Diperbaharui Pada Senin, 16 Jan 2023 | 15:54

USB Security Key Bikin Pusing Hacker! Begini Cara Pakainya

Keamanan data merupakan hal yang paling serius di ranah internat. Kejahatan internet seperti penyadapan dan pencurian data mungkin saja terjadi pada perangkat yang kita gunakan. Kini ada perangkat keamanan dalam bentuk fisik bernama USB Security Key.

Meskipun Google telah memberikan berbagai macam cara untuk melindungi akun para penggunanya dari malware, namun masih saja banyak terjadi pembobolan password dan pencurian data yang dilakukan oleh pihak tertentu.

Nampaknya, peningkatan keamanan yang diberikan oleh Google beberapa waktu lalu, dengan cara 2 langkah verifikasi melalui kode yang dikirimkan ke smartphone masih belum cukup.

Apa Itu USB Security Key?

USB Security Key merupakan sebuah perangkat yang dikemas dalam bentuk USB, mirip seperti flashdisk. Perangkat ini dirancang untuk mengakses internet pada smartphone, laptop, maupun PC.

Jika biasanya Anda hanya perlu menggunakan password untuk mengakses akun Google atau media sosial lainnya, kini Anda perlu mencolokan atau menghubungkan USB Security Key ke perangkat Anda untuk mengakses media sosial tersebut.

Hal ini berguna untuk keamanan lebih lanjut agar terhindar dari peretasan dan pencurian data di akun Anda.

Fitur ini telah mendukung banyak situs termasuk Twitter, Facebook, Google, Instagram, GitHub, Dropbox, Electronic Arts, Epic Games, layanan akun Microsoft, Nintendo, Okta, dan Reddit. Anda juga dapat menggunakannya untuk masuk ke macOS.

Bagaimana Cara Kerjanya?

USB Security Key ini menerapkan kode one time password atau yang biasa di sebut kode OTP, seperti pada aplikasi Google Authenticator. Kode OTP ini akan dikirimkan ke nomer ponsel Anda, kemudian Anda bisa memverifikasinya.

Setelah memasukkan username dan password untuk login di akun Google, Anda diharuskan memasukkan security key ini pada port usb. Jika tidak mencolokan USB tersebut, maka akun Anda tidak dapat diakses.

Cara Menggunakan USB Security Key

Untuk menggunakan kunci keamanan dengan akun Anda, baik Google atau akun apa pun, Anda harus sudah menyiapkan otentikasi dua faktor.

1. Masuk ke akun Google Anda, dan klik ikon profil Anda di pojok kanan atas. Pilih "Akun Google".

2. Di menu sebelah kiri, klik "Keamanan". scroll ke bawah hingga Anda melihat "Masuk ke Google". Klik tautan "verifikasi 2 langkah". Pada tahap ini, Anda mungkin perlu masuk ke akun Anda lagi.

3. Scroll ke bawah hingga Anda melihat "Siapkan langkah kedua alternatif". Cari opsi "Kunci Keamanan" dan klik "Tambahkan Kunci Keamanan".

4. Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi untuk memastikan kunci ada di dekat Anda tetapi tidak dicolokkan. Klik "Berikutnya."

5. Masukkan kunci Anda ke port USB laptop atau komputer Anda. Ketuk tombol pada kunci, lalu klik “Izinkan”.

4. Beri nama USB Security Key Anda.

5. Sekarang Anda sudah siap! Anda dapat kembali ke halaman akun Google Anda untuk mengganti nama, menambah, atau menghapus kunci tambahan.

Langkah ini juga bisa Anda terapkan di akun media sosial lainnya, seperti Facebook dan Twitter. Dengan ini, Anda tidak perlu khawatir tentang peretasan atau penyadapan data. Selamat mencoba!

Content Writter

1681 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.