Diperbaharui pada Jumat, 26 November 2021 | 14:10
Cara Tukar Botol Plastik Jadi Uang di Mesin Vending Plasticpay

cara dapat poin plasticpayFoto: Plasticpay

Bagi Anda yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya, mungkin pernah menemukan mesin vending yang bisa menukar botol plastik bekas dengan uang? Mesin tersebut adalah Reverse Vending Machine (RVM) Plasticpay.

Mesin ini dibuat oleh PT Plasticpay Teknologi Daurulang yang merupakan sebuah perusahaan platform digital berbasis sosial digital sekaligus sebagai entitas usaha dari PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV).

Sistem kerja RVM Plasticpay adalah dengan menerima penukaran sampah botol plastic, dan mengubahnya menjadi poin secara otomatis, yang tersedia di tempat-tempat umum seperti mall dan minimarket.

Hingga akhir November 2021, sudah tersedia 7 unit RVM Plasticpay yang dipasang di 7 lokasi di Jakarta, sebagai hasil dari kolaborasi dengan berbagai pihak seperti Bank Syariah Indonesia (BSI), Grand Indonesia Mall, Danone-Aqua, Alfamart dan juga Sahabat Sirkulasi Semesta.

Cara Menggunakan RVM Plasticpay

cara menggunakan vending machine plasticpayFoto: Plasticpay

Menurut data yang rilis oleh Plasticpay, perusahaan sudah berhasil mengumpulkan lebih dari 19 ton sampah botol plastik melalui ratusan Dropbox yang dipasang diberbagai titik di Jabodetabek, per akhir November 2021.

RVM Plasticpay merupakan salah satu upaya lain dari Plasticpay untuk mengumpulkan sampah-sampah botol plastik yang menjadi salah satu sumber polusi sampah plastik di Indonesia pada umumnya, dan Jakarta pada khususnya.

Untuk menggunakan RVM Plasticpay dan mengubahnya menjadi uang yang akan ditransfer ke akun dompet digital Anda mulai dari OVO, Dana, Gopay, LinkAja, hingga InaCash, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

  1. Download aplikasi Plasticpay.
  2. Scan QR code di RVM melalui aplikasi smartphone.
  3. Pilih ‘Tukar Botol Sekarang’ yang muncul di layar RVM.
  4. Pindai barcode yang ada pada botol di PET scanner pada RVM.
  5. Masukkan botol di lubang yang tersedia pada mesin RVM.
  6. Pilih 'Ambil Poin' untuk mengambil poin Anda.
  7. Cek poin yang masuk di aplikasi Plasticpay.
  8. Pilih 'Redeem' dan pilih dompet digital yang diinginkan.
  9. Poin akan berubah menjadi uang dan masuk ke dompet digital Anda.

Bagaimana, mudah bukan? Dengan cara ini, maka Anda bisa mengumpulkan uang hanya dengan cara membuat sampah botol plastik yang tidak digunakan. Aplikasi Plasticpay tersedia di Google Play Store dan App Store.

Selain RVM, Anda juga bisa menukarkan sampah botol plastik melalui Dropbox Plasticpay yang ada di beberapa titik di Jabodetabek dengan cara sbb:

  1. Download aplikasi Plasticpay.
  2. Cek User ID Anda pada aplikasi.
  3. Kumpulkan minimal 5 botol plastik bekas dalam kantong plastik.
  4. Tulis User ID Anda pada kantong plastik menggunakan spidol.
  5. Cari lokasi dropbox dan letakkan sampah tersebut di tempat yang tersedia.
  6. Tim Plasticpay akan mengumpulkan sampah botol plastik dan poin akan dikirimkan ke aplikasi Anda.

Plasticpay akan terus menambah jumlah Plasticpay Dropbox yang mana saat ini sudah terpasang lebih dari 200 unit. Plasticpay telah menargetkan hingga akhir tahun 2021, dapat memasang sekitar 10 unit RVM dan 300 unit Plasticpay Dropbox.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

924 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.