Diperbaharui pada Selasa, 1 Agustus 2017 | 10:03

Tips Supaya Smartphone Lawas Kamu Tetap Bisa Diandalkan!

 
Image via Yahoo

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa kemajuan teknologi yang sangat cepat membuat produsen dituntut untuk melakukan inovasi entah dari segi desain maupun performa suatu gadget.

Dalam waktu yang sangat singkat, produsen smartphone dapat merilis satu seri smartphone dan seri penyempuranaannya hanya dalam beberapa bulan berikutnya. Contoh pada kasus iPhone 7 yang belum lama ini rilis, maka iPhone seri penyempurna nya seperti iPhone 7s dan iPhone 7s+ akan senantiasa menyertai.

Oleh karena itu, smartphone lawas akan cenderung ketinggalan jaman. Kian hari berbagai fitur aplikasi pada smartphone semakin membutuhkan ruang memori yang sangat besar. Untuk itu para produsen harus meningkatkan spesifikasi smartphone mereka untuk mendapatkan performa maksimal dan tidak “lemot” ketika sedang menjalankan berbagai aplikasi.

Namun bagi Anda yang sudah kadung sayang terhadap smartphone lawas Anda, tak usah berkecil hati. Pada artikel kali ini kami akan memberikan tips dan trik agar smartphone lawas Anda tetap dapat bekerja maksimal. Berikut ulasannya.

Kurangi Aplikasi yang Kurang Penting

Hal ini sangat penting bagi smartphone Anda. Jika smartphone Anda masuk dalam kategori lawas dan hanya memiliki memori RAM sebesar 1GB maka Anda harus betul-betul memperhatikan masalah ini dengan seksama.

Dengan memori RAM yang terbilang kecil maka sebaiknya Anda tak terlalu banyak menginstall game atau aplikasi yang kurang penting. Aplikasi dan game yang terlalu banyak akan membuat smartphone kesayangan Anda menjadi lemot ketika dijalankan. Menyiasati masalah ini, sebaiknya Anda hanya menginstall aplikasi yang benar benar dibutuhkan saja. Seperti aplikasi untuk perpesanan, beberapa media sosial dan aplikasi yang dapat menunjang pekerjaan Anda seperti email, pdf player dan lainnya.

Untuk game serta aplikasi yang lainnya Anda bisa mendownload ketika membutuhkannya saja. Banyak aplikasi yang tersedia baik iOs dan Android dapat diunduh secara gratis. Atau untuk beberapa sosial media seperti Facebook dan Twitter bahkan dapat Anda kunjungi melalui laptop atau PC.

Mengurangi Widget dan Live Wallpaper

Hal lain yang terdengar sepele untuk dapat memaksimalkan performa smartphone and adalah dengan mengurangi widget aplikasi dan tak menggunakan live wallpaper. Karena hal tersebut justru akan membuat smartphone Anda boros baterai dan pada akhirnya membuat smartphone kamu lemot.

Sebaiknya jika Anda hanya menggunakan aplikasi widget yang menurut Anda perlu saja. Sehingga  tak akan mempengaruhi performa smartphone Anda

Membuat Backup Data dan Dokumen Anda

Jika Anda adalah orang yang kerap melakukan selfie atau menonton film di smartphone Anda, maka sebaiknya Anda harus memperhitungkan dengan baik. Sebab jika smartphone yang Anda pakai mempunyai memori yang cukup besar maka hal tersebut tak akan menjadi masalah besar. Namun jika smartphone Anda hanya memiliki memori internal yang kecil dan RAM yang tak terlalu besar maka tentu akan membuat kinerja smartphone Anda terganggu.

image via apple.com

Apalagi ukuran file foto dan video pada smartphone sekarang sangat besar bisa berkisar 1-2 MB setiap foto. Akan sangat baik apabila file-file tersebut Anda backup pada harddisk eksternal ataupun disimpan pada cloud store yang terdapat pada akun google ataupun iCloud jika Anda merupakan pengguna Apple.

Hal tersebut juga bertujuan untuk berjaga-jaga kalau saja suatu saat smartphone Anda mengalami kerusakan bahkan hilang. Sehingga Anda tak terlalu khawatir akan dokumen dan data yang hilang tersebut.

Refresh Aplikasi yang Sedang Berjalan

Selain Anda harus me-manage segala aplikasi yang tidak penting bagi smartphone Anda. Ada baiknya jika Anda selalu memperhatikan aplikasi yang sedang Anda jalankan. Meskipun terdengar merupakan hal yang sepele. Namun hal ini cukup berpengaruh banget terhadap kinerja smartphone Anda.

Hal ini kerap terjadi jika Anda menjalankan berbagai aplikasi bersamaan, namun seringkali karena kesibukan yang terus melanda sehingga Anda lupa untuk menutup aplikasi yang sedang Anda jalankan. Tanpa disadari RAM Anda akan terus terpakai oleh aplikasi yang belum tertutup tadi. Semakin membuat smartphone Anda cepat panas dan baterai menjadi lebih boros. Cara ini akan sangat ampuh diterapkan pada smartphone dengan spesifikasi yang agak lawas dan tak memiliki RAM dan prosesor yang tak terlalu bagus.

Melakukan Factory Reset

Setelah mencoba beberapa cara diatas, maka Anda telah lakukan namun tetap tak menemui solusinya. Mungkin cara yang satu ini dapat Anda lakukan. Anda dapat melakukan apa yang disebut factory reset.

Factory reset sendiri pada dasarnya adalah membuat smartphone kembali ke settingan awal ketika pertama membelinya. Dapat dilakukan dengan melalui menu setting pada smartphone Anda. Setelah melakukan factory reset maka biasanya smartphone Anda akan kembali seperti semula dan tidak lemot.

Perlu diketahui bahwa factory reset akan menghapus segala data dan file yang terdapat di smartphone Anda. Maka sebaiknya Anda perlu melakukan backup file dan dokumen sebelum melakukan factory reset ini untuk mengantisipasi jika ada dokumen penting di dalam smartphone Anda.

Baca juga artikel:

10 Tips Cerdas Penggunaan Hape yang Jarang Diketahui

Tanpa Root, 10 Tips Ini Bikin Hape Anda Tangguh Bermain Game HD

Tips Merawat Sensor Fingerprint Pada Smartphone Agar Awet

Like us!
Yudhi Tri Perwira
36 Posts