Diperbaharui pada Rabu, 17 Maret 2021 | 12:48

Game Islami Terbaik untuk Belajar Agama di Bulan Ramadan

game anak sholehFoto: Google Play Store

Menghabiskan waktu anak selama menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan, bisa dilakukan dengan bermain game. Namun tidak sembarang game, melainkan game anak islami yang mendidik.

Ada baiknya kita mengajari anak belajar agama melalui Game Anak Sholeh yang bisa diunduh di smartphone. Game mobile berkonsep edukatif ini hadir untuk anak-anak yang ingin belajar agama Islam sambil bermain.

Game Anak Sholeh yang Edukatif

game anak sholehFoto: Google Play Store

Pengembang asal Bandung, Agate Studio, mengemas game ini dengan nilai-nilai islam yang bisa dipelajari oleh Anak. Sekaligus untuk meningkatkan pengetahuan agama dan menambah pahala di bulan puasa Ramadan.

Hadirnya game ini menjawab banyak pertanyaan tentang minimnya game atau aplikasi untuk anak yang cocok digunakan sebagai media belajar dengan cara yang lebih menyenangkan.

Product Manager Game Anak Sholeh, Luthfi Suryandra mengungkapkan permainan edukatif dengan teknologi smartphone di Indonesia memang cukup beragam.

Namun untuk permainan edukatif yang komperhensif dan komplit dalam satu paket dengan animasi yang bagus masih tergolong jarang di Indonesia.

game anak sholehFoto: Google Play Store

Game Anak Sholeh ini dibuat untuk menambah rasa senang anak, sekaligus membuat mereka lebih cepat memahami suatu topik saat belajar.

Tidak dipungkiri, di era digital saat ini, dimana smartphone telah semakin banyak digunakan, game edukatif sangat cocok dan efektif digunakan dalam proses belajar mengajar ketimbang sistem belajar konvensional melalui buku.

Android lokal ini juga hadir dengan beragam konten mulai dari cerita yang seru, mini game, doa harian, tutorial sholat, kisah nabi dan ensiklopedia yang dapat membantu anak mendalami pengetahuan tentang agama Islam.

game edukatif islamiFoto: Google Play Store

Tidak hanya itu, Game Anak Sholeh juga dibuat dengan tampilan animasi dan efek suara yang dibuat menarik, sehingga anak-anak akan lebih tertarik untuk bermain sambil belajar.

Agate Studio memahami keinginan anak agar bisa menikmati game, namun sekaligus mengajak mereka balejar, dan tidak terasa sudah hafal doa harian dan bacaan sholat.

Menariknya, terdapat juga fitur Parent App yang bisa memantau kegiatan anak bermain dalam game ini. Hal ini diyakini dapat membantu meningkatkan kedekatan antara anak dan orang tua karena orang tua bisa memantau perkembangan anaknya.

Bila itu belum cukup, Game Anak Sholeh juga menyediakan fitur yang memungkinkan anak dan orang tua untuk dapat saling membantu dalam memahami konten-konten dalam game.

Game Islami Terbaik Lainnya

Selain Game Anak Sholeh, terdapat dua game Islami lain untuk anak yang kami rekomendasikan. Kedua game ini mengajarkan berbagai pengetahuan tentang islam, sekaligus mengajak menikmati permainan.

1. Game Anak Edukasi Hijaiyah

game anak edukasi hijaiyahFoto: Google Play Store

Game Anak Edukasi Hijaiyah membantu mengenalkan huruf dan angka hijaiyah kepada anak. Dengan bermain game ini, anak dapat belajar, menguji keterampilan, menulis, hingga memecahkan teka-teki.

Konsep pembelajarannya dirancang secara interaktif agar anak lebih bisa menikmatinya. Semakin asyik bermain, mana semakin banyak ilmu yang bisa didapat. Materi untuk game ini diambil dari materi iqro.

2. Cerdas Cermat Islami

Game Islami Terbaik untuk Belajar Agama di Bulan Ramadan-5Foto: Google Play Store

Seperti namanya, game ini merupakan game jenis kuis yang akan merangsang anak untuk belajar agama Islam dengan cara yang menyenangkan, tanpa terkesan menggurui.

Game Cerdas Cermat Islami menawarkan berbagai kuis menarik yang berhubungan dengan shalat, puasa, zakat, wudhu, dan lain sebagainya. Melalui game ini, diharapkan anak bisa belajar sekaligus bermain.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1037 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.