Diperbaharui Pada Jumat, 15 Des 2023 | 09:22

10 Earbuds Gaming Terbaik di 2023, Performa Setara Headset

Foto: Pixabay

Dulu, para gamer biasanya menggunakan earphone atau headphone berkabel untuk bermain gim. Namun hal ini kemudian menimbulkan berbagai masalah seperti kabel yang tersangkut, atau kusut.

Kini, teknologi memungkinkan orang untuk bermain gim dengan dukungan perangkat audio yang mungil seperti earbuds. Dengan bentuk desain yang kecil, earbuds dengan mudahnya menjadi favorit karena mudah dibawa ke mana-mana, selain praktis tentunya.

Rekomendasi Earbuds Gaming Terbaik

Teknologi nirkabel pada earbuds menggunakan koneksi Bluetooth. Teknologi ini disebut True Wireless atau biasa disingkat TWS. Earbuds gaming tidak hanya nyaman untuk bermain gim di smartphone, namun juga PC dan perangkat konsol seperti PlayStation 5, hingga konsol hybrid handheld seperti Nintendo Switch.

Berikut beberapa rekomendasi earbuds gaming terbaik yang bisa kamu temukan di pasaran saat ini. Daftar ini dikurasi berdasakan harga dan spesifikasinya, sehingga dapat memberikan pengalaman gaming yang lebih maksimal.

1. EPOS GTW 270 Hybrid

EPOS GTW 270 Hybrid sering masuk ke dalam daftar rekomendasi earbuds gaming terbaik karena memang terbukti memiliki keunggulan pada kualitas audio yang dihasilkan, serta fitur-fitur yang mampu memberikan kenyamanan selama berjam-jam.

Eartips pada earbuds gaming ini dirancang secara khusus agar mampu mengisolasi kebisingan, sehingga pemakainya bisa fokus pada permainan, tanpa terganggu dengan suara-suara di sekitar.

Selain asyik untuk digunakan bermain gim di perangkat smartphone, EPOS GTW 270 Hybrid juga kompatibel dengan perangkat konsol seperti Nintendo Switch, PS5, PS4, hingga PC dan laptop gaming.

2. Razer Hammerhead True Wireless X

Menyebut nama Razer tentunya tidak jauh-jauh dari gaming. Merek ini memang sudah sangat popular untuk segmentasi produk di kategori tersebut, malah layak disebut sebagai salah satu yang terbaik saat ini.

Untuk urusan earbuds gaming pun demikian. Razer Hammerhead True Wireless X dibekali fitur Gaming Mode dengan latensi rendah 60ms dan driver 13mm yang custom-tuned, sehingga kualitas audio yang dihasilkan dijamin kualitasnya.

Desain yang ramping dengan cahaya hijau khas Razer menjadi salah satu daya tariknya tersendiri. Selain untuk bermain gim, Razer Hammerhead True Wireless X juga asyik banget untuk mendengarkan lagu.

3. EKSA GT1 Cobra

EKSA GT1 Cobra sangat cocok untuk gim-gim action dan balap yang mengutamakan kecepatan, karena earbuds gaming ini dibekali dengan latensi ultra-low 38ms yang akan memastikan kualitas audio dikeluarkan secara real time tanpa delay.

Daya tahan baterai dari EKSA GT1 Cobra bisa diandalkan untuk bermain gim selama berjam-jam, karena earbuds ini bisa bertahan hingga 6 jam tanpa jeda. Bila menggunakan casing-nya, daya tahan baterai mencapai hingga total 36 jam.

EKSA GT1 Cobra memiliki dua fungsi untuk bermain gim dan mendengarkan musik. Pengguna earbuds bisa berpindah dari satu mode ke mode lainnya melalui opsi satu klik dengan cepat dan praktis.

4. WeCool Moonwalk M4

WeCool Moonwalk M4 cukup popular di kalangan gamer karena koneksi Bluetooth 5.3 yang dimilikinya. Koneksi ini memastikan lancarnya sambungan antara earbuds dengan perangkat gaming yang digunakan.

Selain itu, kualitas audio yang dihasilkan juga jauh dari delay berkat hadirnya ultra low latency 55ms yang dimilikinya. Daya tahan baterainya cukup awet. Pada satu penggunaan, baterainya bisa tahan hingga 8 jam, dan dengan casing, menjadi 48 jam.

Untuk memberikan pengalaman penuh ketika bermain gim, WeCool Moonwalk M4 dibekali dengan teknologi ENC Dual Microphones, sehingga suara-suara bising dari sekitar tidak akan terdengar. Bila menerima panggilan telepon, suara yang dihasilkan cukup jernih.

5. Moondrop Aria

Earbuds gaming Moondrop Aria sempat ramai menjadi topik pembicaraan saat pertama kali dirilis. Bahkan hingga kini masih menjadi topik hangat pada setiap daftar rekomendasi earbuds terbaik.

Secara desain, Moondrop Asia tampil sangat estetik. Pilihan warna dan aksen emas pada bodinya membuat earbuds gaming ini terlihat eksklusif dan mewah.

Moondrop Aria mengadopsi driver dual-cavity magnetic high-performance dynamic 10mm dengan diafragma Liquid Crystal Polymer (LCP) yang mampu menghasilkan respon terbaik, untuk memberikan detail suara beresolusi tinggi.

6. Jabra Elite 85t

Menyebut nama Jabra rasanya bagai sebuah jaminan mutu dan kualitas. Begitu pula Jabra Elite 85t yang dibuat dengan kualitas audio berpresisi tinggi. Earbuds ini dibekali dengan teknologi yang mampu memaksimalkan pengalaman audio.

Jabra Elite 85t dibekali dengan teknologi Active Noise Cancellation (ANC) yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan prefensi penggunanya. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur jenis suara apa yang boleh masuk melalui fitur HearThrough.

Daya tahan baterai Jabra Elite 85t cukup memuaskan. Earbuds ini bisa bertahan hingga 5.5 jam pemakaian secara terus menerus. Bila digunakan bersama dengan casing-nya, masa pakai baterai bisa tahan hingga 25 jam.

7. Bose QuietComfort Earbuds

Bicara soal earbuds gaming, salah satu fitur yang paling mendapatan perhatian adalah ANC. Bose QuietComfort Erabuds dibuat untuk memberikan pengalaman bermain gim tanpa gangguan dari suara-suara di sekitar.

Dengan mengaktifkan Transparency Mode, pengguna Bose QuietComfort Earbuds akan terisolasi, sehingga mengindari berbagai macam distraksi, dan bisa fokus pada suara yang ingin didengarkan saja.

Pada sekali pengisian, baterai Bose QuietComfort Erabuds dapat bertahan hingga 6 jam. Bila digunakan bersamaan dengan casing-nya, maka baterai earbuds ini bisa bertahan hingga 12 jam.

8. QCY G1

Berbekal desain ergonomis, earbuds gaming QCY G1 membawa bobot yang cukup ringan (3.8 gram), sehingga terasa sangat nyaman ketika dipakai di telinga untuk jangka waktu yang lama.

QCY G1 dibekali dengan teknologi sensor sentuh yang cukup sensitf. Pengaturan dan kontrol dapat dilakukan dengan menggunakan satu sentuhan saja, sehingga memudahkan pengguna ketika sedang terburu-buru.

Ketika Game Mode diaktifkan, earbuds QCY G1 akan secara otomatis memaksimalkan ultra low latency 45mm yang dimilikinya, sehingga kualitas audionya terjaga dengan konsisten tanpa delay.

9. Black Shark Lucifer T4

Black Shark Lucifer T4 adalah earbuds gaming yang dibekali dengan fitur Active Gaming Mode untuk memberikan pengalaman bermain gim yang lebih tersinkronisasi. Kualitas audionya terjaga berkat hadirnya ultra low latency 35mm.

Selain itu, ketika digunakan untuk mendengarkan musik, jangan lupa untuk menyalakan Active Music Mode yang akan memadukan bas dan tremble secara seimbang, sehingga kualitas audionya menjadi lebih dinamis.

Daya tahan baterai Black Shark Lucifer T4 sangat bisa diandalkan untuk bermain gim selama seharian. Earbuds gaming ini bisa bertahan hingga 6 jam non-stop. Bila menggunakan casing-nya, baterai bisa bertahan hingga 18 jam.

10. Edifier TWS NB2 Pro

Edifier TWS NB2 Pro dibekali dengan built-in dual-mic yang mendukung fitur Targeted Active Noise Cancelling, untuk menghasilkan ruang isolasi senyaman mungkin kepada penggunanya.

Penggunaan di luar dan dalam ruangan juga didukung dengan baik berkat sertifikasi IP54 yang akan memastikan keamananya dari debu dan air, termasuk kekebalan terhadap air hujan, dan keringat ketika digunakan saat berolahraga.

Total daya tahan baterai Edifier TWS NB2 Pro hingga 32 jam. Dengan melakukan pengisian baterai selama 15 menit, earbuds gaming ini bisa digunakan selama kurang lebih 2 jam pemakaian.

Tips Memilih Earbuds Gaming yang Tepat

Memilih earbuds gaming yang tepat memang tidak mudah, karena setiap gamer pasti memiliki preferensi pribadi yang tidak selalu sama antara satu dengan lainnya.

Walau begitu, ada beberapa tips dasar yang bisa diterapkan untuk memilih earbuds gaming yang tepat seperti menentukan kegunaan utama dari earbuds tersebut, apakah hanya akan digunakan untuk bermain gim, atau untuk mendengarkan musik juga. Ini perlu ditentukan dari awal.

Selain itu, pertimbangakan untuk memilih earbuds gaming yang disesuaikan dengan perangkat yang kamu gunakan. Kebutuhan earbuds untuk smartphone, konsol gim atau PC/laptop gaming tidak sama.

Selain dua hal tersebut, kamu juga perlu memastikan fitur-fitur yang ditawarkan. Earbuds gaming akan dibekali dengan fitur khusus untuk bermain gim (Game Mode), namun bila kamu memilih earbuds all-in-one, pastikan ada pengaturan untuk menyesuaikan audionya, ya.

Content Writter

1502 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.