Diperbaharui Pada Senin, 3 Jan 2022 | 18:59

Cara Membersihkan Kipas Angin Gantung

Foto: Pixabay

Saat Anda sedang membersihkan rumah pasti ada beberapa bagian yang sulit terjangkau untuk dibersihkan, seperti sudut langit langit rumah yang berdebu atau kipas angin gantung. 

Kipas yang dipakai dengan keadaan debu yang menumpuk akan membuat suaranya menjadi berisik. Selain itu, Jika tidak dibersihkan akan menyebabkan kerusakkan pada motornya. 

Untuk menghindari terjadinya kedua masalah tersebut, atau masalah-masalah lainnya, maka kipas angin gantung perlu dirawat secara rutin.

Bila perawatan tidak dilakukan, bukan tidak mungkin Anda akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak lagi untuk mengganti motor dengan yang baru.

Angin yang dihasilkan dari kipas yang kotor juga dapat menimbulkan bakteri penyebab penyakit. Maka dari itu, Anda harus meluangkan waktu untuk membersihkannya. Berikut cara membersihkan kipas angin gantung.

Cara Membersihkan Kipas Angin Gantung

Foto: Pixabay

Sebelum memulai, pastikan kipas dalam keadaan mati saat akan dibersihkan, Jika bilah kipas masih berputar, tunggu hingga benar-benar berhenti dan Anda baru bisa mulai membersihkannya.

Biasanya bagian kipas yang paling sering kotor dan berdebu adalah bilah kipas dan berikut 2 cara untuk membersihkan bilah kipas angin gantung yang kotor

1. Bersihkan Debu di Bilah Kipas

Untuk mengantisipasi banyak debu dan kotoran yang jatuh, Anda bisa meletakkan kain lap atau sprei di bawah lantai untuk menangkap debu dan kotoran tersebut. Gunakan sapu atau vacuum cleaner untuk membersihkannya kemudian.

Bersihkan Bilah kipas dengan kemoceng gagang panjang agar mudah dijangkau. Tapi jika Anda hanya mempunyai kemoceng kecil atau kain, Anda bisa menaiki tangga atau bangku untuk menjangkau kipas lalu menyeka setiap sela-sela bilah kipas.

2. Lap Bilah Kipas

Setelah menyeka debu di bilah kipas, lap kipas menggunakan kain atau spons yang sudah dibasahi pembersih. Jangan menyemprotkan pembersih langsung ke kipas, karena bisa saja Anda malah menyemprotkan ke bagian mesin

Untuk kipas gantung yang ada lampunya, Anda bisa menyeka bagian luar lampu atau melepas penutup lampu dan mencucinya di wastafel

Pastikan untuk mengeringkan penutup lampu sebelum memasangnya, begitu juga dengan bilah kipas. Jangan menyalakan kipas yang masih lembab karena bisa saja akan menarik debu baru dan Anda akan repot mengulang lagi dari awal.

Lakukan perawatan ini minimal seminggu sekali agar kipas angin gantung selalu bersih dan Anda mendapatkan udara segar dan sejuk sekaligus untuk meminimalisir kotoran yang jatuh dari bilah kipas.

Selamat mencoba!

70 Posts

Contribur