Diperbaharui pada Jumat, 21 Januari 2022 | 15:50

Cara Mencuci Mobil di Musim Hujan, Irit Biaya Car Wash

cara mencuci mobil sendiri

Musim hujan membuat kondisi jalan jadi basah dan becek, sehingga sebagian orang jadi malas untuk beaktivitas dengan kendaraan seperti mobil, karena akan jadi mudah kotor terkena cipratan air jalan.

Namun karena berbagai alasan, tidak semua orang bisa memilih opsi tersebut, karena tuntutan pekerjaan atau aktivitas yang mau tidak mau, mengharuskan mereka untuk membawa mobil. Masalah lain pun muncul, pemilik mobil jadi boros karena harus membayar jasa cuci mobil di car wash.

Sebagai solusi untuk menghemat biaya cuci mobil, Anda biasa melakukannya sendiri di rumah.

Cara Mencuci Mobil Sendiri

Selain hemat, mencuci mobil sendiri juga akan membantu Anda untuk mengtahui detail kondisi bodi mobil bila ada kerusakan baik ringan maupun berat, sehingga Anda bisa melakukan upaya perbaikan lebih cepat.

Semakin sering Anda yang memiliki banyak waktu untuk mencuci mobil sendiri, semakin hafal pula Anda dengan kondisi mobil tersebut luar dan dalam.

Namun, mencuci mobil sendiri perlu cara khusus karena bila tidak dilakukan dengan baik, bisa membuat bodi terkena gores sehingga mempengaruhi penampilan. Untuk itu, lakukan tips-tips berikut ini saat mencuci mobil.

1. Cuci Mobil dengan Shampoo Khusus

Cara mencuci mobil agar tidak tergores pertama, Anda harus menggunakan shampoo khusus mobil. Menggunakan sabun lain seperti sabun colek bisa berpotensi membuat bodi mobil tergores dan warna cat menjadi kusam karena kandungannya yang tidak sesuai.

2. Hindari Mencuci Mobil Hanya dengan Kanebo

Mungkin Anda sering mencuci mobil hanya menggunakan kanebo, tanpa shampoo khusus. Anda harus menghindarinya karena menyebabkan terjadinya goresan halus di bodi mobil karena tidak adanya lubrikasi untuk melincinkan proses pencucian.

3. Jangan Memoles Wax di Kap Mesin Panas

Hindari juga penggunaan wax untuk memoles bagian kap mesin yang masih panas. Jika dilakukan, hal ini berpotensi membuat wax menjadi kering dan sulit dibersihkan, bahkan memunculkan goresan pada bagian wax mengering tersebut karena proses pembersihan yang kasar.

4. Jangan Memoles Wax Asal-asalan

Selain menghindari pemolesan wax pada bagian kap mesin yang masih panas, Anda pun harus memoles wax sesuai aturan karena berpotensi membuat goresan pada bodi mobil makin banyak, menipisnya lapisan pernis, membuat cat menjadi kusah bahkan membuat retak.

5. Hindari Penggunaan Kemoceng

Kemoceng mungkin sering Anda gunakan untuk membersihkan kotoran halus di bodi mobil sebelum melakukan pencucian. Namun, alat satu ini harus Anda hindari karena bisa menyebabkan terjadinya goresan.

Gunakan lap dengan kandungan microfiber agar lebih lembut dan halus serta tidak menyisakan goresan pada bodi mobil.

6. Jangan Hanya Menggunakan Satu Ember dan Satu Lap

Saat mencuci mobil sendiri, Anda setidaknya harus menyiapkan beberapa ember dan kain lap. Jika hanya menggunakan satu ember dan satu kain lap saja, maka goresan pada mobil Anda akan bertambah karena bercampurnya kotoran yang ada di air atau lap.

7. Hindari Penggunaan Busa Spons

Saat mencuci mobil, hindari penggunaan busa spons. Anda harus menggunakan lap kanebo atau lap khusus karena busa bisa menyerap debu dan kotoran sehingga menimbulkan goresan di mobil. Anda bisa menggunakan produk lap seperti wool mitten atau natural sea sponge.

8. Tuntaskan dengan Kain Microfiber

Saat proses akhir atau proses pengeringan, hindari penggunaan kanebo karena bisa membawa kotoran kecil karena jika tertinggal dan tidak dibersihkan membuat goresan halus.

Saat proses akhir pencucian mobil, sebaiknya menggunakan kain microfiber karena bahannya yang sangat halus.

9. Selalu Gunakan Wax

Dengan memoles bodi mobil sesuai anjuran menggunakan wax, hal ini bisa membuat umur cat mobil lebih tahan lama. Selain itu, wax pun bisa membuat goresan di mobil yang sebelumnya sudah ada bisa tertutupi.

Tips Menghilangkan Goresan di Mobil

Tidak hanya disebabkan oleh cara pencucian mobil yang salah, goresan mobil pun bisa terjadi karena gesekan ranting, parkir sembarangan, ulah anak-anak atau cakaran hewan.

Untuk menghilangkan goresan halus, berikut yang bisa Anda lakukan:

  1. Siapkan kompon poles dan sebarkan di sekitar bagian goresan menggunakan bantalan pengilap.
  2. Jika kompon poles sudah tersebar, silahkan cuci dengan air bersih dan handuk untuk menghilangkan residu sisa kompon yang ada di permukaan cat. Anda pun bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan kompon yang masuk ke celah-celah.
  3. Lakukan pengolesan secara berulang sampai goresan halus hilang. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan lilin carnauba ke permukaan, agar permukaan yang terkena goresan jadi mengkilap kembali.

Semoga tips mencuci mobil sendiri ini dapat membantu Anda, ya. Selamat mencoba!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

999 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.