukan banyak multitasking dalam devicenya, hingga content kreator dengan segala aktivitasnya yang membutuhkan dukungan performa terbaik dari setiap devicenya.

Performa Intel Gen 13th

Dibangun pada teknologi proses Intel 7 yang sudah matang dan x86 performance hybrid architecture, prosesor desktop 13th Gen Intel Core menghadirkan performa sistem yang lebih baik lagi. Ini meliputi peningkatan performa single-threaded hingga 15% lebih baik dan peningkatan performa multi-threaded yang hingga 41% lebih baik.

Dengan generasi prosesor Intel terbaru ini, Anda akan mendapatkan gabungan performance hybrid architecture Intel, mulai dari Performance-core (P-core) tercepat yang pernah dibuat dan jumlah Efficient-core (E- core) yang naik hingga dua kali lipat sehingga memberikan peningkatan performa single-threaded dan multi-threaded.

Sebagai catatan, prosesor flagship Intel Core i9-13900K adalah prosesor desktop tercepat di dunia saat ini, menampilkan 24 core, 32 thread, dan clock speeds hingga 5.8 GHz. Nah, setelah diresmikan versi Intel Gen 13th mobile version, yakni seri Intel Gen 13 Mobil seri H dengan versi HX menjadi kategori prosesor tertinggi, kini banyak brand mulai berlomba melakukan upgrade bahkan menghadirkan produk laptop terbaru dan juga laptop gaming terbaru dengan dasar prosesor ini.

Laptop Gaming Intel Gen 13th Terbaru

Nah, buat kalian yang sudah pernah mencicipi keganasan dari laptop dengan prosesor Intel Gen 12th sebelumnya, pasti tertarik untuk mencicipi laptop dengan prosesor Intel Gen 13th juga. Berikut Kami hadirkan daftar laptop gaming Intel Gen 13th yang sudah dipamerkan di even CES 2023 tahun ini dan dipastikan segera meluncur di pasar global dalam waktu dekat termasuk Indonesia.

1. Asus ROG STRIX Scar 2023

Laptop ROG Strix SCAR telah lama dikenal sebagai laptop gaming performance terbaik, gelar tersebut sepertinya akan tetap melekat di tahun 2023 ini. Pasalnya, Asus memutuskan untuk meneruskan generasi ROG STRIX SCAR terbaru mereka dengan performa yang lebih tangguh.

ROG Strix SCAR 2023 kini hadir dengan desain baru yang mengakomodasi layar lebih besar yaitu 16 dan 18-inci, serta memiliki rasio layar 16:10. Selain layar yang lebih besar, lini laptop gaming Asus ROG Strix SCAR terbaru juga dibekali dengan layar ROG Nebula HDR Display beresolusi QHD yang memiliki refresh rate 240Hz serta menggunakan teknologi panel Mini LED.

Untuk performa gaming yang maksimal, ROG Strix SCAR terbaru menggunakan ROG Intelligent Cooling Technology yang menggunakan full-width heatsink dan Tri-Fan Technology. Ditambah Thermal Grizzly Conductonaut Extreme liquid metal yang diaplikasi kan langsung ke CPU dan GPU-nya membuat performa pendinginan ROG Strix SCAR terbaru menjadi semakin tidak tertandingi.

Laptop gaming Asus ROG Strix SCAR terbaru dengan prosesor Intel Gen 13th memiliki varian tertinggi menggunakan Core i9 13980HX yang menggunakan konfigurasi 8 Performance-cores dan 16 Efficient-cores, serta chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 4090 dengan TGP 175W. Hebatnya lagi, laptop tersebut masih memiliki thermal headroom yang memungkinkan performanya untuk ditingkatkan lebih jauh lagi.

2. Asus ROG Zephyrus M16 2023

Tak hanya seri laptop gaming Asus ROG Strix Scar yang mendapat pembaruan di lini prosesor dan juga grafis. Selain laptop gaming flagshipnya, Asus juga turut melakukan upgrade pada lini Laptop Mid-end dengan performa tinggi mereka. Adalah Zephyrus M16 2023 terbaru mereka yang dihadirkan dengan desain terbaru.

Meski masih tetap mempertahankan portabilitas, namun terdapat perubahan pada sistem pendingin baru yang menggunakan full-width heatsink dan Tri-fan Technology. Berkat sistem pendingin baru tersebut, ROG Zephyrus M16 2023 kini dapat bekerja pada TDP 25W lebih tinggi dibandingkan dengan model tahun lalu, sehingga membuat prosesor Intel Core i9 13900H CPU dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 4090 dapat bekerja secara lebih optimal di laptop ini.

ROG Zephyrus M16 juga kembali hadir dengan MUX Switch dan kini dibekali dengan NVIDIA Advanced Optimus untuk pengalaman gaming yang maksimal. Yang paling menarik adalah layarnya kini telah dilengkapi dengan AniMe Matrix LED sehingga membuatnya tampil beda dibandingkan dengan laptop gaming 16-inci lainnya.

3. Asus ROG Flow X16 2023

Menyusul dua favorit laptop Asus lainya, ada ROG Flow X16 yang juga mendapatkan upgrade di tahun 2023 kali ini dengan CPU dan GPU generasi terbaru, yaitu Intel Core i9-13900H serta NVIDIA GeForce RTX 4070 yang didukung MUX Switch dan NVIDIA Advanced Optimus.

Pada sisi layar, Asus kembali menggunakan ROG Nebula HDR dengan teknologi Mini LED yang mampu meningkatkan kecerahan maksimal hingga 1.100 nits. Tak hanya itu, Asus ROG Flow X16 2023 juga sudah didukungan HDR, dan refresh rate 240Hz.

Layarnya juga kini dilapisi oleh Corning Gorilla Glass DXC yang tidak hanya tangguh, tetapi juga dapat mengurangi tingkat refleksi cahaya hingga 40% sehingga membuat penggunaan di luar ruangan menjadi lebih nyaman.

4. MSI Stealth 16 Studio A13V 2023

MSI Stealth 16 Studio A13V hadir dengan spesifikasi dan fitur yang serba baru. Memiliki perpaduan antara tampilan tajam dan performa luar biasa, Laptop gaming MSI Stealth 16 Studio A13V datang dengan pembaruan pada lini prosesor terbaru Intel Gen 13th, yakni Intel Core i9-13900H dipadukan dengan NVIDIA GeForce RTX 4070.

Stealth 16 Studio A13V hadir dengan 1,99kg ultra-ringan dan 19,95mm ultra-slim, Magnesium-Aluminium Alloy Chassis yang tahan lama. Hadir dengan layar 16:10 QHD+ 240 Hz yang dirancang agar pengguna memiliki pengalaman visual paling nyaman dan sangat dioptimalkan untuk para gamer.

Memperkenalkan desain Shared-Pipe yang baru, heat pipe terpasang pada CPU dan GPU untuk meningkatkan kemampuan termal. Dengan kombinasi MSI Cooler Boost 5, laptop MSI Stealth 16 Studio A13V ini mampu memberikan pengalaman baru bagi para gamer dan juga kreator.

5. MSI Titan GT77 2023

Laptop gaming MSI lain yang juga turut mendapatkan upgrade adalah, MSI Titan GT77. Tak hanya itu, laptop MSI Titan GT77 2023 ini juga diklaim menjadi laptop pertama di dunia yang dilengkapi layar Mini LED 4K/144 Hz, yang juga merupakan layar laptop paling premium sejauh ini.

Layar 4K/144 Hz pada laptop MSI Titan GT77 ditenagai oleh teknologi AmLED Mini LED keluaran AUO yang menjanjikan backlight super terang, performa HDR yang layak, dan color gamut yang luas. Kecerahan maksimal layar mampu melebihi 1000 nits, 2,5 kali lebih terang dibandingkan dengan layar LCD.

Ditenagai dengan prosesor terkuat Intel Core i9-13980HX yang didukung GeForce RTX 4090 dan MSI OverBoost Ultra membuat kenyamanan para gamer dalam bermain game makin terasa sempurna berkat performa tangguh spesifikasi yang dimilikinya.

6. MSI Raider GE78 HX 13V 2023

MSI Raider GE78 HX 13V sekali lagi membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Setelah tahun sebelumnya membuat kejutan lain sebagai lini kelas wahid dari laptop gaming MSI yang performanya melebihi performa sesama laptop gaming setaranya.

Ditenagai dengan Intel Core i9-13980HX Generasi ke 13 yang diperkuat dengan NVIDIA GeForce RTX  4090 dan MSI OverBoost Ultra serta tambahan Cooler Boost 5 dengan desain pipa baru pada CPU dan GPU-nya, makin membuat laptop gaming dengan bodi ramping ini makin ciamik.

Yang paling unik adalah, MSI memperkaya dengan Mystic Light pada Rider GE78 HX 13V 2023 ini lengkap dengan desain lightbar matriks RGB yang mewah dan meriah. Bilah lampu matriks menghadirkan estetika baru teknologi dan masa depan. Dengan 16,8 juta warna, dapat mempersonalisasikan pencahayaan dan menciptakan suasana gaming bagi para gamer.

Secara keseluruhan, daftar laptop gaming dengan prosesor Intel Gen 13th di atas menjanjikan performa yang pastinya lebih dahsyat jika dibandingkan dengan prosesor Intel Gen 12th. Selain memiliki kemampuan hingga 24 core (8 P-cores, 16 E-cores) dan 32 thread, prosesor terbaru Intel Gen 13th ini tentunya mampu menyediakan pengalaman gaming, streaming, dan recording terbaik.

Dengan hingga 5.8 GHz dan performa single-thread yang 15% lebih baik, prosesor ini bisa mendorong frame rates yang tinggi dan membuat para gamer bebas menikmati pengalaman bermain game-game top. Khusus prosesor mobile 13th Gen Intel Core H-, P- dan U-series, dDeretan prosesor Intel terbaru dari ketiga seri tersebut ditujukan untuk para laptop enthusiast, desain thin-and-light terbaru, dan perangkat Internet of Things (IoT).

Jadi bagi kalian yang ingin berganti laptop baru dan memiliki budget lebih, tidak salah jika mempertimbangkan laptop intel gen 13th di atas untuk di jadikan pengganti laptop lama.

Content Writter

1679 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.