Diperbaharui pada Rabu, 17 Mei 2017 | 11:21

Pasti Kepingin Beli Kalo Liat 7 Kamera DSLR Unik dengan Konsep Futuristik Ini!

Membayangkan perkembangan teknologi yang semakin cepat tentu akan membawa kita kepada pertanyaan: seperti apakah dunia di masa yang akan datang? Kamera digital yang ada sekarang saja sudah sangat canggih dengan kemampuannya menghasilkan gambar yang benar-benar persis dengan aslinya. Lantas akan jadi seperti apa kamera di masa depan?

Rupanya kamera masa depan sedikit banyak sudah bisa kita bayangkan dengan adanya kamera-kamera DSLR yang memiliki konsep futuristik. Kamera semacam ini tak hanya bentuknya yang unik dan anti-mainstream tetapi juga memiliki fitur yang tak akan dimiliki oleh kebanyakan kamera masa kini. Mari kita simak ketujuh kamera diantaranya.

Droplet Digital Camera


Image via trendhunter.com

Satu hal yang paling futuristik dari kamera yang satu ini ialah bentuknya yang tanpa sudut alias curved. Sangat berbeda dengan kamera kebanyakan yang berbentuk kotak atau setidaknya penuh sudut. Dengan kemampuan tersebut, kamera ini dapat memotret gambar dari segala sudut secara mudah dan nyaman.

Kamera buatan Nikola Mraovic dan luka Bogdanovic ini juga dilengkapi dengan layar tipis yang akan keluar dari bagian atas kamera tersebut. Penggunaannya pun terbilang sangat ergonomis karena hanya dapat dipegang dengan 2 jari saja. Uniknya lagi kamera ini hadir dengan dua sisi. Sehingga ia tak hanya bisa digunakan untuk memotret pemandangan di depan kita, tetapi juga dapat digunakan untuk ber-selfie ria bersama sahabat.

Canon Snap

Image via munscher.com

Canon memang tak ada habisnya dalam memproduksi kamera sejak dulu, kini, bahkan hingga masa depan nanti. Salah satu kamera berkonsep masa depan yang ia produksi beranam Canon Snap. Kamera ini dapat digunakan hanya dengan melingkarkannya di satu jari saja. Tombolnya pun hanya satu untuk memotret gambar. Sederhana namun futuristik.

Meskipun ukurannya yang kecil, hal itu tak lantas membuat kualitas fotonya dapat diragukan. Layaknya kamera Canon pada umumnya, Canon Snap juga mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi meskipun dengan ukuran lensa yang lebih kecil. Kamera besutan David Muncher ini juga memiliki kemampuan stabilisasi gambar yang mumpuni dan dibanderol di pasaran dengan harga $50.

Canon ME20F-SH

Image via techionix.com

Canon ME20F-SH merupakan kamera multifungsi dengan konsep berbentuk kubus. Keunikan dari kamera ini ialah dapat mengambil foto dengan kualitas tinggi pada kondisi gelap. Bahkan kamera ini sudah diklaim mampu menangkap video berwarna dengan kualitas full HD (1080p) pada kondisi yang sangat minim cahaya.

Kamera yang memiliki kemampuan untuk mencapai nilai ISO hingga 4.000.000 ini dapat tersambung dengan berbagai peralatan secara langsung. Mulai dari kabel HDMI, kabel DC, hingga kabel GENLOCK dan kabel microphone. Kamera berukuran kecil ini juga dapat mengambil gambar dengan resolusi 5.5x lebih besar daripada kamera DSLR tercanggih. Tertarik sobat Pricebook?

Periscope Shaped DSLR Camera

Image via blokeish.com

Semasa sekolah kita diajarkan kalau periskop merupakan alat optik yang digunakan untuk melihat keadaan di atas permukaan laut dari dalam kapal selam. Adapun kini periskop sudah dapat digunakan untuk memotret gambar. Pasalnya Yaniv Berg telah berhasil menciptakan kamera DSLR dengan bentuk yang sangat mirip dengan periskop.

Kamera berbentuk periskop ini memang bukan didesain untuk memotret seorang model atau orang-orang penting. Akan tetapi ia dirancang untuk menghasilkan sensasi fotografi yang belum pernah terbanyangkan sebelumnya. Meskipun begitu, kemampuannya memutar 180 derajat tentu dapat menjadi keunggulan tersendiri bagi para fotografer profesional.

Lytro Custom Light-Field Camera

Image via cheatsheet.com

Sebelum memotret, pasti kita harus mengatur fokus lensanya terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil foto yang kita inginkan. Pengalaman ini akan segera menjadi kenangan dengan adanya kamera canggih bernama Lytro Custom Light-Field Camera. Dengan kamera ini Anda bisa mengatur fokusnya setelah memotret lewat fitur editor yang tersedia langsung di kamera tersebut.

Kemampuan semacam ini terjadi berkat fitur penangkapan seluruh arah gelombang cahaya yang masuk ke lensa kamera. Kamera DSLR biasa tidak akan bisa melakukan hal ini secara otomatis sehingga fokusnya harus diatur sedemikian rupa sebelum memotret. Kalau sudah begini, fotografer amatir juga bisa menghasilkan foto yang luar biasa ya!

The Stampy

Image via Yanko

Pernah membayangkan hasil fotomu dijadikan stampel yang bisa langsung digunakan? Kini tanpa perlu membayangkan Anda bahkan bisa mempraktekkannya secara langsung. Sebab telah hadir kamera The Stampy yang mampu mengubah hasil foto digital menjadi cetakan stempel yang bisa langsung digunakan setelah diberikan tinta pewarna.

Kamera ini merupakan buah karya dari Jinhee Kim. Jinhee kala itu berpikir bagaimana mencetak stempel dari foto secara langsung dari kamera itu sendiri. Kalau ditanya fungisnya untuk apa, tentu jawabannya sangat sederhana: Just for fun!

Luna

Image via 360camreview.com

Di masa depan mengabadikan momen mungkin tak sebatas gambar dari satu arah saja. Bisa jadi sebuah momen diabadikan secara benar-benar real dengan kamera 360 derajat. Ketika kita melihat hasil fotonya nanti seakan-akan kita dibawa kembali ke momen foto tersebut dibuat. Seluruh kenangan yang ada jadi tak akan hilang dengan mudah bukan?

Inilah yang dihadirkan oleh Luna. Kamera yang memiliki dua lensa bundar ini dapat mengambil gambar dari segala sisi dan dapat memutar otomatis untuk menghasilkan foto 360 derajat. Ia bahkan juga sudah bisa menghasilkan video 360 derajat. Dilengkapi kemampuan transfer data via Wi-Fi, Luna menghadirkan masa depan kedalam bentuk yang benar-benar nyata dan mengesankan.

Itulah ketujuh kamera masa depan yang telah dirangkum oleh Pricebook. Di Indonesia, pemilik kamera-kamera tersebut belum begitu banyak. Sebagai pecinta dunia fotografi, adakah Anda tertarik untuk memiliki satu diantaranya?

Baca juga artikel:
7 Desain dan Fungsi Mesin Cuci Futuristik Ini Keren Abis, Ada yang Buat Traveler Lagi!
7 Hape Konsep Masa Depan Ini Beneran Keren Kalau Bisa Dibeli!
Hape Kodak Ektra, Memadukan Konsep Kamera dan Mobile
Like us!
Arief Ardiansyah

Contributor

19 Posts