Diperbaharui pada Rabu, 29 Juni 2022 | 10:30

5 Situs Melamar Kerja Terbaik, Bebas Worry Cari Kantor Baru!

melamar kerja

Istilah bubble burst atau ledakan gelembung di dunia startup sedang menjadi perbincangan hangat saat ini. Merujuk pada kabar terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) di beberapa startup Tanah Air.

Usut punya usut, ternyata hal ini juga terjadi pada startup di belahan dunia lain. Kondisi ini terjadi ketika siklus ekonomi yang ditandai dengan nilai pasar naik sangat cepat, terutama pada harga aset. Inflasi yang cepat ini diikuti oleh penurunan nilai yang cepat pula, atau biasa disebut kontraksi.

Karenanya, banyak profesional muda dengan skill terbaik pun ikut menanggung kondisi ini secara pasrah. Beruntungnya, saat ini masyarakat cukup dimudahkan ketika harus memilih atau mencari pekerjaan baru.

Salah satu cara yang paling umum dilakukan para pencari kerja saat ini adalah mencari informasi lowongan secara online di internet.

Selain mudah dan cepat, kelebihan online adalah pencari akan dibanjiri banyak sekali informasi, mulai dari lowongan kerja, aplikasi, hingga situs yang harus dipilih.

Rekomendasi Situs Pencari Kerja Online Terbaik

melamar kerja

Karena banyaknya daftar situs lowongan kerja atau situs pencarian kerja online, tentu banyak kriteria yang harus dipertimbangkan agar tak tertipu lowongan kerja abal-abal.

Jobstreet

cari kerja di jobstreet

Situs pencari kerja yang didirikan pada tahun 1997 ini disebut memiliki kurang lebih 80 ribu perusahaan yang tergabung dan 11 juta pencari kerja yang terdaftar.

Situs asal negeri Malaysia ini berkembang sebagai fasilitator pencocokan dan komunikasi lapangan kerja antara pencari kerja dan perusahaan, di Malaysia, Filipina, Singapura, Indonesia dan Vietnam.

Jobstreet memberikan akses bagi penggunanya untuk memantau proses lamaran mulai dari sudah diterima, panggilan wawancara, hingga proses lanjutan lainnya.

Pencari kerja hanya perlu mendaftar dan masuk ke dalam situs untuk memperbarui profil diri, guna menarik atensi dari perusahaan yang dituju.

Jika beruntung, pelamar akan dihubungi langsung oleh manajemen perusahaan melalui email atau nomor telepon pelamar yang telah dicantumkan dalam informasi diri. Perusahaan bisa memanggil wawancara melalui Jobstreet atau menghubungi kontak pribadi secara langsung.

Dengan fitur yang lengkap dan memiliki banyak pengguna ini menjadikan Jobstreet menjadi situs penyedia informasi pekerjaan yang terpercaya dan user-friendly.

LinkedIn

melamar kerja di Linkedin

Kelebihan LinkedIn dibanding situs pencari kerja lainnya adalah layaknya media sosial yang dikemas dalam wajah profesional. Ini memudahkan para perekrut untuk memantau koneksi atau jaringan profesional si pelamar.

Selain itu, terdapat pula fitur rekomendasi yang bisa diisi kolega maupun orang lain mengenai keahlian pelamar. Fitur ini tentu dapat menjadikan nilai tambah dan membangun kepercayaan perusahaan.

Kelebihan lainnya, pelamar kerja juga bisa memantau perkembangan perusahaan incarannya melalui LinkedIn. Ini ibarat platform menguntungkan bagi kedua belah pihak--baik pelamar dan perekrut.

Glints

cari kerja di Glints

Tampilan dan branding platform-nya disajikan sangat milenial. Selain lowongan pekerjaan, Glints juga menyediakan informasi lowongan magang.

Glints juga memiliki fitur penyedia jasa konsultasi dan rekomendasi pengembangan karir melalui live chat, serta dilengkapi layanan untuk menjelajahi bidang karir lain dan pelatihan keahlian khusus melalui expert class.

Bagi para pelamar kerja yang masih meragukan kemampuannya, mereka dapat mengikuti beberapa pelatihan yang diinisiasi oleh Glints. Selain itu, terdapat empat kategori pekerjaan yang memudahkan pencari yakni, kerja secara remote, freelance, part-time, dan full-time.

Kalibrr

cari kerja di kalibrr

Kalibrr kerap digunakan sebagai pihak ketiga pendaftaran di startup ternama seperti Gojek, Shopee, dan Tokopedia. Setidaknya lebih dari 500 perusahaan sudah bergabung untuk memasang informasi lowongan pekerjaan serta 4.000 lebih lowongan pekerjaan yang tersedia.

Nilai tersebut tentu saja dapat menarik atensi tambahan bagi perusahaan pemasang informasi lowongan pekerjaan untuk merekrut pelamar dengan cepat.

Nah, biar proses mencari kerja lebih bebas worry, pastikan koneksi internet tidak terputus selama berselancar di situs pencarian kerja! Gunakan Smartfren Unlimited Nonstop sebagai solusinya.

smartfren unlimited nonstop

Dengan menggunakan Smartfren Unlimited Nonstop, kalian bisa dapatkan kuota 24 jam dapat kuota  6 GB plus bonus kuota lokal. Ditambah Unlimited Aplikasi Pilihan selama 30 hari, cuma Rp 30 ribu. 

Dengan unlimited aplikasi pilihan, kalian tetap bisa chatting, pesan makanan di ojek online, atau belanja di e-commerce dan anti potong pulsa meskipun kuota utama telah habis. Menarik kan?

Kalian bisa mendapatkan paket lengkap Smartfren #UnlimitedNonstop melalui gerai terdekat, Galeri Smartfren, Smartfren Official Store di e-commerce, aplikasi MySmartfren, atau tekan *123# di Hp kalian.

Kalian juga berkesempatan memenangkan hadiah total miliaran rupiah. Caranya sangat gampang, download aplikasi MySmartfren dan perbanyak transaksi agar dapat kesempatan besar menangkan hadiah total miliaran rupiah.

Jangan lupa follow Instagram @smartfrenworld dan subscribe YouTube Smartfren buat lihat tips-tips yang bikin internetan jadi #UnlimitedBebasWorry seharian!

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1147 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.