Diperbaharui pada Rabu, 4 April 2018 | 10:43

Ini Dia Xiao AI, Asisten Digital Buatan Xiaomi

xiao ai

Bila Apple punya Siri, Samsung memiliki Bixby, sementara Google punya Google Assistant, maka Xiaomi juga tidak mau kalah dengan memamerkan asisten digital besutannya. Assisten digital Xiaomi ini dinamakan Xiao AI dan dibuat khusus untuk smartphone buatan perusahaan asal China ini.

Sayangnya, hingga saat ini Xiao AI disebutkan hanya dibuat khusus untuk pasar China. The Verge menyebutkan hal ini disebabkan karena Xiao AI bisa terhubung dengan WeChat dan berbagai layanan aplikasi lain yang populer di China.

Xiao AI akan dihadirkan pertama kali melalui hp terbaru Xiaomi, yaitu Mi Mix 2S. Kedepannya, Xiaomi juga akan menghadirkannya di smartphone lain buatannya setelah menerima update MIUI versi China. Lalu, apakah Xiao AI juga akan hadir di Negara lain seperti di Indonesia?

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai kabar ini. Untuk informasi, Xiaomi sendiri memiliki pasar yang cukup besar di negara lain seperti Indonesia dan India. Tapi walaupun belum kebagian Xiao AI, pengguna hp Xiaomi di luar China bisa memanfaatkan Google Assistant sebagai asisten digital yang sudah terintegrasi.

Lucunya, para pengguna hp Xiaomi di China justru tak bisa menggunakan asisten digital buatan Google tersebut. Xiaomi sebelumnya juga sudah menggandeng Microsoft untuk melakukan sejumlah pengembangan. Salah satu bentuk kerjasama ini adalah untuk mengintegrasikan Cortana, asisten digital Microsoft ke dalam Mi AI Speaker.

Namun kerja sama ini tidak termasuk dalam mengintegrasikan Cortana ke dalam hp buatan Xiaomi. Nah, bagi kamu yang penasaran seperti apa kemampuan Xiao AI, bisa melihatnya di video Youtube di bawah ini.

Like us!
Rizki Abadi

Contributor

300 Posts