Diperbaharui Pada Senin, 20 Jul 2020 | 18:40

Kelebihan dan Kekurangan Aki Kering dan Basah


Aki atau accumulator merupakan salah satu perangkat yang ada pada setiap kendaraaan bermotor (mobil dan motor). Pada alat ini listrik disimpan sebagai cadangan dan digunakan untuk menyalakan berbagai komponen kelistrikan yang ada pada kendaraan bermotor. Misalnya lampu, sein, power starter, klakson dan mesin. Tidak sesederhana itu, fungsi aki sebenarnya masih banyak.

Aki sendiri memiliki jenis, yaitu aki kering dan aki basah. Yang pasti, keduanya memiliki perbedaan sesuai dengan kebutuhan dan penggunannya. Lalu apa perbedaan aki kering dan aki basah pada kendaraan? Sebelum mengetahui perbedaan aki kering dan basah pada mobil, mari kita simak penjelasan fungsi aki berikut ini :

Fungsi Aki


Fungsi aki pada kendaraan bermotor sederhananya seperti baterai yang digunakan sebagai sumber listrik. Berikut adalah fungsi aki antara lain:

  • Menghidpkan electric fuel pump ketika mesin dinyalakan pertama kali saat menyalakan power starter.
  • Memberikan arus induksi pada alternator mobil.
  • Memberikan arus pada panel-panel yang berisi informasi keadaan pada dashboard baik di sepeda motor maupun mobil.

Baik pada sepeda motor maupun mobil aki terdapat dua jenis, yaitu aki kering dan aki basah. Keduanya memiliki fungsi dan kegunaan yang sama. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan aki kering dan aki basah.

Perbedaan Aki Kering dan Basah pada Mobil

Aki Kering


Perbedaan aki kering mobil dan basah yang signifikan adalah media peredam selnya. Media yang digunakan yaitu berupa cairan yang padat dan berbentuk gel. Tidak memerlukan perawatan khusus (maintenance free/MF). Perawatan yang lebih sederhana pada aki kering membuatnya lebih praktis dibandingkan dengan aki basah. Untuk harga aki kering mobil dibanderol sekitar 900ribuan.

Aki kering tidak hanya digunakan pada mobil saja namun juga sudah digunakan pada sepeda motor. Harga aki kering motor dibanderol di kisaran 200-300ribuan. Harga aki kering motor dan mobil ini tergantung mereknya.

Fungsi aki kering yang sebagai baterai berarti bertugas untuk menyuplai dan memastikan arus listrik pada kendaraan tetap stabil. Oleh karena itu, untuk membuatnya tetap awet perlu perawatan yang tepat.

Berikut cara merawat aki kering mobil dan motor :

1. Memastikan bahwa kendaraan dipakai setiap hari. Jika tidak dipakai setiap hari, sebaiknya lakukan pemanasan dengan menyalakan mesinnya selama 5 menit. Hal ini untuk memastikan bahwa aliran arus pada aki tetap berjalan dengan normal.

2. Untuk menghindari sel-sel pada media gel tetap dalam keadaan baik, sebaiknya hindari jalan berlubang dan goncangan berlebihan saat berkendara.

3. Melakukan pengecekan kabel pada terminal aki dan memastikan bersih dan tertutup rapat. Hindari terjadinya kelembaban karena dapat memicu konsleting listrik.

4. Jika daya sudah melemah, segera lakukan pengisian ulang arus listrik dengan menggunakan alat khusus yang berdaya kecil dan stabil sebesar 0,5 A. Pengisian dapat dilakukan selama 5-6 jam tergantung besarnya aki.

Aki Basah

via tontio.com

Pada aki basah media yang digunakan untuk meredam sel-selnya yaitu berupa cairan encer layaknya air. Media yang berupa cairan ini mudah mengalami penguapan sehingga perlu dilakukan perawatan secara rutin untuk memastikan bahwa larutan tersebut tidak kering. Caranya yaitu mengisi ulang larutan ketika sudah mulai berkurang. Itulah perbedaan aki kering dan basah pada mobil dari pengisian media.

Untuk masalah harga, aki basah lebih murah dibandingkan dengan aki kering. Harga aki basah mobil dibanderol dikisaran 700ribuan. Sedangkan untuk harga aki basah pada sepeda motor dibanderol 50-150ribuan. Harga aki motor ini tergantung dari mereknya. Aki basah memerlukan perawatan ekstra dibandingkan dengan aki kering.

Berikut cara merawat aki basah yang dapat menjadi panduan Anda :

1. Memastikan bahwa cairan elektrolit yang di dalam aki pada ambang batas normal. Jika sudah di bawah batas segera lakukan pengisian.

2. Mengecek daya pada aki dengan menggunakan alat khusus yaitu battery load tester untuk memastikan daya pada aki masih mampu digunakan untuk menyalakan kendaraan.

3. Memastikan terminal aki dalam keadaan baik, tidak lembab, berkarat ataupun longgar.

4. Pastikan bahwa kendaraan Anda selalu digunakan setiap hari atau paling tidak dipanaskan setiap hari untuk memastikan daya pada aki terisi.

Perkembangan zaman yang semakin pesat seperti layaknya sekarang ini, kebutuhan pemenuhan masalah aki lebih mudah dipenuhi. Konsumen tidak perlu lagi repot-repot mencari toko yang menjual aki, cukup dengan satu kali klik maka aki diantar sampai ke rumah. Berikut beberapa rekomendari website dan aplikasi yang menyediakan kebutuhan aki untuk Anda.

Rekomendasi Web dan Aplikasi Antar Aki

Berikut adalah beberapa website dan aplikasi yang menyediakan layanan jual beli aki yang bisa diantar ke tempat konsumen :

1. Shop&Drive

Aplikasi ini merupakan bagian dari Astra Otopart perusahaan otomotif dan segala macam sparepartnya. Aplikasi ini juga dapat diunduh melalu Play Store dengan mudah. Tidak hanya menyediakan aki kering mobil dan basah namun juga motor. Harga aki motor baik harga aki kering motor maupun basah yang tersedia sama dengan di pasaran.

Aplikasi ini juga menyediakan aki dari berbagai jenis mobil, salah satunya adalah aki mobil Avanza. Untuk masalah aki ngadat ditengah jalan, teknisi yang terhubung dengan aplikasi dapat dipanggil sewaktu-waktu untuk masalah tersebut. Tidak hanya itu, juga disediakan daftar bengkel terdekat serta navigasi untuk memudahkan menemukannya.

2. Rumah Aki


Rumah aki merupakan salah satu aplikasi antar aki kering mobil dan motor serta aki basah yang dapat diunduh melalui Play Store. Pada aplikasi ini Anda dapat memesan dan membeli aki sesuai dengan merek yang Anda butuhkan. Perbedaan aki kering dan basah pada mobil akan terlihat dari harga yang terlihat di aplikasi. Aplikasi ini juga menyediakan aki dari berbagai jenis mobil, salah satunya adalah aki mobil Avanza.

Harga aki motor basah juga dapat dilihat pada aplikasi ini sehingga Anda dapat menyediakan anggaran pembelian. Begitu juga harga aki kering motor. Tidak hanya harga aki basah namun juga ada info harga aki kering motor. Selain itu, pengembangnya juga menyediakan layanan pesan antar, tukar tambah dan konsultasi mengenai aki Anda. 

3. Doctor Accu


Doctor Accu merupakan website pusat penjualan aki yang dapat diakses sewaktu-waktu melalu browser smartphone Anda. Pada website tersebut juga memberikan pelayanan charger baterai (aki), daur ulang limbah aki, pemerikasaan dan perawatan rutin serta melayani konsultasi terkait permasalahan aki Anda.

Aplikasi ini juga menyediakan aki dari berbagai jenis mobil, salah satunya adalah aki mobil Avanza. Doctor Accu ini telah ada di 3 kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya dan Batam.

4. Raja Aki


Aplikasi Raja Aki dikembangkan sebagai tujuan untuk mendekatkan konsumen-konsumen bengkel dan outlet sparepart yang bekerja sama dengan aplikasi ini. Perbedaan aki kering dan basah pada mobil dapat dilihat dari harga yang tertera. Harga aki motor dan mobil basah dapat dilihat pada aplikasi ini. Begitu juga harga aki kering motor dan mobil.

Tidak hanya melayani kebutuhan aki saja, namun juga kebutuhan ban dan oli juga. Anda juga dapat mengetahui outlet terdekat dan juga ketersediaan merek aki yang digunakan. Aplikasi ini juga menyediakan aki dari berbagai jenis mobil, salah satunya adalah aki mobil Avanza.

5. Aki SM Aki 24 Jam


Aki SM Aki 24 jam merupakan salah satu aplikasi penyedia aki yang siap melayani 24 jam penuh. Aplikasi ini juga dapat diunduh melalui Play Store. Fitur-fitur yang ditawarkan yaitu merek-merek aki, harga aki motor, daftar outlet yang dapat melayani 24 jam, dan hotline center yang dapat dihubungi sewaktu-waktu. Aplikasi ini juga menyediakan aki dari berbagai jenis mobil, salah satunya adalah aki mobil Avanza.

Semoga membantu!

Content Writter

1678 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.