Diperbaharui Pada Rabu, 30 Sep 2020 | 19:46

Tips Beli Hp Gaming yang Baik, Awas Jangan Salah Beli!

Foto: ASUS

Perkembangan teknologi yang semakin canggih, membuat dunia gaming semakin menarik. Tidak heran jika para produsen smartphone berlomba-lomba membuat produk dengan iming-iming ‘smartphone gaming’. Ada puluhan bahkan ratusan smartphone gaming yang dijual di pasaran dengan harga dan spesifikasi yang berbeda-beda. 

Namun, kamu tidak perlu pusing untuk memilih. Karena, Pricebook memberikan tips membeli hp gaming, serta rekomendasi merk smartphone gaming terbaik 2020.

Tips Membeli Hp Gaming yang Baik

Foto: ASUS

Sebelum membeli smartphone gaming baru, kamu perlu mempertimbangkan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli smartphone gaming.

1. Chipset dan GPU 

Chipset dan GPU merupakan otak dari sebuah smartphone. Saat ingin membeli hp, hal utama yang harus dipertimbangkan adalah chipset. 

Kenali jenis chipset yang digunakan pada smartphone. Hp gaming selalu dibekali dengan chipset yang cepat. Rekomendasi kami, carilah hp dengan chipset Snapdragon.

2. Kapasitas Baterai dan Fitur Fast Charging

Setelah mempertimbangkan chipset dari hp gaming yang akan dibeli, kamu perlu melihat kapasitas baterai yang dimiliki hp tersebut. Semakin tinggi kapasitas baterai yang dimilikinya, maka akan semakin baik juga hp tersebut digunakan untuk bermain game. 

Pastikan juga, hp gaming ini didukung dengan teknologi fast charging yang membuat pengisian baterai smartphone tidak lagi memerlukan waktu yang lama.

3. Kapasitas Memori RAM

Bukan hanya baterai, kapasitas memori juga sangat berperan penting untuk hp gaming. Dalam memilik hp gaming yang baik, kamu harus mempertimbangkan RAM dan memori internal yang dimiliki oleh hp tersebut. 

RAM bekerja untuk menyimpan data – data game yang kamu miliki. Pilih RAM hp sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu ingin memainkan game yang berat, maka pilihlah hp dengan RAM yang besar.

4. Resolusi Layar

Beralih ke spesifikasi layar smartphone. Selain chip, baterai, dan memori, spesifikasi layar pada hp juga perlu dipertimbangkan dalam memilih hp gaming. 

Untuk menikmati visual atau gambar yang menakjubkan, hp perlu memiliki resolusi layar tinggi dengan minimal kualitas 1080p.

Selain itu, ukuran layar yang lebih luas juga memugkinkan untuk memaksimalkan kamu saat bermain game. Pilih jenis layar yang berukuran diatas 5 inci untuk menambah kepuasan bermain.

Itu dia, tips untuk membeli hp gaming yang baik. Selanjutnya, kami memberikan rekomendasi spesifikasi minimum hp yang bagus untuk bermain game.

Spesifikasi Minimum untuk Hp Gaming yang Baik

Foto: ASUS

1. Rekomendasi Chipset

Saat ini chipset terbaik dikuasai oleh Qualcomm dan MediaTek. Untuk sekarang ini kami merekomendasikan chipset Snapdragon 835 terbaru, atau chipset Snapdragon seri 800 lainnya. 

Selain itu kamu juga bisa memilih chipset Exynos buatan Samsung, Kirin buatan HUAWEI, serta seri “Ax” eksklusif Apple untuk pengguna iPhone. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki.

2. Rekomendasi Layar

Kami merekomendarikan layar diatas 5 inci dengan bazel tipis agar permainan kamu semakin nyaman. Semakin luas layarnya, maka semakin enak cara mengentrol permainannya.

3. Rekomendasi Memori

Umumnya, RAM yang stkamur untuk smartphone saat ini adalah minimal 4 GB atau 6 GB. Sementara, memori internal yang dibutuhkan minimal 64 GB, dan idealnya 128 GB. 

Agar kegiatan bermain tidak terganggu, jangan beli smartphone dengan memori internal 8 GB, dan RAM dibawah 4 GB. Semakin tinggi kapasitas memori yang dimiliki, maka akan membuat permainan kamu semakin nyaman.

4. Rekomendasi Baterai

Hp gaming yang bagus, sebaiknya memiliki kapasitas baterai diatas 5000 mAh dan didukung dengan fast charging untuk mengoptimalkan kinerja yang serba cepat.

Jika masih bingung, disini kami juga telah merangkum rekomendasi merk hp gaming terbaik dan produk-produk kamulannya.

Rekomendasi Merk Hp Gaming 

ASUS 

Foto: ASUS

ASUS menawarkan banyak pilihan hp gaming dengan spek dewa, merk hp ASUS bisa menjadi pilihan kamu untuk memilih hp gaming terbaik. Diantaranya, ASUS ROG Phone 3, ASUS ROG Phone 2, ASUS ROG Phone, ASUS Zenfon 6, ASUS Zenfon 5, ASUS Zenfon Max Pro M2, dan ASUS Zenfon Max Pro M1.  

Black Shark 

Foto: GSM Arena

Jika kamu penggemar game sejati, pasti sudah tidak asing dengan merk yang satu ini, Black Shark dikenal karena kemampuan gamingnya yang luar biasa, meski terbilang baru, produsen hp Black Shark ini mampu bersaing dengan merk hp lainnya terdahulu. Model hp Black Shark yang dapat menjadi pilihan diantaranya, Black Shark 3, Black Shark 3 Pro, Black Shark 2, dan Black Shark 2 Pro.

realme

Foto: realme

Kabar baik bagi kamu yang menginginkan hp gaming dengan spek tinggi namun dengan budget yang murah, realme merupakan pilihan yang tepat. Meskipun kebanyakan menyasar segmen hp kelas menengah, hp realme juga memberikan spesifikasi dan fitur yang sangat baik untuk hp gamingnya. Rekomendasi hp gaming realme diantaranya, realme X50 Pro, realme 6 Pro, realme C11, dan realme X3 SuperZoom.

Samsung

Foto: Samsung

Meski Samsung mengeluarkan banyak produk hp yang sangat canggih, tidak semua hp miliknya mampu digunakan untuk bermain game dengan baik. Berikut ini, rekomendasi hp gaming Samsung terbaik versi Pricebook, Samsung Galaxy S10 Plus, Samsung Galaxy Note 20, Samsung Galaxy A30s, Samsung Galaxy A50, Samsung Galaxy A70, dan Samsung Galaxy A51. 

LG

Foto: LG

Adapun rekomendasi hp gaming terbaik lainnya adalah LG. Produk besutan LG ini selalu ingin memberikan kenyamanan yang maksimal bagi penggunanya. Tak heran, jika LG menawarkan spek dewa pada hp gamingnya. Hp gaming LG yang dapat kamu jadikan pilihan diantaranya, LG G8 ThinQ, LG V40 ThinQ, LG V35 ThinQ, LG G7 ThinQ, dan LG G7 Fit. 

Nah, itu dia rekomendasi hp gaming dari Pricebook. Kira-kira, mana hp gaming andalanmu?

Contributor

148 Posts