Diperbaharui pada Selasa, 17 November 2020 | 14:52

Samsung Luncurkan Smart Monitor, Bisa Buat PC, Bisa Jadi Smart TV

Samsung Smart Monitor M5 dan M7Foto: Samsung

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Samsung, baru saja melakukan peluncuran global dua Smart Monitor barunya, M5 dan M7, yang memiliki dua fungsi sebagai monitor komputer desktop, sekaligus bisa jadi smart TV.

Smart monitor ini membawa rangkaian fitur yang belum pernah ada sebelumnya, untuk mendukung aktivitas kerja, belajar, dan hiburan.

Tahun ini Samsung memang sedang fokus mempersiapkan inovasi baru pada produk monitor besutannya, dengan menggabungkan konektivitas seluler dan PC yang kuat, fitur kantor dan fitur belajar jarak jauh serta Smart Hub. 

Kedua Smart Monitor ini dibekali fitur-fitur layaknya smart TV, seperti menjalankan perangkat lunak Samsung Tizen OS dan bisa terhubung jaringan Wi-Fi, dengan kualitas HDR10 dan dilengkapi dengan aplikasi seperti Hulu, Netflix, Apple TV, YouTube, dll.

Meskipun kedua Smart Monitor ini memiliki banyak persamaan, tapi tetap ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan dari keduanya.

Samsung Smart Monitor M5

Samsung Smart Monitor M5 dan M7Foto: Samsung

Samsung Smart Monitor M5 tersedia dalam dua pilihanpanel layar Full HD berukuran 27 inci dan 32 inci, dengan aspek ratio 16:9 dan desain yang ringkas. Dilihat dari segi desain, Samsung M5 dilengkapi dengan USB-C, dua port HDMI 2.0, dan dua port USB-A 2.0.

Samsung M5 juga menawarkan speaker 5W bawaan, termasuk remote control dengan dukungan asisten suara untuk Bixby 2.0, Alexa, dan Asisten Google, serta AirPlay 2 yang disa ditransmisi kan dengan perangkat Apple.

Tentunya, kemampuan Smart Monitor Samsung M5 ini sangat mirip dengan smart TV. Ditambah lagi, Monitor ini juga bisa dipasang dengan cara ditempel pada dinding. Ini sangat cocok bagi pengguna yang ingin menghemat ruang.

Samsung Smart Monitor M7 

Samsung Smart Monitor M5 dan M7Foto: Samsung

Samsung Smart Monitor M7 hadir dengan membawakan beberapa spesifikasi yang lebih unggul dibandingkan M5. Salah satu keunggulan yang paling menonjol adalah kualitas layar panelnya. Jika pada M5 hanya menawarkan layar Full HD, M7 hadir dengan panel 32 inci dengan resolusi 4K.

Perbedaan lain adalah konektivitas. Samsung M7 memiliki konektivitas yang lebih lengkap, seperti port USB-C yang bisa bisa menghubungkan laptop atau Desktop PC ke monitor ini. 

Port USB-C tersebut mendukung DisplayPort, data transfer dan daya hingga 65W. Selain USB-C tersedia juga dua port HDMI dan tiga port USB-A 2.0.

Untuk fiturnya, Monitor ini juga sama dengan Samsung M5. Dibekali dengan speaker 5W bawaan, remote control, dukungan asisten suara, dan juga bisa dipasang di dinding.

Harga dan Ketersediaan

Samsung Smart Monitor akan tersedia mulai 16 November 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Cina. Setelah itu, Samsung berencana untuk memperluas pasar mulai akhir November. Sayangnya, Samsung belum mengkonfirmasi terkait harga yang ditawarkan.

Like us!
Syahya Rembulan

Contributor

149 Posts