Diperbaharui pada Rabu, 25 Maret 2020 | 11:17

Redmi K30 Pro dan K30 Pro Zoom Hadir, Cuma Beda di Kamera

Redmi K30 Pro dan K30 Pro Zoom
Setelah rangkaian rumor yang terungkap beberapa waktu yang lalu, Xiaomi akhirnya meresmikan kehadiran hp terbaru mereka di 2020. Tak hanya satu, mereka langsung meresmikan dua hp terbaru Xiaomi andalannya yang memiliki tampilan desain yang fitur hampir serupa, yaitu Redmi K30 Pro dan Redmi K30 Pro Zoom. 

Baik Redmi K30 Pro maupun Redmi K30 Pro Zoom memilki fitur dan spesifikasi yang nyaris sama begitu pula dengan tampilan desain yang ditanamkan. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya yakni Redmi K30 dan Redmi K30 5G, tampilan desain yang tertanam pada Redmi K30 Pro maupun Redmi K30 Pro Zoom memiliki desain yang lebih revolusioner dengan perubahan yang sangat signifikan terutama di bagian belakang.  

Perbedaan mencolok hanya terletak pada fitur fotografi yang ditanamkan. Apa saja yang dihadirkan pada kedua hp terbaru Xiaomi tersebut? Berikut ulasan lengkapnya. 

Spesifikasi dan Harga Redmi K30 Pro

Spesifikasi dan Harga Redmi K30 ProMaterial body yang tertanam pada perangkat ini terbuat dari kaca baik pada bagian depan maupun bagian belakang yang tertanam. Kaca yang tertanam sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5. Tak hanya itu, Redmi K30 Pro juga menyematkan bingkai yang terbuat dari material alumunium yang membuatnya tampil kokoh.

Hp yang hadir dengan dimensi body 163.3 x 75.4 x 8.9 mm dan bobot 218 gram ini memiliki panel layar berukuran 6,67 inci dengan rasio layar ke body mencapai 87,2%. Hal ini dikarenakan, perangkat ini tidak dibekali dengan poni pada perangkatnya. Sebagai gantinya, perangkat ini dibekali dengan kamera pop-up yang menempatkan kamer depan di dalamnya. 

Layar yang tertanam ini memiliki resolusi 1080x2400 piksel dengan rasio layar 20:9. Tak hanya itu layar yang tertanam memiliki kerapatan mencapai 395 ppi. Untuk memaksimalkan kualitas layar yang tertanam, Xiaomi membekalinya dengan fitur HDR10+ dan DCI-P3 100% dengan tingkat pencahayaan mencapai 500 nits. 

Untuk kinerjanya, hp ini sudah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 865 yang dilengkapi dengan modem X55 untuk dapat mengakses jaringan 5G. Tak hanya itu, Xiaomi membekali perangkat ini dengan varian RAM dan ROM yang berbeda yakni RAM 6GB/128GB dan RAM 8GB/256GB. Sementara itu, untuk menopang aktivitasnya sehari-hari, perangkat ini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 4700 mAh yang dikombinasikan dengan fitur pengisian baterai cepat 33W. 

Berbekal teknologi layar berkualitas tinggi serta dukungan chipset yang mumpuni, perangkat ini juga dibekali dengan fasilitas fotografi yang mempesona. Dibekali dengan desain circular untuk menempatkan empat lensa kamera di dalamnya.

Untuk kamera utama yang tertanam pada Redmi K30 Pro terdiri dari konfigurasi kamera utama 64 MP dengan lensa Sony IMX686 yang sudah dibekali dengan optical image stabilization (OIS). Selain itu perangkat ini juga ditambahkan dengan kamera beresolusi 13 MP (ultra-wide), 5 MP untuk foto makro dan 2 MP untuk foto bokeh. 

Tersedia dengan pilihan warna abu-abu, ungu, putih dan biru, harga Redmi K30 Pro RAM 6GB dan ROM 128GB dipatok US$245 atau sekitar Rp 4 juta. Lalu untuk versi RAM 8GB dan ROM 128GB dibanderol US$480 (sekitar Rp 7,7 jutaan). Sementara untuk versi tertingginya dengan dukungan RAM 8GB dan ROM 256GB dijual dengan harga US$520 (Rp 8,4 jutaan). 

Spesifikasi dan Harga Redmi K30 Pro Zoom

Spesifikasi dan Harga Redmi K30 Pro ZoomSementara itu, untuk spesifikasi Redmi K30 Pro Zoom nyaris sama dengan Redmi K30 Pro. Hanya saja ada sedikit perbedaan di sektor kameranya. Untuk kamera utama, kedua dan keempat memiliki resolusi dan fitur yang sama. Perbedaannya terletak pada kamera ketiga yang ditanamkan, dimana pada kamera ketiga yang tertanam pada Redmi K30 Pro Zoom memiliki resolusi 8 MP dengan kemampuan tele shooter yang dipadankan dengan OS dan kemampuan 3x optical zoom dan 30x hybrid zoom. 

Namun kedua kamera utama pada kedua hp ini sama-sama dibekali dengan kemampuan merekam video beresolusi 8K. Untuk aktivitas selfienya, baik Redmi K30 Pro dan Redmi K30 Pro Zoom sudah dibekali dengan pop-up kamera beresolusi 20 MP yang ditambahkan dengan fitur HDR dan kemampuan merekam video FHD. 

Fitur menarik lainnya yang juga tertanam pada perangkat ini antara lain dukungan sensor sidik jari di bawah layar, haptic vibration motor, WiFi generasi ke-enam, NFC, infrared, Bluetooth 5.1 dan lain-lain. 

Harga Redmi K30 Pro Zoom versi RAM 6GB dan ROM 128GB dijual US$535 (sekitar Rp 8,6 jutaan) dan untuk versi RAM 8GB dan ROM 256GB dipatok dengan harga US$565 (sekitar Rp 9,1 jutaan). 

Kedua hp terbaru Xiaomi ini akan tersedia secara pre-order mulai tanggal 4 April 2020 mendatang di China. Untuk ketersediaan di pasar global sayangnya masih belum diketahui kapan akan mulai diedarkan. 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.