Diperbaharui pada Senin, 14 Desember 2015 | 10:53

Hal Yang Boleh dan Tidak Dilakukan Saat Ponsel Terkena Air

Musim hujan sudah tiba, waktunya untuk kamu menjaga gadget-gadget milikmu agar tidak terkena air hujan, Namun, bila dalam keadaan tertentu smartphone milikmu ternyata terkena air hujan atau jatuh ke genangan air, kamu jangan dulu panik.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan bila smartphone terkena air.

Segera amankan smartphone

Langkah paling awal tentunya segera amankan smartphone bila terkena hujan atau air. Bila smartphonemu terjatuh ke genangan air, segera angkat smartphonemu dan keringkan secukupnya. Hal ini untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Apa yang jangan dilakukan

Bila smartphonemu basah dan tiba-tiba mati, sebaiknya jangan berusaha untuk menyalakan smartphone saat itu juga. Jangan pula menggoyang-goyangkan ponsel dengan maksud mengeringkan ponsel. Hal ini justru bisa memperparah air yang masuk tersebar ke komponen lainnya. Jangan berusaha mengeringkan dengan cara ditiup, hal ini sama juga membuat air semakin masuk.

Baca juga: 4 Langkah Ini Mampu Mempercepat Pengisian Baterai Ponsel

Langkah perbaikan

  1. Matikan ponsel milikmu dengan cepat
  2. Copot casing belakang dan lepaskan simcard, baterai dan microSD.
  3. Gunakan kain bersih yang mudah menyerap air. Lap perlahan cairan yang masih tersisa dalam smartphonemu. Gunakan kain yang halus agar tidak menggores layar dan komponen lainnya.
  4. Jika masih ada air yang banyak disela-sela yang sulit dijangkau, kamu bisa menggunakan vakum untuk menyedot air. Gunakan secara hati-hati. Kamu bisa menggunakan vakum untuk menyedot air di sela-sela slot microSD, sim card dan baterai.
  5. Kubur smartphone kamu dalam beras. Beras menjadi salah satu bahan alami yang cepat menyerap air.
  6. Biarkan smartphonemu terkubur selama 1 hingga 2 hari agar benar-benar kering. Jangan mencoba untuk menghidupkan smartphone.
  7. Jika sudah dirasa kering, kamu bisa mengangkat smartphone dan memasang kembali sim card, baterai dan microSD.
  8. Jika smartphone tidak bisa menyala, coba charge dulu siapa tahu baterai habis. Namun, jika memang tidak ada tanda-tanda menyala, berarti smartphonemu perlu di servis.

Maka untuk mencegah smartphone terkena air hujan, kamu bisa membeli pelindung sehingga smartphonemu aman digunakan dan dibawa bepergian.

 

Baca juga artikel

Tips Meningkatkan Kualitas Suara Smartphone Android

Aplikasi Terbaik Untuk Merekam Kegiatan di Android

Open Camera, Aplikasi Kamera Android Gratis Kaya Fitur

Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3478 Posts