Diperbaharui Pada Senin, 19 Apr 2021 | 11:36

5 Cara Mudah Atasi Layar iPhone Baru Tidak Merespon

Foto: Pexels

Sebagai smartphone yang mengandalkan layar sentuh, iPhone selalu merancang layar dengan teknologi terbaik untuk kenyamanan para penggunanya. Namun, ini tidak menutup kemungkinan terjadinya masalah seperti layar yang tidak merespon. 

Masalah ini sering dialami oleh para pengguna iPhone. Seringkali layar iPhone tidak berfungsi saat disentuh, atau bahkan iPhone seperti mengakses berbagai aplikasi dengan sendirinya.

Ini biasanya disebabkan karena iPhone pernah terjatuh, atau mungkin terkena air. Masalah ini tentu membuat penggunanya cemas. Tapi tidak perlu pusing, disini kami akan memberikan tips untuk mengatasi masalah layar iPhone yang tidak merespon.

Cara Mengatasi Layar iPhone yang Tidak Merespon

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki layar iPhone yang tidak merespon, diantaranya sebagai berikut:

1. Restart Hp

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan merestart iPhone. Biasanya, layar yang tidak merespon terjadi karena mesin pada iPhone terlalu lelah, sehingga menjadi error.

Jika layar hp kamu mulai error coba mulai ulang dengan menekan tombol power di bagian samping hp hingga muncul opsi turn off, slide turn off ke kanan hingga iPhone mati, tunggu beberapa saat, kemudian nyalakan kembali.

Cara ini terbilang cukup ampuh dalam mengatasi layar iPhone yang tidak merespon. Jika tidak berhasil, coba langkah berikutnya.

2. Ganti Pelindung Layar 

Penyebab lain dari layar iPhone yang tidak merespon adalah karena pelindung layar yang kotor. Seringkali pelindung layar yang seharusnya berfungsi untuk mencegah layar retak jika terjatuh, maupun melindungi dari goresan yang mungkin terjadi, malah membuat layar iPhone menjadi tidak responsif.

Karenanya, coba lepaskan pelindung layar pada iPhone kamu. Karena bisa jadi, mungkin ini penyebab layar iPhone kamu tidak merespon Ketika disentuh.

3. Update iPhone di iTunes

Jika dua cara sebelumnya masih belum berhasil untuk memperbaiki layar iPhone kamu, mungkin kamu harus melakukan tindakan lanjutan dengan mengupdate iPhone melalui iTunes seperti cara berikut ini.

  1. Hubungkan iPhone ke komputer, buka aplikasi iTunes pada komputer. Jika kamu menggunakan MacBook gunakan aplikasi Finder.
  2. Tekan dan tahan tombol power dan tombol volume turun secara bersamaan hingga muncul mode restore.
  3. Pada komputer kamu akan muncul tampilan yang berisi opsi untuk restore iPhone. Kemudian pilih “Update”.

4. Reset iPhone

Seharusnya, dengan cara mengupdate iPhone sudah bisa menyelesaikan masalah pada layar iPhone. Namun jika cara tersebut masih belum berhasil, mungkin iPhone kamu memiliki masalah yang lebih serius. 

Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan mereset iPhone seperti berikut ini.

  1. Backup iPhone terlebih dahulu, hal ini dilakukan agar data yang ada pada iPhone tidak hilang.
  2. Gunakan penyimpanan iCloud, atau pindahkan seluruh data penting mu ke komputer.
  3. Buka pengaturan pada iPhone, lalu pilih “General”, dan pilih “Reset”.
  4. Pilih, “Backup and Reset” kemudian tunggu beberapa saat hingga iPhone merestart dengan sendirinya.

Setelah melakukan cara ini, iPhone akan memulai kembali dengan tampilan layaknya iPhone baru.

5. Cari Bantuan Ahlinya

Mereset iPhone mungkin merupakan pilihan yang berat, jadi sebelum melakukannya sebaiknya hubungi Support Apple terlebih dahulu. Ini mungkin bisa jadi pertimbangan yang baik sebelum mereset iPhone kamu.

Jika setelah mereset iPhone, layar masih belum merespon juga, segera bawa iPhone kamu ke service terdekat, dan pastikan kamu memilih tempat service yang terpercaya dan resmi.

Nah, itu dia 5 cara mengatasi masalah layar iPhone yang tidak merespon. Semoga berhasil!

Content Writter

1681 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.