Diperbaharui pada Rabu, 25 Januari 2023 | 17:43

Mana Lebih Hemat Listrik? Begini Perbedaan Kulkas, Freezer dan Showcase

Perbedaan Kulkas, Freezer dan Showcase

Kulkas saat ini sudah menjadi salah satu perangkat elektronik wajib yang ada di rumah. Pasalnya, dengan perangkat ini, kamu bisa menyimpan berbagai macam makanan dan minuman yang belum dikonsumsi.

Tidak hanya itu, Lemari Es juga berfungsi untuk tempat menyimpan makanan dan minuman untuk mencegah dari kebusukan sehingga bisa tahan lama.

Pada umumnya, lemari es memiliki tiga jenis utama yakni Fridge (kulkas biasa), Freezer dan Showcase. Tentu setiap jenis perangkat tersebut memiliki karakteristik yang berbeda – beda.

Berikut ini beberapa perbedaan ketiga jenis lemari es mulai Fridge, Freezer dan Showcase.

Bentuk Fisik

Perbedaan Kulkas, Freezer dan Showcase

Secara umum, tidak terdapat perbedaan bentuk fisik yang terlalu mencolok dalam tiga jenis lemari es ini. Fridge atau kulkas biasa pada umumnya memiliki varian yakni kulkas 1 pintu dan kulkas 2 pintu. Tentu varian kulkas dua pintu dapat menyimpan makanan dan minuman dengan lebih banyak.

Untuk lemari es jenis Freezer juga hadir dalam dua tipe bentuk yakni Deep Freezer dan Chest Freezer. Biasanya dalam produk lemari es terbaru sudah menyediakan Freezer yang menyatu dengan bagian dalam kulkas.

Deep Freezer sendiri menyediakan slot yang lebih lengkap bahkan terdapat slot khusus untuk membekukan makanan atau minuman dengan pintu yang bisa dibuka dari depan.

Sedangkan Chest Freezer, terdapat beberapa slot makanan dan minuman yang memiliki ukuran melebar bukan meninggi sehingga biasa dibuka dari atas.

Showcase merupakan jenis kulkas terbaru yang sekilas mirip dengan kulkas pada umumnya, namun terlihat dengan tampilan pintu yang transparan.

Tak heran, kulkas jenis ini biasa digunakan oleh para penjual minuman atau makanan agar barang yang dijual tersebut bisa dilihat langsung oleh konsumen.

Selain itu, dibagian dalam Showcase terdapat rak – rak yang dapat digunakan untuk menyusun makanan atau minuman dalam beberapa baris.

Tingkat Suhu pendinginan

perbedaan kulkas dan freezer

Berdasarkan tingkat suhu pendinginan dalam ketiga jenis lemari es, Freezer masih menjadi perangkat dengan suhu maksimal -28 derajat Celcius.

Hal ini memang didasarkan pada desain perangkat ini untuk membekukan air menjadi es batu, sehingga banyak penjual makanan yang memilih menggunakan perangkat ini untuk menyimpan barang dagangan mereka.

Dengan suhu yang dingin ini, pengguna bisa menyimpan bahan makanan lebih lama. Kulkas biasa atau Fridge memiliki suhu maksimal mencapai 0 derajat Celcius.

Umumnya, perangkat elektronik ini digunakan di rumah berfungsi untuk tempat menyimpan makanan dan minuman agar tetap dingin dan segar.

Namun, kamu tidak bisa menyimpanan bahan mentah seperti daging atau sayur dalam waktu yang lama seperti di simpan di Freezer. Ingat, semakin lama disimpan di dalam kulkas biasa, kandungan gizi dari bahan tersebut akan berkurang.

Showcase dapat mencapai suhu maksimal pendinginan antara 0 – 10 derajat Celcius. Aplikasi ini memang cocok untuk menyimpan makanan cepat saji atau minuman berkemasan kaleng di dalam perangkat ini.

Selain, mudah terlihat dari luar, perangkat ini juga memiliki karet pelindung pada pintunya sehingga pintu bisa dibuka tutup nyaman. Selain itu, kemampuan pendinginan Showcase bisa dua kali lebih cepat dibanding kulkas biasa.

Kapasitas

kulkas vs freezer

Bicara kapasitas penyimpanan, Showcase akan cukup banyak menyimpanan barang seperti minuman kaleng minuman atau makanan ringan lainnya. Hadir dengan fitur rak, pengguna bisa menata minuman dengan lebih rapid an mudah.

Freezer juga hadir dengan kapasitas yang luas dan cocok untuk menyimpan makanan dan minuman sekaligus. Hadir dengan desain yang melebar, lemari es jenis ini dapat memuat lebih banyak makanan dan minuman.

Sayangnya, perangkat ini memiliki dimensi yang lebih besar sehingga membutuhkan tempat yang luas pula. Sementara itu, bagian kulkas atau Fridge memiliki desain dan penyimpanan yang lebih unggul.

Pasalnya kulkas jenis ini memiliki rak dibagian pintunya sehingga pengguna bisa menyimpan telur atau makanan kecil lainnya.

Konsumsi Daya Listrik

kulkas vs freezer

Untuk konsumsi daya listrik yang dibutuhkan, Freezer (yang terpisah dengan kulkas) masih dapat dikatakan paling hemat karena pada dasarnya jarak dibuka.

Ketika kulkas dibuka, maka sebagian udara dingin di dalamnya akan keluar dan menyebabkan suhu kulkas akan naik. Untuk menurunkan kembali suhu di dalam kulkas, diperlukan energy yang besar dan tentunya daya listrik yang besar pula.

Jadi dapat disumpatkan, bahwa menurut intensitas buka – tutupnua pintu, Fridge atau kulkas biasa berada di ururtan kedua untuk konsumsi daya. Sedangkan Showcase membutuhkan enegeri listrik yang cukup besar.

Namun, hal ini teratasi karena Showcase terbaru hadir dengan teknologi penghemat listrik, Semoga dengan perbedaan ketiga jenis lemari es tersebut, kamu bisa mencari perangkat kulkas yang tepat.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1311 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.