Diperbaharui pada Selasa, 3 Januari 2017 | 13:47

Dahsyat! Suzuki Siapkan Motor Sport Bermesin Turbo

Suzuki berencana meluncurkan motor sport Recursion dengan teknologi turbocharger di Eropa pada tahun ini. Suzuki akan menggunakan mesin berkapasitas 588 cc twin pararel turbocharger yang mampu menghasilkan 140 daya kuda dan torsi 64 Nm.

Suzuki mengklaim mesin motor sportnya memiliki blok mesin yang ramping dan penggunaan teknologi turbocharger membuat konsumsi bahan bakarnya lebih irit 50 persen.

Suzuki Recursion menawarkan sebuah intercooler yang terletak di bawah subframe. Uniknya, saluran intake ke throttle body terhubung langsung dengan intercooler. Ada juga serangkaian paten mesin berukuran besar dan V-twin baru dari pabrikan di Hamamatsu.

Sebenarnya, masih ada motor paling bertenaga selain motor Suzuki Recursion yaitu Kawasaki H2 atau H2R. Bukan apa-apa, Kawasaki H2 mengusung mesin 998 cc supercharger yang menyemburkan tenaga 310 daya kuda.

Sudah tentu, motor sport Kawasaki H2 sangat boros bensin karena kapasitas mesinnya yang besar. Tentunya, harga motor Suzuki yang bertipe cafe racer itu akan jauh lebih murah dari ketimbang H2 ataupun H2R seperti dikutip Indiana Autos Blog.

Selain Suzuki dan Kawasaki, belum ada lagi pabrikan sepeda motor yang menggunakan teknologi turbocharger. Rata-rata sepeda motor sport yang ada saat ini masih mengandalkan teknologi mesin berbasis naturally aspirated.

Toshihiro Suzuki (Presiden Suzuki) mengatakan, "Suzuki telah memegang nama dagang Recursion untuk sepeda motor yang lengkap dengan turbocharger sejak 2 September lalu dan sudah mendaftarkan paten turbocharger-nya Maret lalu."

Suzuki Recursion adalah konsep neo cafe racer konsep yang pernah hadir di Tokyo Motor Show 2013. Suzuki Recursion menawarkan desain swingarm single sided, garpu upside down, cakram bergelombang, dan rangka karbon monokok.

Suzuki GSX-R 150

Di Indonesia, Suzuki masih mengandalkan motor sport GSX-R 150. Suzuki pun akan merakit motor sport GSX-R 150 di Pabrik Suzuki Tambun 1, Bekasi, Jawa Barat. Suzuki pertama kali meluncurkan GSX-R 150 dalam ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 pada November lalu.

Pabrik Suzuki Tambun 1 akan menjadi mother plant untuk produksi GSX-R 150 karena memiliki teknologi mutakhir dan fasilitas produksi yang mumpuni dalam menghasilkan berbagai produk sepeda motor Suzuki dengan kualitas terbaik.

"Dengan GSX-R 150, kami yakin dapat memberikan produk unggulan dengan kualitas terbaik di Indonesia. GSX-R 150 dapat menjadi trendsetter baru dengan fitur-fitur canggihnya," kata Dept. Head Marketing & Sales 2W, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) Yohan Yahya dalam siaran pers, Senin.

Suzuki GSX-R 150 menawarkan fitur Key-less Ignition System, LED Headlight, LCD Speedometer, dan Easy Start System yang memudahkan pengendara dalam menghidupkan motor. Model itu menjadi bukti keberanian Suzuki di Indonesia untuk masuk ke segmen sport. Suzuki menghadirkan GSX-R 150 dengan desain fairing dan GSX-S 150 naked.

Motor Sport GSX-R 150 mengusung mesin 147,3 cc DOHC berpendingin cair yang menghasilkan tenaga 18,9 tk dan torsi 14 Nm serta transmisi 6 percepatan. Secara dimensi, motor sport itu memiliki panjang 1.975 mm, lebar 670 mm, tinggi 1.070 mm serta bobotnya jauh lebih enteng dengan 126 kg.

Mesin motor sport itu juga sudah mengadopsi sistem pembakaran Fuel Injection yang menjamin pembakaran berjalan sempurna dan mengoptimalkan kinerja mesin serta meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar.

Suzuki GSX R150 hadir dengan 5 pilihan warna yaitu Matt Black, Briliant White, Stronger red, Titan Black dan warna andalan mereka yakni Metallic Triton Blue yang
menggingatkan kita pada edisi Suzuki GSX moto GP.

Baca juga artikel:
Suzuki Resmi Luncurkan All-New Suzuki Swift 2017 di Jepang, Indonesia?
Suzuki Produksi Massal Motor Sport GSX 150 di Indonesia
Harga Motor Matik Suzuki dan Spesifikasinya di Akhir Tahun

 

Like us!
Adam Rizal

Contributor

108 Posts