Diperbaharui pada Rabu, 29 April 2020 | 14:41

DJI Mavic Air 2, Drone 48MP Plus Video Hyperlapse 8K

dji mavic air 2

Produsen drone dan aksesoris hp ternama DJI baru-baru ini menghadirkan perangkat drone terbarunya yang bernama DJI Mavic Air 2. Suksesor DJI Mavic Air ini hadir dengan peningkatan dari berbagai sisi mulai dari fitur fotografi, keamanan serta penerbangan yang lebih berkualitas.

Fitur unggulan yang hadir pada Mavic Air 2 adalah kemampuan untuk menghasilkan video dengan mode hyperlapse pada resolusi 8K. Pengguna dapat memilih empat mode terbang termasuk mode bebas bergerak, mode lingkaran, CourseLock dan WayPoints.

Kamera DJI Mavic Air 2

kamera dji mavic air 2

Kita mulai dari fitur fotografi, Mavic Air 2 dibekali dengan sensor Sony IMX586 1/2" dengan resolusi 48MP yang dapat mengambil gambar dengan resolusi 12MP menggunakan pixel-binning ataupun resolusi penuh 48MP. 

Lensa yang tertanam sudah ditingkatkan fiturnya dengan dibekali SmartPhoto yang memungkinkan pengguna untuk dapat menganalisis secara lebih tepat serta mempelajari lebih dalam hingga mampu secara otomatis memilih mode yang dibutuhkan seperti HDR, Hyperlight dan Starting with the imaging.

Mavic Air 2 menggunakan kamera 1/2" 48MP dengan sensor Sony IMX586 yang mampu menghasilkan gambar berkualitas 12MP, serta full resolusi gambar pada titik 48MP. Pada mode HDR, kamera yang tertanam pada drone dapat menghasilkan tujuh foto dengan variasi exposure yang beragam dan mengkombinasikannya menjadi satu hasil foto saja.

Hyperlight lebih mirip dengan fitur mode malam dimana beberapa hasil foto yang dihasilkan digabung menjadi satu untuk menghasilkan foto dengan meminimalisir noise yang ada.

Sementara untuk fitur pengenalan objek (scene recognition) dapat mendeteksi beragam kondisi objek mulai dari sunset, langit biru, rumput, salju dan tanaman untuk secara otomatis dapat meningkatkan parameter dalam pengambilan gambar berkualitas tinggi. 

Untuk kemampuan perekaman video, Mavic Air 2 kini sudah dibekali dengan kemampuan merekam video dengan resolusi 4K apda kecepatan 60 frame perdetik dan 120Mbps. Secara umum, pengguna kini dapat merekam video dengan kecepatan 120 fps atau 240 fps pada resolusi 1080p dengan kecepatan 4x dan 8x slow-motion.

Tersedia pula opsi pengambilan video dengan mode HDR. Kemampuan perekaman video yang dihadirkan pada Mavic Air 2 kini sudah dibekali dengan fitur FocusTrack dimana pengguna dapat menentukan titik fokus yang dituju meskipun objek yang dituju dapat bergerak secara cepat.

Ada tiga mode yang dihadirkan yakni ActiveTrack 3.0, Point of Interest 3.0 dan Spotlight 2.0 dimana ketiga mode ini dapat memaksimalkan aktivitas pengambilan video untuk menghasilkan kualitas video beresolusi tinggi, minim noise, tajam dan jernih. 

Selain itu, pengguna juga mendapatkan pra-program manuver terbang yagn disebut sebagai QuickShot yang menggunakan 3-axis mechanical gimbal dan electronic image stabilization (EIS). Pengguna juga dapat memilih mode roket, lingkaran, dronie, Helix, Boomerang ataupun asteroid.

Fitur DJI Mavic Air 2

kontrol dji mavic air 2

Fitur lain yang juga ditingkatkan akan performa terbang dari drone ini. Dibekali dengan mesin terbaru, kontrol kecepatan elektrik dan peningkatan baterai serta aerodinamis yang memungkinkan drone ini dapat terbang hingga 34 menit dalam satu kali pengisian daya. 

Untuk memaksimalkan penggunaannya, DJI telah meningkatkan fitur teknologi transmisi OcuSync 2.0 yang bisa meningkatkan stabilitas pada ketinggian 10KM tanpa adanya hambatan. OcuSync 2.0 sendiri bekerja pada frekuensi 2.0GHz atau 5.8Ghz untuk memberikan kemudahan berganti mode saat terjadi hambatan saat melakukan penerbangan. 

Fitur keamanan juga menjadi prioritas utama pada DJI Mavic Air 2, dimana DJI telah membenamkan sensor pada bagian depan maupun belakang untuk memberikan peringatan saat objek yang dituju terlalu dekat dan secara otomatis akan menghentikan drone untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Mavic Air 2 juga sudah dibekali dengan fitur GEO geofencing untuk menjauhi drone dari area terlarang seperti bandara ataupun lokasi terlarang lainnya. Hadir pula fitur Advance Pilot Assistance System (APAS) 3.0 yang mengkreasikan objek lokasi yang dituju dengan menggunakan 3D mapping.

APAS 3.0 membantu dalam proses transisi dan pergerakan objek yang lebih kompleks. Tersedia pula fitur AirSense dimana fitur ini dapat memberikan peringatan kepada pengguna untuk menghindari pesawat ataupun helikopter dan menampilkan lokasi drone pada layar kontrol.

Harga DJI Mavic Air 2

Jika pesawat yang lewat terlalu dekat maka AirSense memberikan informasi melalui pesan, nada dan getaran. DJI Mavic air 2 kini sudah tersedia secara global dengan harga paket standar yang terdiri dari drone, satu baterai, remot kontrol dan kabel dengan harga $799 (Rp12 jutaan).

Sedangkat untuk paket lengkap dimana ditambahkan dengan tas, filter ND, charging hub dan 3 baterai dijual dengan harga $988 atau setara dengan Rp15 jutaan.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1612 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.