Diperbaharui pada Jumat, 25 Maret 2022 | 16:20

Cara Cek IMEI Hp Android dan iPhone

cara cek imei
IMEI hp sangat penting agar kita bisa tahu perangkat yang digunakan resmi atau ilegal. Lalu bagaimana cara cek IMEI? Di artikel ini Pricebook akan coba jelaskan cara cek IMEI, baik untuk hp Androi dan juga iPhone.

Cek IMEI ini juga menjadi hal wajib bagi pemilik hp. Karena IMEI juga sangat berguna bagi pengguna untuk klaim garansi ketika perangkat mengalami kerusakan dan lainnya.

Karena salah satu syarat untuk melakukan klaim garansi dilihat dari IMEI hp. Bahkan, kita pun bisa mengecek masa garansi perangkat melalui IMEI (khusus hp resmi).

Nomor IMEI biasanya terdiri dari 14 hingga 15 digit nomor yang unik alias tidak ada yang sama antar satu perangkat dengan perangkat yang lain.

Tapi tidak perlu menghafalnya, karena ada cara cek IMEI yang mudah untuk dilakukan.

Cara Cek IMEI Hp Android

Untuk yang masih bingung untuk mengecek nomor IMEI, berikut cara cek IMEI untuk hp Android dan iPhone :

1. Lihat di Box Hp

Salah satu cara cek imei hp paling cepat yang bisa dilakukan yaitu melihat box hp, biasanya ada di bagian bawah. Tapi bila box hilang atau rusak, Anda bisa mencoba cara cek IMEI lainnya di bawah ini.

2. Tekan kode *#06#

Cara mudah untuk mengecek IMEI hp yang umum adalah menggunakan kode *#06#. Caranya masukkan kode *#06# lalu tekan tombol call. Maka nomor IMEI akan tampil di layar.

Cara Cek IMEI iPhone

Untuk perangkat Apple (iPhone, iPad, maupun iPod) yang kamu miliki ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Jika kamu memiliki perangkat yang ingin dicek maka cara yang bisa dilakukan adalah :

  • Masuk ke bagian Pengaturan > Umum > Mengenai
  • Terdapat banyak informasi, salah satunya IMEI yang biasanya ada di bagian bawah

Cara cek IMEI iPhone lain jika kamu tidak bisa membuka Pengaturan atau ketika perangkat sedang mati :

  • Membuka slot SIM card dan melihat di bagian belakang wadah kartu SIM, biasanya terdiri dari 14 angka
  • Di sebagian seri iPhone, pada body-nya juga tercantum nomor IMEI yang ada di bagian belakang bawah

Cara cek IMEI hp lainnya untuk produk iPhone dan teman-temannya juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi iTunes. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Sambungkan perangkat ke iTunes
  • Buka iTunes kemudian buka perangkat kamu
  • Pilih Ringkasan
  • Klik nomor telepon untuk melihat IMEI 

JIka sudah mengetahui nomor IMEI hp, Anda bisa melanjutkan cek status hp apakah resmi terdaftar atau tidak terdaftar. Untuk cara cek IMEI hp di Kemperin bisa lihat ulasan dibawah ini.

Cek IMEI di Kemenperin

cara cek imei dikemenperin

Jika kamu ingin tau apakah hp yang dimiliki itu resmi atau distributor, bisa lakukan pengecekan IMEI di Kemenperin. Cara cek hp terdaftar atau tidak cukup dengan memasukkan nomor IMEI hp.

Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka browser pada hp (browser bawaan atau pihak ketiga) dan kunjungi https://imei.kemenperin.go.id/
  • Masukkan nomor IMEI (paste) lalu tekan Enter
  • Jika hp resmi akan muncul notifikasi “IMEI terdaftar di database Kemenperin”
  • JIka hp BM akan muncul notifikasi “IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin”

Untuk hp yang tidak terdaftar di Kemenperin (pembelian setelah 18 April 2020) secara otomatis tidak bisa mendapatkan layanan seluler dari operator (tidak bisa telepon, SMS atau internetan) dan hanya bisa menggunakan akses Wifi.

itulah beberapa cara cek IMEI yang bisa di coba. Ada cara cek IMEI untuk hp Android dan cara cek IMEI iPhone. Selamat Mencoba!

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1631 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.