Diperbaharui Pada Rabu, 9 Feb 2022 | 17:15

3 Cara Mengatasi Memori Penuh Pada Hp, Efektif!

Memori hp yang penuh tentu akan mempengaruhi kinerja dari perangkat secara keseluruhan. Untuk itu, kali ini Pricebook akan mengulas bagaimana cara mengatasi memori penuh pada hp.

Seperti diketahui, semakin banyak file yang disimpan akan membuat kapasitas memori internal semakin berkurang. Itu sebabnya kapasitas memori hp harus benar-benar diperhatikan. 

Lalu bagaimana jika memori hp sudah terlanjur penuh? Tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi memori hp yang penuh.

Tidak perlu lagi reset hp untuk mengatasi memori penuh. Cukup ikuti salah satu cara mengatasi memori penuh pada hp yang ada di artikel ini.

Biar lebih jelas, langsung saja simak ulasannya.

Cara Mengatasi Memori Penuh

Berikut cara mengatasi memori penuh pada hp yang bisa dilakukan :

1. Pakai Memori Eksternal

Cara mengatasi memori penuh pada hp yang pertama ini bisa jadi solusi pertama. Tapi pastikan hp yang dimiliki sudah dilengkapi dengan slot microSD.

Pasalnya, ada beberapa seri hp yang tidak dibekali dengan slot memori eksternal. Jika hp memiliki penyimpanan tambahan, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengatasi memori hp yang penuh.

Gunakan memori eksternal (umumnya microSD) yang memiliki kapasitas besar atau bisa disesuaikan dengan spesifikasi tambahan memori pada hp.

Satu saran yang juga harus diperhatikan menggunakan kelas microSD dari kartu memori tersebut. Semakin tinggi kelas yang dimilikinya, maka kecepatan transfer yang dimiliki juga akan semakin cepat. 

Jadi, untuk file-file besar seperti foto, video atau lainnya yang ada di memori internal bisa dipindahkan ke microSD. Dijamin memori hp menjadi lebih lapang.

2. Clear Cache atau Data

Salah satu hal yang membuat memori hp habis adalah terlalu banyak menyimpan data atau cache. Biasanya, setelah kita membuka aplikasi, atau habis melakukan browsing akan meninggalkan cache.

Jika tidak dihapus dalam jangka waktu tertentu cache akan menumpuk dan menghabiskan memori. Untuk menghapus cache atau data bisa dilakukan secara manual.

Berikut caranya :

  • Masuk ke menu setting > Apps > Pilih aplikasi yang akan dihapus cache atau datanya > pilih clear cache atau clear data > Ok

Bila malas melakukan secara manual, kamu bisa memanfaatkan aplikasi penghapus cache seperti ccleaner yang lebih praktis dan cepat. Dengan menghapus keduanya, seharusnya memori internal hp akan menjadi lebih lebar lagi.

3. Pakai Penyimpanan Cloud

Penyimpanan cloud atau penyimpanan awan adalah sebuah media penyimpanan data yang bisa dipakai dengan memberikan akun tertentu di server milik aplikasi tersebut.

Ada beberapa layanan penyimpanan cloud yang cukup banyak dipakai saat ini, salah satunya adalah Google Drive. Menggunakannya juga mudah, cukup pakai akun Google.

Bahkan layanan ini bisa digunakan secara gratis dalam kapasitas tertentu. Jika merasa penyimpanannya masih kurang, maka kamu bisa mendaftar diri untuk menggunakan penyimpanan yang lebih besar meskipun itu tidak gratis.

Jadi menggunakan cloud storage bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi memori penuh pada hp.

Nah, itulah 3 cara mengatasi memori penuh yang bisa dilakukan. Sebagai saran, sebaiknya jangan menyimpan terlalu banyak file penting di dalam hp, gunakan microSD atau layanan cloud karena bisa diakses kapan saja dan darimana saja.

Selain aman juga bisa mengatasi memori penuh. Semoga membantu.

Content Writter

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.