Diperbaharui Pada Selasa, 2 Jan 2018 | 15:03

Pinjaman Tanpa Agunan Terbaik, Ini Cara Memilihnya

Ketenaran produk pinjaman tanpa agunan, KTA, membuat banyak lembaga penyedia pinjaman berlomba-lomba menawarkan pelayanan terbaiknya. Hal tersebut dimaksudkan agar nasabah merasa nyaman dalam mengajukan pinjaman.

Berbagai inovasi pinjaman tanpa agunan dilakukan, mulai dari limit pinjaman yang besar, tenor yang panjang, bunga yang ringan, hingga pengajuannya yang bisa secara online Bahkan, untuk mengajukan KTA, kini tidak mesyaratkan peminjam harus memiliki kartu kredit.

Pertimbangan Sebelum Mengajukan KTA


Pilih Pinjaman KTA yang Terjamin via quickloans.com

Berbagai penawaran penarik tersebut membuat para calon debitur memilah-milah, ke mana ia harus mengajukan pinjaman. Peminjam tentunya akan memilih lembaga penyedia pinjaman yang banyak memberikan manfaat kepadanya. Oleh karena itu, perhatikan hal berikut sebagai pertimbangan mengajukan pinjaman tanpa agunan.

1. Pilih Bank yang Kredibel

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah reputasi bank atau lembaga penyedia pinjaman. Pilihlah bank dengan reputasi yang baik. Cari tahu sudah berapa lama bank tersebut berdiri, berapa banyak kantor cabang yang dimilikinya di daerah Anda,dan bagaimana rekam jejak bank tersebut dalam memberikan pinjaman. Semua hal tersebut bisa di cari lewat internet.

2. Bunga yang Dibebankan

Selanjutnya, perhatikan bunga yang akan dibebankan kepada Anda. Umumnya, bunga untuk pinjaman tanpa agunan adalah sebesar 1% per bulan atau 12% per tahun. Namun, besaran bunga ini tentunya berbeda-beda di setiap bank. Selain itu, pelajari juga mengenai  suku bunga yang ditetapkan apakah flat atau progresif. Pilih bank yang menawarkan bunga yang rendah.

3. Besaran Limit yang Diberikan

Berapa besaran pinjaman maksimal yang dapat diajukan melalui KTA? Tentunya besaran limit ini tergantung ketentuan bank. Setiap bank tentunya berbeda-beda kebijakannya. Akan tetapi, limit yang ditawarkan umumnya adalah sekitar Rp200-300 juta. Oleh karena itu, pilihlah bank yang menyediakan besaran pinjaman sesuai kebutuhan Anda.

4. Lihat Tenor yang Ditawarkan

Hampir sama dengan limit, tenor pinjaman yang ditawarkan setiap bank tentunya berbeda-beda. Hal tersebut kembali lagi kepada ketentuan dari bank tersebut. Umumnya, tenor yang ditawarkan untuk KTA adalah sekitar 1-3 tahun. Namun, ada juga bank yang menawarkan tenor 60 bulan atau setara dengan 5 tahun. Bagi Anda yang membutuhkan waktu lama dalam pinjaman bisa memilih tenor ini.

5. Biaya Tambahan KTA

Selain bunga, ada juga beberapa biaya tambahan dalam mengajukan KTA. Biaya tersebut adalah biaya provisi, biaya di muka, biaya penalti, biaya materai hingga biaya asuransi. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mempelajari itu semua terlebih dahulu sebagai pertimbangan mengajukan KTA.

6. Lama Proses Pencairan Dana

Sebelum mengajukan KTA ke suatu bank, cari tahu terlebih dahulu berapa lama proses pencairan pinjaman. Umumnya lama pencairan dana ini adalah sekitar 7-14 hari, namun ada juga yang cepat yaitu sekitar 2-3 hari. Oleh sebab itu, tanyakan terlebih dahulu kepada bank sebelum mengajukan KTA. Anda bisa memilih bank yang cepat dalam mencairkan dana KTA.

7. Proses Pelunasan Pinjaman

Mengapa harus memperhatikan proses pelunasan pinjaman? Hal ini karena ada bank yang memberikan biaya pinalti untuk nasabahnya yang melunasi pinjaman lebih awal. Oleh karena itu, tanyakan terlebih dahulu ke pihak bank, apakah nantinya bisa melunasi pinjaman lebih awal atau tidak.

Cara Mengajukan KTA


ajukan KTA sesuai dengan prosedur yang berlaku via pdatacorp.com

1. Persiapkan Dokumen Persyaratan

Sebelum mengajukan KTA, persiapkan dulu dokumen pesyaratannya. Dokumen yang dibutuhkan sangatlah simpel. Anda hanya diminta mempersiapkan ini.

  • Fotokopi KTP atau Kartu Identitas Lain
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi Rekening (3 bulan terakhir)
  • Slip Gaji/SKP/SPT
  • Fotokopi Surat Izin Profesi (untuk peminjam profesi)
  • Fotokopi akta Pendirian/SIUP/TDP (untuk wiraswasta)

2. Langsung datang ke Bank atau Via Online

Setelah semua data terkumpul dan lengkap, segera hubungi pihak bank. Anda bisa langsung datang ke kantor cabang bank terdekat dengan membawa semua data tersebut di dalam amplop. Atau, jika Anda memilih jalur online, buka website bank tersebut, lalu unggah dokumen persyaratan yang diminta.

3. Isi Formulir Aplikasi

Untuk mengajukan pinjaman berupa KTA, pihak bank akan meminta Anda untuk mengisi formulir pernyataan pengajuan pinjaman. Apabila datang ke bank, pihak bank akan memberikan Anda formulir tersebut untuk langsung diisi. Sedangkan untuk via  online¸  formulir tersebut sudah tersedia di website, Anda tinggal mengisinya.

4. Verifikasi Pihak Bank

Apabila semua dokumen sudah diserahkan dan formulir sudah diisi, pihak bank akan melakukan verifikasi atas kelengkapan dokumen tersebut. Jika dirasa sudah lengkap, mereka akan mengirimkan orang untuk melakukan survei ke kediaman peminjam. Ingat, beritahu kepada orang rumah jika Anda ingin mengajukan pinjaman, agar tidak kaget jika ada orang bank ke rumah untuk melakukan survei.

5. Tunggu Kabar Persetujuan Bank

Setelah semua proses dilewati, kini Anda tinggal duduk manis di rumah hingga bank mengabarkan bahwa KTA Anda disetujui. Biasanya proses ini memakan waktu sekitar 7-14 hari. Jika lebih dari itu, Anda bisa menghubungi bank untuk menanyai kelanjutannya.

Persyaratan KTA


penuhi semua syarat-syaratnya via businessfirstfamily.com

Sebelum mengajukan KTA, pahami terlebih dahulu syaratnya. Inilah syarat umum mengajukan KTA.

  1. Pemohon adalah WNI
  2. Miniman Usia 21 Tahun
  3. Batas Usia Peminjam Tidak melebihi 60 Tahun
  4. Memiliki kartu kredit (jika ada)
  5. Karyawan, Wirausaha atau Profesional
  6. Gaji Minimal Rp3 juta
  7. Limit kredit maksimal 5 kali gaji per bulan

Keuntungan Pengajuan KTA


ada keuntungan yang bisa Anda terima via tqn.com

KTA memiliki banyak keuntungan dalam pengajuannya, berikut adalah keuntungan-keuntungan tersebut.

  1. Tidak Memerlukan Agunan Sebagai Jaminan
  2. Persyaratan Simpel dan Mudah Dipenuhi
  3. Proses Pengajuan Cepat
  4. Suku Bunga Flat
  5. Tenor hingga 60 Bulan atau Setara 5 Tahun
  6. Dapat Perlindungan Asuransi

Pilihlah Sesuai dengan Kebutuhan

Dalam mempertimbangkan produk KTA dari bank mana yang akan diajukan, lihat keuntungan dan kerugian yang akan didapat. Ada baiknya, memilih produk KTA yang persyaratannya dapat Anda penuhi. Jangan mengajukan produk KTA yang kira-kira sulit disetujui. Selain itu, sesuaikan juga pinjaman KTA dengan kebutuhan, mulai dari limit yang akan diajukan, bunga, tenor, hingga cicilan perbulannya.

Contributor

300 Posts