Diperbaharui Pada Kamis, 24 Sep 2020 | 15:12

vivo Watch, Smartwatch vivo Pertama Cuma 2 Jutaan!

Foto : vivo

Setelah memproduksi berbagai model hp dengan range harga kelas menengah yang cukup populer, kini vivo meluncurkan produk smartwatch pertamanya di pasar Tiongkok. Tidak seperti produk smartwatch lain yang memiliki nama unik, perusahaan asal Tiongkok ini hanya memberikan nama vivo Watch untuk jam tangan pintar pertamanya.  

vivo Watch hadir dengan dial bulat dan dua pilihan ukuran, 42mm dan 46mm. Meskipun jam tangan pintar ini adalah keluaran pertamanya, namun vivo memberikan spesifikasi dan fitur mumpuni, yang membuatnya mampu bersaing dengan para vendor smartwatch saat ini. 

Spesifikasi vivo Watch

vivo Watch didukung oleh prosesor miniatur kontrol utama ST, dengan koprosesor daya ultra-rendah Apollo. Smartwatch ini dibekali dengan RAM 2 GB dan memiliki Bluetooth 5.0 untuk konektivitas, bersamaan dengan GPS, Glonass, Galileo, dan Beidou.

Untuk kapasitas baterai, keduanya memiliki kapasitas daya yang berbeda. Pada varian 42mm didukung dengan baterai berkapasitas 226 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 9 hari, sedangkan varian 46mm didukung baterai 478 mAh yang menawarkan daya tahan baterai hingga 18 hari hanya dengan sekali pengisian daya.

Fitur vivo Watch

vivo watch 46mm

vivo Watch memiliki ketahanan air 5 ATM dan serangkaian sensor, termasuk monitor detak jantung optik 5-inti, sensor oksigen darah, akselerometer, giroskop, sensor tekanan udara dan ketinggian, sensor cahaya sekitar, dan sensor geomagnetik.

Kedua varian jam tangan pintar ini juga memiliki fitur kebugaran, seperti fitur pengenalan dan analisis olahraga yang cerdas. Fitur ini dapat memantau lari di luar ruangan, lari dalam ruangan, berjalan di luar ruangan, berenang, bersepeda di luar ruangan, bersepeda dalam ruangan, mendaki gunung, lari lintas alam, mesin elips, pelatihan gratis, dan pelatihan interval intensitas tinggi. 

Seperti halnya pada jam tangan pintar yang ada saat ini, vivo Watch juga memiliki fitur sleep tracking yang mampu memantau tidur para penggunanya dan memberikan pelatihan pernapasan. Menariknya lagi, jam tangan pintar milik vivo ini memiliki NFC, untuk akses kereta bawah tanah dan bus di 300 kota di seluruh negeri. 

Sebagai smartwatch, vivo Watch juga dapat melakukan fungsi-fungsi umum seperti mengatur alarm, menampilkan pemberitahuan, mengontrol musik, dan dilengkapi dengan asisten suara Jovi vivo yang bisa memberikan perintah pada jam tangan lewat suara.

Desain 

vivo watch 42mm

Varian vivo Watch 42mm menghadirkan layar AMOLED 1,19 inci dengan resolusi 390 x 390 piksel dan kerapatan 326ppi. Sedangkan, Varian 46mm memiliki layar AMOLED 1,39 inci yang sedikit lebih besar dengan resolusi 454 x 454 piksel dengan kerapatan piksel 326ppi. Keduanya dibuat dari baja tahan karat 316L dengan sentuhan bezel keramik.

Soal desain, kedua varian vivo Watch ini memiliki desain yang sedikit berbeda. Pada varian 42mm hadir dengan dua tombol bulat di sisi kanan dan varian 46mm memiliki dua tombol datar. Keduanya memiliki dua pilihan strap yaitu, fluoroelastomer atau tali karet fleksibel, dan juga strap leather atau tali kulit.

vivo Watch menawarkan 2 pilihan warna. Pada varian 42mm diantaranya, Mocha Brown dengan dial dan strap berwarna coklat, dan Secret Summer Orange dengan dial berwarna hitam, dan strap orange. Sedangkan, varian 46mm tersedia pilihan warna Shadow Black dengan dial dan strap berwarna hitam, dan warna coklat dengan dial berwarna silver, dan strap berwarna coklat.

Harga vivo Watch

vivo Watch dibanderol dengan harga mulai dari CNY 1.299, atau sekitar Rp 2,8 jutaan untuk varian 42mm serta varian 46mm. Jam tangan pintar pertama ini akan mulai dijual di pasar Tiongkok pada 29 September 2020, dan saat ini sudah dapat dipesan di toko online resmi vivo. 

Melihat dari harga dan fitur yang ditawarkan, nampaknya vivo Watch generasi pertama ini akan mampu bersaing dengan merk smartwatch lainnya, yang memiliki harga jauh lebih tinggi. Sayangnya, vivo belum mengumumkan tanggal rilis untuk pasar internasional.

Contributor

148 Posts