Diperbaharui Pada Senin, 7 Agu 2023 | 14:06

Cara Ubah Live Photos di iPhone Jadi Boomerang

Foto: Support Apple

Bagi para pengguna iPhone, pasti sudah tidak asing dengan fitur Live Photos pada kamera. Sayangnya, beberapa orang mungkin merasa terganggu jika tidak sengaja mengaktifkan fitur ini. Padahal, sebenarnya fitur Live Photos ini sangat berguna jika kamu bisa memanfaatkannya.

Apa Itu Fitur Live Photo iPhone?

Sebagian pengguna iPhone mungkin masih ada yang bertanya-tanya, apa itu Live Photos, dan apa fungsinya? 

Penjelasan mudahnya,  fitur Live Photos adalah fitur yang terdapat pada iPhone, yang mampu merekam momen 1,5 detik sebelum dan setelah mengambil gambar. Dengan ini, kamu akan mendapatkan hasil foto yang lebih hidup. 

Salah satu cara untuk mengecek apakah foto yang kamu ambil berupa Live Photo adalah dengan melihat ikon LIVE di sebelah kanan atas foto. 

Dokumen foto yang berupa Live Photo juga bisa kamu ubah menjadi foto biasa, maupun menjadi dokumen video singkat. Bagaimana caranya?

Cara Mengubah Live Photos Menjadi Foto Biasa

  1. Buka Camera Roll, pilih Live Photo yang ingin diubah.
  2. Pilih edit di bagian pojok kanan atas.
  3. Pilih ikon Live Photo di bagian bawah.
  4. Pilih frame foto terbaik yang ingin kamu simpan.
  5. Klik ikon Live Photo berwarna kuning dibagian atas.
  6. Kemudian pilih “Done”.

Dengan ini Live Photo akan otomatis berubah menjadi dokumen foto biasa.

Cara Mengubah Live Photos Menjadi Video

Selain mengubahnya menjadi dokumen foto biasa, kamu juga bisa mengubah Live Photos menjadi dokumen video dengan cara berikut ini:

  1. Buka Camera Roll, pilih Live Photo yang ingin diubah.
  2. Pilih ikon share di pojok kiri bawah.
  3. Scroll kebawah hingga menemukan opsi “Save as Video”
  4. Live Photos akan langsung tersimpan sebagai video baru.

Biasanya fitur Live Photos ini juga sering dijadikan konten Boomerang pada aplikasi Instagram loh! Keren banget kan? 

Kamu hanya perlu membuka kamera iPhone, lalu aktifkan Live Photos, kemudian ambil gambar seperti biasa. Setelah itu, kamu bisa langsung mengubah Live Photo tersebut menjadi video.

Cara Menonaktifkan Fitur Live Photos iPhone

Nah, khusus buat kamu yang merasa terganggu dengan hadirnya fitur Live Photo pada iPhone, kamu bisa mematikannya dengan cara berikut ini:

  1. Buka kamera iPhone.
  2. Klik ikon Live Photos di bagian tengah atas.
  3. Pilih off.

Gampang banget kan? Sekarang kamu bisa memanfaatkan fitur Live Photos yang tersedia di iPhone dengan lebih nyaman, sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba!

Content Writter

1681 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.