Diperbaharui pada Senin, 9 Oktober 2023 | 13:49

Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Salah menghapus file bisa membuat pekerjaanmu berantakan. Tapi tak usah khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus itu.

Perlu diingat, kemungkinan file tersebut ter-recover lebih besar selama kamu cepat menyadarinya. Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan filemu yang terhapus:

Cek Recycle Bin

Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Jangan buru-buru stress ketika file-mu terhapus. Coba cek recycle bin kamu. Ini adalah langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk recover filemu.

Setelah menemukan file yang dicari, cukup klik kanan dan pilih restore. Dengan begitu, filemu akan kembali dalam sekejap mata.

Gunakan Software File Recovery

Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Tahukah kamu jika ada software khusus yang bisa dugunakan untuk mengembalikan file yang terhapus? Meskipun file yang kamu cari di Recycle Bin sudah tak ada lagi, kamu tetap bisa mengembalikannya dengan software tersebut.

Ada banyak software file recovery yang bisa kamu pilih. Salah satu software yang banyak direkomendasikan adalah Recuva Portable.

Banyak pengguna PC yang mengandalkan software yang satu ini lantaran penggunaannya yang terbilang simpel. Selain itu, Recuva Portable memiiki track record yang bagus.

Alasan lain yang membuat software ini banyak digunakan adalah portabilitasnya. Kamu tak harus meng-install software ini di PC-mu. Untuk menggunakannya, cukup unduh program tersebut.

Setelah itu, unzip program ke dalam sebuah folder yang kamu simpan di flashdisk. Saat ingin menggunakannya, kamu hanya perlu mencolokkan flashdisk ke PC dan jalankan program.

Cek Back Up

Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Windows mempunyai tools backup yang bisa kamu gunakan untuk recover file kamu. Kamu juga mungkin melakukan backup hard drive secara rutin.

Dengan begitu, ada kemungkinan filemu tidak benar-benar hilang. Ada banyak program backup yang bisa digunakan. Jika kamu belum menggunakan program backup, mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk mengubah kebiasaanmu.

Gunakan Service Center

Cara Mengembalikan File yang Terhapus

Ini adalah alternatif lain untuk mendapatkan kembali file-filemu. Ada banyak layanan file recovery yang bisa kamu gunakan.

Selama hard drive kamu tidak rusak, mengembalikan data yang terhapus tetap memungkinkan untuk dilakukan. Memang, cara ini butuh biaya ekstra.

Tapi jika data yang hilang lebih berharga, jangan ragu untuk menggunakan layanan profesional untuk mendapatkannya kembali.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1662 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.