Diperbaharui pada Kamis, 27 April 2017 | 16:08

4 Aplikasi Android Gratis Untuk Latihan Soal SBMPTN Terbaik

Empat aplikasi Android gratis untuk latihan soal SBMPTN terbaik ini bisa di miliki dengan mengunduh secara cuma-cuma alias gratis.

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan ujian yang sangat sulit. Pasalnya dalam ujian ini bahan yang diujikan mencakup hampir keseluruhan materi yang pernah diajarkan di sekolah ditambah pengetahuan dan kemampuan umum yang harus dimiliki oleh calon mahasiswa. Ujian yang melibatkan ratusan ribu calon mahasiswa dari seluruh Indonesia ini juga semakin menantang karena soal-soal yang ditanyakan terkenal tak mudah dan membutuhkan analisis tersendiri sebelum menjawabnya.

Dengan waktu persiapan yang relatif sedikit jika dibandingkan dengan jumlah materi yang harus dipelajari, tentu latihan soal menjadi cara yang efektif agar bisa lolos di SBMPTN. Nah, cara latihan soal ini juga semakin variatif seiring dengan meningkatnya kemajuan teknologi informasi. Kalau dulu latihan soal UMPTN harus melalui buku kumpulan soal yang dijual terbatas, kini latihan soal SBMPTN bisa dilakukan melalui banyak hal. Ada yang menggunakan media sosial untuk bertanya dan membahas soal dengan guru atau tutornya. Ada yang menonton puluhan video pembahasan soal di platform sharing video ternama. Ada juga yang mengerjakan soal secara langsung di smartphone masing-masing. Sangat menarik bukan?

Kali ini pricebook akan menampilkan 4 aplikasi Android gratis untuk latihan soal SBMPTN terbaik yang bisa kamu miliki di smartphone kamu secara cuma-cuma alias gratis dengan mengunduh via Google Play Store.

Try Out SBMPTN by Minterin Studio


Aplikasi Try Out SBMPTN buatan mahasiswa UIN Alauddin Makassar ini merupakan aplikasi yang turut menyediakan rekomendasi pilihan program studi selain menyediakan latihan soal-soal SBMPTN. Rekomendasi pilihan program studi ini didasarkan dari data peserta lolos SBMPTN di setiap prodi dari beberapa tahun terakhir. Mekanismenya nilai yang kamu dapatkan setelah mengikuti satu rangkaian try out (delapan mata pelajaran) akan diakumulasi dan dicocokkan dengan passing grade program studi yang ada. Tentunya hal ini dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam pemilihan program studi saat SBMPTN sesungguhnya nanti.

Selain fitur rekomendasi program studi yang jarang dimiliki oleh aplikasi serupa, aplikasi try out buatan Minterin Studio ini juga memiliki interface yang cukup baik. Soal-soal yang ada ditampilkan dengan cukup baik dan mudah dilihat. Bahkan aplikasi try out yang satu ini menjadi salah satu aplikasi latihan soal SBMPTN dengan ukuran terkecil. Dijamin deh, smartphone kamu nggak akan jadi lemot Cuma gara-gara install aplikasi ini.

Grasindo Lolos SBMPTN by Grasindo

Aplikasi Android gratis untuk latihan soal SBMPTN yang satu ini memiliki desain yang menarik dan lebih interaktif dibandingkan aplikasi serupa yang bertebaran di play store. Aplikasi buatan Grasindo (Gramedia ini juga memuat soal-soal ter-update yang mungkin muncul di SBMPTN nanti. Agar nampak seperti try out sungguhan, setiap pengerjaan soal di aplikasi ini dilengkapi dengan fitur timer yang akan mengukur durasi waktu yang kamu habiskan dalam menjawab soal-soal yang ada.

Keunggulan Grasindo Lolos SBMPTN lainnya ialah dapat menampilkan pembahasan soal secara baik dan jelas. Aplikasi Android gratis ini juga terdiri dari 2 versi, lho! Yang satu ialah versi saintek yang memuat mata ujian Matematika IPA, Biologi, Fisika dan kimia, sementara yang satunya lagi ialah versi soshum yang berisikan mata ujian ekonomi, sosiologi, sejarah dan geografi.

SBMPTN Simulator by Senatara AppDev

Jika kamu ingin langsung merasakan atmosfer SBMPTN sungguhan, ada baiknya kamu mencoba aplikasi yang satu ini. Pasalnya aplikasi besutan Senatara AppDev ini akan menyediakan latihan soal SBMPTN yang lebih real dengan format 2 hari pengerjaan layaknya SBMPTN sungguhan. SBMPTN Simulator ini juga bisa menjadi simulator yang baik untuk ujian mandiri lain seperti SIMAK UI dan UM UGM yang menerapkan format mirip SBMPTN.

Uniknya sebelum bisa mengerjakan soal kamu harus login terlebih dahulu menggunakan akun Google atau akun facebook yang telah kamu miliki. Dengan ini hasil latihan kamu bisa langsung kamu share ke media sosial yang ada. Tentunya hal ini dapat menambah motivasi kamu dan teman-temanmu yang sama-sama berjuang di SBMPTN bukan?

TuneSkill SBMPTN 2017 by Gadgetium

Diantara keempat aplikasi yang dibahas disini, TuneSkill SBMPTN memang menjadi aplikasi dengan ukuran terbesar yakni mencapai 32 MB. Meskipun begitu, ia tetap didaulat sebagai salah satu aplikasi Android gratis untuk latihan soal SBMPTN terbaik yang ada di play store. Jumlah downloadnya saja sudah melebihi angka 50.000! Keren banget kan?

Pada TuneSkill kamu bisa memilih tingkat kesulitan soal yang akan kamu hadapi (normal atau expert). Selain itu juga terdapat fitur adaptive test dimana kamu akan diberikan soal-soal dari urutan yang paling mudah sampai yang paling sulit agar kemampuanmu sedikit demi sedikit bertambah. Hebatnya lagi aplikasi ini dilengkapi dengan fitur top scores yang memperlihatkan para penjawab dengan skor tertinggi beserta waktu pengerjaannya. Udah kayak SBMPTN sungguhan aja ya?!

Itulah keempat aplikasi latihan soal SBMPTN terbaik versi pricebook. Perlu diingat bahwa aplikasi ini pada akhirnya hanya sekedar tools untuk mempermudah latihan. Hasil yang akan kamu dapatkan nanti tentu sebanding dengan kesungguhan, kualitas dan intensitas latihan yang telah kamu ikuti. Selamat belajar dan semoga sukses!

Baca juga aplikasi :
Update Aplikasi Google Maps Mudahkan Mencari Tempat Parkir Kendaraan
Tweeple, Aplikasi Ini Cocok Buat Twitteran di Lokasi Minim Sinyal dan Kuota
Aplikasi Youtube Go Dirilis Versi Beta, Lebih Hemat Data
Like us!
Arief Ardiansyah

Contributor

19 Posts