Diperbaharui Pada Selasa, 26 Mei 2020 | 11:50

Tips Memilih Dishwasher yang Tepat dan Berkualitas


Kebutuhan membersihkan piring, gelas, sendok, garpu, pisau dan alat makan lainnya tentu sangat penting untuk menghilangkan sisa makanan dan bakteri. Membersihkan peralatan makan dan dapur dengan dishwasher akan sangat membantu sekali.

Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan dengan memiliki dishwasher adalah ketika banyak kerabat datang berkunjung ke rumah. Tentunya akan membuat peralatan makan kotor menumpuk akan makin banyak. Dishwasher dapat membantu meringankan beban mencuci alat makan dan masak.

Namun harga dishwasher juga tidak bisa dibilang murah, jadi perlu beberapa pertimbangan dan tips sebelum memutuskan untuk membelinya. Pertimbanganya bisa dari merek, spesifikasi, hingga fitur-fitur apa saja yang kita butuhkan, dan tidak butuhkan.

Tentang dishwasher

Dishwasher adalah mesin cuci untuk kebutuhan peralatan makan, minum, hingga alat masak. Alat ini biasanya memiliki fitur yang disesuaikan untuk kebersihan dan perawatan alat – alat tersebut. Sebagai contoh, pencucian dengan uap panas untuk alat masak dengan tempelan lemak tebal.

Penggunaan dishwasher sendiri juga cukup praktis. Ini tentunya menguntungkan. Kita bisa memasukan alat makan setelah sahur ke dishwasher dan mengaktifkan proses cuci, agar tidak banyak waktu terbuang untuk beribadah dan kembali beristirahat.

Kita bisa mengatur pencucian tergantung kebutuhan dan banyaknya alat yang ingin dicuci. Saat proses mencuci berlangsung, kita bisa tinggal sebentar untuk melakukan hal-hal lainnya.

Foto: Pexels

Tips memilih dishwasher yang tepat

Dalam memilih alat cuci piring ini, ada beberapa hal penting untuk diperhatikan. Hal seperti harga, spesifikasi, dan fitur yang ditawarkan, adalah beberapa yang paling umum. Selain itu, apa lagi yang perlu diperhatikan sebelum membeli dishwasher?

Lakukan research terlebih dahulu

Sebelum memutuskan untuk membeli dishwasher, lakukan research sederhana. Untuk memastikan kita bisa menyaring info seputar dishwasher secara lebih efektif, gunakan jaringan internet untuk melakukan hal ini.

Selama melakukan research, pastikan untuk mengenali merek – merek populer yang mendapatkan review baik dari penggunanya. Gunakan informasi ini sebagai referensi dan cari tahu mengapa merek dishwasher tersebut disukai. 

Mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya akan sangat berguna saat kita melihat produknya langsung di toko. Jika sudah tahu apa yang kita inginkan, dan bisa mengerti apa saja fungsi-fungsi yang dibutuhkan, tentu akan memudahkan untuk mendapatkan dishwasher yang tepat.

Sesuaikan spek dengan kebutuhan

Setiap alat elektronik yang kita gunakan, tentu akan lebih efisien bila disesuaikan dengan kebutuhan. Misal saja, bila kita memiliki keluarga kecil, jadi lebih baik memilih dishwasher yang ukurannya sedang saja. Membeli dishwasher, selain mahal, bisa-bisa fiturnya mubazir karena jarang digunakan. 

Lain halnya jika anggota keluarga besar tinggal dalam satu rumah. Bila ini yang menjadi ceritanya, tentunya membeli dishwasher yang besar akan sangat bermanfaat untuk menghemat waktu mencuci perabotan makan dan masak.

Selain kapasitas, pastikan juga fitur yang diberikan juga sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Contoh saja, bila kita sering masak dan makan hidangan berlemak, kebutuhan fitur uap panas dan alat bilas yang ada di mesin haruslah kuat. 

Jangan sampai karena lemak tebal dan salah beli dishwasher, kita sampai mengulang proses cuci untuk dapatkan peralatan makan yang bersih. Walau harga dishwasher tersebut agak mahal dari yang biasa, tentu akan lebih baik jika fiturnya lebih praktis untuk digunakan.

Hal lain dari spek yang diperlukan adalah kebutuhan sumber air. Pada beberapa dishwasher, ada yang tidak perlu dihubungkan dengan pipa tapi bisa memasukan air secara manual. Pilihan ini tentu terkadang merepotkan tapi bisa ditaruh tanpa harus membongkar struktur pipa rumah dalam memasangnya. 

Pastikan ukuran sesuai dengan tempat

Kebanyakan rumah modern menggunakan dishwasher yang ditanam pada kitchen set. Tapi bagi rumah yang tidak didesain dari awal menggunakan dishwasher, tentu kita harus mempertimbangkan tempat untuk menaruh alat ini.

Kebanyakan rumah bisa mengalami banyak masalah karena kurang persiapan dalam penataan. Sebagai contoh, saat dishwasher membutuhkan pipa untuk mendapatkan sumber airnya, posisi yang tersedia tidak tidak memungkinkan.

Jika posisi menaruh dishwasher tidak dekat dengan pipa sumber air, Maka kemungkinan kita harus membongkar dinding untuk membawa pipa dari satu area dapur ke area lain. Hal ini tentu akan merepotkan dan mengeluarkan banyak uang.

Periksa garansinya

Saat memilih dishwasher, cari yang menyediakan garansi resmi. Hal ini penting untuk memastikan kita tidak akan mengeluarkan biaya besar, jika alat cuci ini rusak atau bermasalah. Sebisa mungkin, tidak memilih dishwasher dengan garansi took, karena kemungkinan produk tersebut tidak resmi.

Dengan memiliki garansi resmi, keuntungan yang bisa didapatkan antara lain adalah suku cadang yang asli bila terjadi pergantian karena kerusakan. Serta jaminan teknisi yang bersertifikat untuk menangani segala permasalahan pada mesin.

Foto: Pexels

Tips merawat dishwasher agar awet

Setelah memilih alat dishwasher, tentunya kita perlu tahu cara merawatnya. Untuk keperluan terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan.

Bersihkan dishwasher secara rutin

Untuk memastikan dishwasher tidak berbau, bersihkanlah alat ini secara rutin. Walaupun sisa-sisa makanan bisa dibersihkan di dalamnya, terkadang masih ada sisa makanan yang tidak larut dan dikeluarkan dari alat.

Jika sisa-sisa makanan ini menumpuk, alat pembersih ini akan menimbulkan bau dan terkesan jorok. Jika bau ini menempel pada alat makan, tentu selera makan juga akan terpengaruh. Selain itu, kita akan lebih berpotensi untuk terkena bakteri.

Hindari mencuci bahan berbahaya

Dalam beberapa alat makan, karat pada sendok, cat pelapis mangkuk yang kurang bagus dan bahan lainnya tentu bisa ditemukan. Nah, hal seperti ini lebih baik jangan dimasukan pada dishwasher karena berbahaya. Karat yang dicuci bisa saja luntur dan menempel pada alat makan lainnya. 

Jika karat menyebar, ini akan menimbulkan kerugian, selain masalah kesehatan juga. Cat pelapis yang terkelupas dan luntur juga bisa menyebabkan alat makan lain terkena imbasnya, lebih baik pisahkan alat makan dengan atribut tersebut dan cuci secara terpisah.

Jangan buka tutup mesin saat sedang menyala

Walaupun sudah ada peringatan keras dalam buku panduan penggunaan, banyak orang sering melanggar aturan yang satu ini. Selain akan membuat mesin dishwasher cepat rusak, tindakan ini juga sangat berbahaya.

Hati-hati ketika menata alat makan yang akan dicuci

Mencuci sendok, garpu dan pisau tentu bisa saja menyebabkan hal yang tidak terduga seperti jatuh di sela-sela rak dishwasher. Karena hal ini sangat mungkin terjadi, pastikan menata peralatan di tempat yang sesuai secara datar. Jadi jika jatuh  waktu di cuci, tidak saling berbenturan.

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memastikan kita membeli dishwasher yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat memilih dishwasher yang terbaik!

Content Writter

1501 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.