Diperbaharui pada Senin, 6 Juli 2020 | 17:24

Cara Mudah Mencoba Android 11 Beta

android 11 beta
Saat ini, Google telah merilis sistem operasi Android 11 versi Beta yang bisa dicoba bagi Anda yang menggunakan smartphone Pixel.

Android 11 versi Beta sendiri sudah dapat terpasang pada perangkat Pixel 4 XL, Pixel 4, Pixel 3a XL, Pixel 3a, Pixel 3 XL, Pixel 3, Pixel 2 XL, dan Pixel 2 yang semuanya merupakan perangkat buatan Google.

Bagaimana dengan Anda, sudahkah memasang dan mencoba sistem operasi Android terbaru dari Google tersebut? Jika belum, maka ketahui lebih lanjut tentang Android 11 Beta di bawah ini!

Tentang Android 11 Beta

android 11

Saat ini, Google menawarkan bagi Anda cara mudah menggunakan Android versi 11 Beta. Peluncuran sistem operasi terbaru ini sendiri diumumkan oleh pihak Google melalui akun Twitter resminya.

Anda sebagai pengguna smartphone Pixel sudah bisa mendaftarkan diri sebagai peserta program Beta sehingga bisa mengunduhnya. Android versi 11 Beta sendiri membawa beberapa fitur terbaru.

Diantaranya seperti notifikasi chat yang dapat muncul pada bagian khusus di menu pull-down. Notifikasi ini dapat ditarik dari atas layar. Dari fitur tersebut, Anda sebagai pengguna dapat langsung melakukan percakapan dengan orang lain.

Tak hanya itu, Google juga menambahkan fitur baru pada tombol daya di luar fungsi standar. Fitur tersebut dapat Anda pakai untuk restart, menyalakan, atau mematikan perangkat.

Terdapat pula fitur one-time permission yang mana Anda dapat mengatur aplikasi sehingga hanya aplikasi tertentu yang memiliki akses sekali ke aspek ponsel layaknya mikrofon, kamera, hingga lokasi.

Android 11 versi Beta sendiri untuk pertama kalinya memberikan fitur screen recorder yang dapat Anda gunakan untuk merekam video di layar ponsel saat melakukan aktivitas.

Meski sudah lazim ditemukan pada smartphone, namun hanya berupa tambahan dari vendor yang merupakan bukan bawaan dari default Android.

Cara Cek Smartphone yang Kompatibel

android 11 beta

Saat Anda ingin menggunakan Android 11 versi Beta, maka Anda perlu memastikan atau mengecek terlebih dahulu apakah smartphone Anda kompitabel untuk sistem operasi tersebut atau tidak.

Lantas, bagaimana cara melakukan pengecekan tersebut? Untuk mengeceknya, Anda dapat masuk ke akun Google, kemudian lihat daftar perangkat yang memenuhi syarat.

Jika Anda sudah ikut serta dan menerima semua Persyaratan Layanan Program Beta Android, maka dari situ Anda dapat menyatakan pendapat mengenai sistem operasi Android terbaru tersebut secara langsung melalui perangkat.

Cara Mendaftar Program Android 11 Beta

cara daftar android 11 beta

Saat ini, Anda tidak perlu lagi menempuh proses rumit dan rawan gagal seperti melakukan flash perangkat untuk memperbarui sistem operasi. Caranya yakni dengan mendaftarkan diri untuk menerima pemberitahuan hanya dengan beberapa klik saja.

Dengan begitu, akan lebih mudah dan siap menginstalnya melalui perangkat yang Anda punya. Lantas, bagaimana cara mendaftar program Android 11 Beta?

Anda bisa langsung mengunjungi situs Beta Android 11 kemudian mendaftarklan smartphone yang sudah memenuhi syarat melalui alamat berikut https://www.google.com/android/beta.

Selanjutnya, Anda dapat melakukan pencarian profil ponsel dengan cara menekan menu view your eligible devices dan klik enroll under your phone.

Kemudian, Anda juga akan memperoleh pemberitahuan bahwa perangkat lunak sudah siap dilakukan pemasangan.

Apabila Anda ingin memeriksanya secara manual, maka dapat membuka menu pengaturan kemudian klik System lalu klik System Update.

Lalu tekan Check for Update agar dapat melihat apakah Anda bisa melakukan pengunduhan software yang baru.

Apabila Anda sudah mencoba mendaftar namun tidak ada pemberitahuan lebih lanjut, maka satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan tetap menunggu hingga pemberitahuan selanjutnya masuk.

android 11 beta

Pembaruan Beta pada smartphone sendiri bisa Anda lihat dalam beberapa menit usai mendaftar atau bahkan memerlukan waktu hingga berjam-jam.

Google sendiri mengatakan bahwa Anda mungkin memerlukan waktu hingga lebih dari 24 jam agar software dapat dipasang melalui smartphone.

Untuk itu, Anda harus lebih sabar menunggu hingga software tersebut dapat diunduh. Jika sudah diunduh, maka smartphone Anda tersebut dapat memulai proses instalasi memakai Android 11 Beta.

Adapun dengan menggunakan cara update di atas, maka Anda akan menerima seluruh pemberitahuan OS di masa depan. Meski Google sudah membukanya secara umum, namun versi Android yang satu ini merupakan sebuah software yang belum selesai.

Pasalnya, versi ini sendiri diperuntukan bagi pengembang untuk menguji aplikasi. Untuk itu, sebelum Anda mempraktekkan cara install Android 11 Beta di atas, ada baiknya mencadangkan terlebih dahulu semua file maupun data Anda kemudian lakukan pengupdatean dengan cara yang hati-hati.

Kelebihan dan Kekurangan Ikut Program Beta

kekurangan dan kelebihan android 11

Seperti yang Kita ketahui, ada banyak fitur terbaru yang bisa Anda dapatkan melalui Android 11 Beta. Dengan adanya fitur tersebut tentu saja merupakan suatu kelebihan tersendiri dari versi Android terbaru tersebut. Beberapa fitur tersebut seperti:

1. Dapat membisukan pemberitahuan selama melakukan video recording

Anda tentu pernah merasa terganggu dengana danya pemberitahuan yang muncul saat sedang melakukan perekaman video. Dalam versi Android 11 sendiri pengguna bisa membisukan masuknya pemberitahuan saat melakukan video recording.

2. Dapat meningkatkan sensitivitas sentuhan

Saat Anda menggunakan pelindung layar, maka Anda akan menyukai fitur yang satu ini. Google sendiri memerlukan opsi untuk meningkatkan sensitivitas sentuhan pada menu Pengaturan.

Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan sensitivitas layar perangkat saat digunakan.

3. Saat Airplane Mode, Bluetooth masih bisa menyala

android 11 beta

Pada pengaturan yang lalu, apabila Anda mengaktifkan Airplane Mode maka otomatis Bluetooth pada perangkat akan mati. Tentu saja, hal tersebut menjadi kekurangan tersendiri terlebih saat pengguna memakai headphone Bluetooth yang terhubung.

Berbeda dengan adanya Android Beta 11 maka meski mengaktifkan Airplane Mode Bluetooth masih bisa aktif.

4. Tersedia mode gelam yang dapat menyesuaikan waktu

Kelebihan yang satu ini dimunculkan oleh Android 10 sebelumnya, namun pada Android 11 saat ini mode gelap memiliki kemampuan lebih. Yakni secara otomatis nyala dan mati yang menyesuaikan waktu hari.

5. Hanya saja untuk menggunakannya hanyalah perangkat yang memenuhi syarat

Menggunakan Android 11 Beta memang memerlukan Anda untuk mengecek terlebih dahulu apakah perangkat dapat memenuhi syarat. Jika memenuhi, maka Anda bisa mulai download Android 11 tersebut.

6. Fitur pemulihan file

Fitur yang satu ini dapat Anda gunakan untuk memulihkan file yang sudah dihapus. Dengan begitu file maupun foto yang sudah Anda hapus tidak akan sepenuhnya terhapus dalam jangka waktu 30 hari.

Hal tersebut berarti, Anda memiliki kesempatan untuk memulihkan file yang sebelumnya sudah dihapus. Berbeda dengan versi Android sebelumnya, yang mana saat Anda menghapus file maupun foto, maka file dan foto tersebut tidak dapat Anda oulihkan sama sekali.

Tentu saja ada banyak sekali fitur lain yang bisa Anda peroleh dari Android 11 Beta. Namun, tidak menjamin juga bahwa semua fitur tersebut akan diubah ataupun dihapus oleh pihak Google.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.