Diperbaharui Pada Senin, 17 Jan 2022 | 12:08

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Touring Pakai Motor

image via cambridgeincolour

Melakukan perjalanan jarak jauh membutuhkan persiapan matang. Sudahkah Anda menentukan rencana perjalanan Anda? Akankah akan memakai motor, mobil, bus, kereta, kapal, atau mungkin pesawat?

Nah, khusus bagi Anda yang memilih motor, Pricebook akan berbagi tips mengendarai motor agar tidak cepat lelah. Karena menempuh perjalanan jauh dengan sepeda motor tentu merupakan tantangan tersendiri.

Tips Mengendarai Motor Agar Tidak Mudah Lelah

1. Atur Posisi Berkendara

image via motogetaway

Tips pertama mengendarai motor adalah dengan mengatur posisi saat berkendara. Karena posisi berkendara yang kurang tepat berkontribusi besar dalam membuat pengendara cepat kelelahan.

Jika Anda mengendarai sepeda motor, aturlah posisi tangan, punggung, kaki dan kepala dengan senyaman mungkin agar tidak cepat lelah.

Usahakan posisi tangan Anda tegak lurus dengan setang motor. Punggung Anda juga sebaiknya tetap tegap agar tidak cepat lelah. Perhatikan juga posisi duduk Anda agar tidak terlalu ke depan dan juga tidak terlalu ke belakang.

Adapun jika Anda berada di posisi yang di bonceng, pastikan posisi kaki dan badan Anda bisa tetap nyaman saat perjalanan berlangsung. Aturlah posisi kaki Anda sedemikian rupa agar cukup nyaman selama berkendara.

Usahakan jangan membawa barang terlalu banyak agar otot Anda tidak cepat tegang. Anda juga tidak perlu ragu untuk memberitahu si pengendara jika Anda sudah terlalu lelah dibonceng.

2. Pilih Jalur yang Mudah

image via pashnittours

Dari peribahasa “Banyak Jalan Menuju Roma”, tentu kita paham kalau untuk mencapai suatu tujuan pasti terdapat banyak pilihan jalan. Begitu juga ketika Anda mengendarai motor jarak jauh.

Jalan menuju tempat tujuan tentu lebih dari satu. Kalau Anda baru tahu satu jalan saja, artinya Anda perlu mencari tahu lagi terkait jalan-jalan yang bisa digunakan.

Diantara sekian banyak jalan yang ada, pilihlah jalan yang paling mudah untuk dilewati. Paling mudah disini berarti jalan tersebut tidak memiliki banyak hambatan yang berarti seperti persimpangan yang terlalu banyak atau kondisi jalan yang kasar dan berlubang.

Jalan yang paling mudah tidaklah melulu yang kelihatan paling cepat. Jalan yang agak sedikit lebih lambat tetapi lebih mudah dilewati tentu lebih baik untuk Anda pilih mengingat durasi perjalanan yang panjang. Sehingga Anda tidak cepat lelah

3. Tetap Sabar, Tahan Emosi

image via autoevolution

Saat berkendara pakai motor, kemacetan akan sulit dihindari terutama jika Anda harus melewati daerah langganan macet. Kalau sudah begini hal paling dasar yang harus Anda lakukan adalah tetap bersabar dan berusaha menahan emosi. Bertindak dengan emosi hanya akan semakin menguras tenaga.

Supaya tetap nyaman saat mengendarai motor, manfaatkanlah segala hal yang bisa membuat Anda rileks. Misalnya siapkan MP3 player dengan playlist lagu kesukaan yang cukup banyak. Regangkan juga otot-otot Anda sesekali ditengah perjalanan agar tidak kaku dan tidak cepat stres.

4. Istirahat Secara Berkala

image via royalenfieldcontinentalgt

Tips berikutnya adalah perlu melakukan istirahat secara berkala ditengah perjalanan. Istirahat ini sebaiknya dilakukan setiap 2 atau 3 jam sekali supaya Anda tetap fit dan tidak cepat lelah.

Istirahat berkala ini memang akan membuat waktu tempuh Anda menjadi lebih lama, tetapi percayalah bahwa pilihan ini jauh lebih baik daripada Anda harus menahan kelelahan di perjalanan dengan risiko kecelakaan yang tinggi.

Durasi istirahatnya sendiri bisa Anda sesuaikan bergantung kebutuhan. Untuk perjalanan lintas provinsi baiknya Anda beristirahat selama 30 menit hingga 2 jam pada setiap sesinya. Anda bisa menambah waktu istirahat ini jika merasa benar-benar mengantuk dan butuh tidur agak panjang. 

5. Sediakan Bekal yang Cukup

Anda sekeluarga bisa saja membeli makan setiap berhenti di rest area. Akan tetapi bukankah akan lebih hemat dan menyenangkan kalau Anda mempersiapkan bekal sedari rumah saat ingin melakukan perjalanan jauh dengan motor?

Anda juga bisa memilih makanan dan minuman apa saja yang ingin Anda bawa untuk menemani perjalanan Anda nantinya.

Salah satu bekal yang paling penting untuk Anda bawa dalam jumlah banyak ialah air minum. Air minum akan membantu mengembalikan cairan yang hilang dari tubuh Anda.

Konsumsi air minum yang cukup juga dapat membantu Anda mengatasi kantuk yang menyerang saat tengah berkendara. 

6. Hindari Karbohidrat Berlebih

image via ajayananth

Rasa kantuk dan lelah ketika mudik pakai motor bisa juga disebabkan oleh aktivitas metabolisme tubuh terutama dalam mencerna makanan berkarbohidrat tinggi. Makanan yang dimaksud disini misalnya nasi dan mie.

Makanan semacam ini akan lebih berat ketimbang sayur dan buah-buahan. Tak jarang tubuh memberikan respon lelah dan kantuk agar metabolisme karbohidrat ini dapat tetap berlangsung secara optimal.

Cara mengatasi hal yang semacam ini cuman satu, yakni hindari konsumsi karbohidrat berlebih. Terkadang para pengendara memilih untuk memakan nasi dan mie sekaligus dengan harapan agar lebih bertenaga.

Pilihan ini jelas tidak tepat sebab jika Anda ingin tetap bertenaga seharusnya Anda memilih menu makan 4 sehat 5 sempurna secara seimbang.

Itulah tips-tips mengendarai motor jarak jauh agar tidak mudah lelah yang bisa Pricebook berikan kepada Anda. Semoga tips ini bisa bermanfaat dan selalu ingat untuk tetap berhati-hati selama di perjalanan dan semoga selamat sampai tujuan!

Content Writter

1666 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.