Diperbaharui pada Selasa, 16 Mei 2023 | 11:06

Ubah Kreativitas Jadi Penghasilan, 7 Platform Menjual Karya Desain Grafis Terbaik

Platform Menjual Karya Desain Grafis Terbaik

Desain grafis memainkan peran penting dalam menarik perhatian pada produk dan layanan di era kompetitif saat ini. Dengan kemajuan teknologi, para desainer grafis memiliki lebih banyak alat dan plugin yang lengkap serta kemudahan dalam mempromosikan dan memasarkan karya mereka secara online.

Saat ini, banyak platform online yang memungkinkan desainer untuk menjual karya desain mereka dan meraih penghasilan besar. Dengan memanfaatkan platform promosi online ditambah dengan sosial media, desainer dapat menjangkau pasar yang luas dan menarik minat klien potensial di pasar global.

Namun, bagaimana cara mempromosikan hasil karya desain secara online?

Internet telah membuka peluang baru bagi para desainer grafis untuk memasarkan karya mereka secara online. Ada beberapa cara agar internet dapat membantu desainer memasarkan hasil karya mereka.

  • Membangun portofolio online untuk menarik perhatian calon klien.
  • Memperluas jangkauan pasar ke seluruh dunia.
  • Memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Pinterest.
  • Meningkatkan visibilitas hasil pencarian dengan memperhatikan SEO di mesin pencari seperti Google.

Platform Menjual Karya Desain Grafis Terbaik

Platform Menjual Karya Desain Grafis Terbaik

Untuk memenuhi cara di atas, ada baiknya jika Anda memanfaatkan platform untuk menjual dan mempromosikan karya desain grafis secara online yang sudah banyak tersedia.

Berikut ini merupakan daftar platform promosi atau menjual karya desain grafis yang paling banyak dikunjungi dan diunduh di berbagai negara.

1. Designhill

Designhill adalah platform desain grafis yang menyediakan berbagai layanan desain seperti logo, kemasan produk, desain website, dan lain-lain. Desainer dapat bergabung sebagai freelancer dan menawarkan jasa desain mereka kepada klien yang membutuhkan.

2. Canva

Canva adalah platform desain grafis yang sangat user-friendly dan cocok untuk desainer yang baru memulai. Canva menyediakan berbagai template dan fitur yang mudah digunakan untuk membuat desain grafis seperti poster, undangan, kartu nama, dan lain-lain.

3. Creative Market

Creative Market adalah platform desain grafis yang memfasilitasi penjualan dan pembelian berbagai jenis karya desain. Dari font hingga template, bahkan mockup produk, semuanya tersedia di sini. Komunitas aktif di Creative Market juga menjadi sarana bagi desainer untuk mempromosikan karya mereka dengan lebih baik.

4. Behance

Behance adalah salah satu platform desain grafis yang paling populer di dunia. Dengan lebih dari 10 juta pengguna, Behance memungkinkan desainer untuk mengunggah portofolio mereka dan menampilkan karya mereka kepada khalayak yang lebih luas. Behance juga menawarkan fitur-fitur seperti mengikuti pengguna lain, mengirim pesan, dan mencari inspirasi dari desainer lain.

5. Dribbble

Dribbble adalah platform desain grafis yang menyediakan ruang bagi desainer untuk memamerkan hasil karya mereka dalam bentuk gambar atau animasi. Dribbble juga memiliki komunitas yang aktif di seluruh dunia dan memungkinkan pengguna untuk menghubungkan dengan desainer lain dan menemukan pekerjaan baru.

6. 99designs

99designs adalah platform desain grafis yang menawarkan jasa desain untuk berbagai kebutuhan seperti logo, kemasan produk, dan desain website. 99designs juga memiliki sistem kontes desain, di mana klien dapat memilih desain yang terbaik dari berbagai desain yang masuk.

7. Shutterstock

Shutterstock adalah platform yang menyediakan berbagai jenis konten digital seperti gambar, video, dan musik yang dapat digunakan oleh desainer untuk memperkaya hasil karya mereka. Desainer dapat membeli lisensi untuk menggunakan konten yang tersedia di Shutterstock dan menggunakannya dalam proyek desain mereka.

Platform Menjual Karya Desain Grafis Terbaik

Desainer perlu mempertimbangkan fitur, biaya, dan target pasar saat memilih platform untuk mempromosikan dan menjual karya desain grafis. Dengan platform yang tepat, desainer dapat dengan mudah memasarkan dan menjual hasil karyanya secara online.

Indihome, sebagai penyedia internet cepat terkemuka di Indonesia dari Telkom, merupakan pilihan utama para desainer. Dengan koneksi internet stabil dan cepat dari Indihome, desainer dapat dengan lancar menjual karya terbaik mereka di berbagai platform online.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1659 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.