Diperbaharui pada Rabu, 30 September 2020 | 14:47

Wow! BMW 4 Series Convertible 2021, Paling Murah 800 Jutaan!

bmw series 4 convertibleFoto: BMW

BMW meluncurkan mobil convertible 4 Series terbaru untuk tahun 2021. Seri 4 ini menawarkan model baru yaitu BMW M440i dan BMW 430i. Berbeda dari generasi sebelumnya yang hanya memiliki 2 pintu, kali ini BMW memberikan 4 pintu. Keduanya membawakan banyak sekali perubahan mulai dari desain, performa, mesin, dan masih banyak lagi.

Spesifikasi BMW 4 Series Convertible

Salah satu perubahan yang paling menonjol adalah desain eksteriornya. BMW 4 Series Convertible 2021 menggantikan bagian atas mobil dari hard top menjadi bahan kain, atau soft top. Selain itu, mobil baru ini juga dinyatakan memiliki ukuran lebih besar dari generasi sebelumnya. 

Desain Eksterior

bmw series 4 convertibleFoto: BMW

BMW 4 Series Convertible 2021 hadir dengan ukuran yang lebih besar dan lebih ceper dari generasi sebelumnya, dan memiliki 4 tempat duduk. Pada bagian atapnya, BMW beralih dari hard top ke soft top. 

Soft top multilayer yang digunakan pada BMW 4 Series Convertible diklaim 40% lebih ringan dari hard top pada generasi sebelumnya, dan atap ini dapat dibuka atau ditutup secara elektrik dalam waktu 18 detik, bahkan pada kecepatan 31 mph.

Sekilas, mobil ini memiliki desain yang mirip dengan series BME Coupe. Hal ini dikarenakan, bagian depan mobil memiliki grill bucktoothed raksasa mirip seperti desain seperti BMW 4 Series Coupe. Perubahan desain pada grillnya, membuat mobil ini tidak seperti mobil BMW pada umumnya.

Lampu depannya memiliki garis LED segi enam dan tersedia opsi lampu laser. Bagian sampingnya, terdapat garis yang lebih bersih dan sederhana dibanding BMW 4 Series sebelumnya. Desain lampu belakang lebih melengkung, dan pada bagian belakangnya dilengkapi knalpot ganda dengan bingkai chrome, yang membuat mobil ini terlihat sangat mewah.

Desain Interior

bmw series 4 convertibleFoto: BMW

Beralih ke desain bagian dalamnya. Tampilan dalam BMW 4 Series Convertible masih sama dengan tampilan ala mobil BMW pada umumnya. Tidak ada perubahan yang sangat signifikan. Hanya saja, BMW menambahkan ruang bagasi sebesar 1,2 inci menjadi 9,0 inci, sedangkan bagian belakang terlihat lebih ramping dari sebelumnya.

BMW juga menawarkan upgrade suspensi adaptif BMW M termasuk setelan ulang untuk setir, damping, dan respon gas yang lebih agresif di mode Sport yang membuat mobil ini lebih nyaman untuk digunakan.

Fitur Baru

bmw series 4 convertibleFoto: BMW

BMW 4-Series menjadi mobil BMW pertama yang menawarkan fitur Android Auto. Fitur ini berfungsi untuk menghubungkan hp Android ke head unit mobil, sehingga ppengemudi dapat menikmati fitur Android seperti waze, Youtube, musik, saat berkendara.

M440i hadir dengan fitur bawaan suspensi M Sport, rem M Sport, dan kemudi Variable Sport. Sedangkan pada model 430i, fitur tersebut merupakan opsional yang dapat ditambahkan. Selain itu, kedua model ini juga dilengkapi dengan opsi Suspensi Adaptif M dan Paket Penanganan Dinamis.

Mesin

bmw series 4 convertibleFoto: BMW

Kedua model seri 4 Convertible ini hadir dengan banyak pilihan mesin bensin dan diesel. Motor entry-level adalah B46 2.0-liter, dengan tenaga 255 tenaga kuda dan torsi 295 lb-ft. Di atas itu, ada M440i dengan B58 3.0 liter straight-six, dengan tenaga 382 tenaga kuda dan torsi 369 lb-ft. Kedua powertrains dapat ditentukan dengan penggerak roda belakang atau all-wheel.

BMW M440i menggunakan mesin 3000cc 6 silinder turbo dengan sistem mild hybrid 48V, yang merupakan sistem baru untuk 4 Series. Total tenaga 382 hp dan torsinya 500 Nm. Saat dipadu dengan transmisi 8 percepatan, maka mobil ini mampu melaju dari kecepatan 0 hingga 100, hanya dalam waktu 4,3 detik saja.

Sedangkan, BMW 430i hadir dengan pilihan mesin 2000cc turbo bertenaga 255 hp dan torsi 399 Nm, namun tidak memiliki teknologi mild hybrid. Untuk versi RWD 0-100-nya cukup 5,5 detik sementara untuk AWD 5,3 detik. Meski punya tulang punggung yang mirip dengan BMW 3-Series G20, 4-Series mendapat setelan berbeda untuk suspensi baru, rigiditas ekstra dan dimensi mobil yang berbeda.

Harga BMW 4 Series Convertible 2021

Harga mobil ini dibanderol mulai dari $ 54.095 atau sekitar Rp 800 jutaan untuk BMW 4 Series Convertible 430i dan $ 66.995 atau sekitar Rp 1 miliyar untuk BMW 4 Series Convertible M440i. 

Kabarnya, BMW 4 Series Convertible akan mulai dijual pada awal tahun 2021, dan akan langsung bersaing dengan Audi A5 dan Mercedes-Benz C-class dan E-class Convertible di pasaran.

Like us!
Syahya Rembulan

Contributor

148 Posts