Diperbaharui pada Senin, 6 April 2020 | 20:38

Review Xiaomi Mi Air Purifier 2, Bisa Nyambung ke Hp

review xiaomi mi air purifier

Bagi penderita segala macam alergi ada baiknya bagi Anda untuk menggunakan pembersih udara atau Air Purifier. Terlebih musim pandemi saat ini, jaga-jaga kalau ada virus atau bakteri jahat di udara ruangan Anda.

Bicara tentang Pembersih Udara atau air purifier, Xiaomi telah mengeluarkan produk BYOD terbaru mereka di Indonesia bernama Mi Air Purifier. Kebetulan, Pricebook sudah mencoba unit Mi air purifier 2, atau generasi kedua dari air purifier terbaik miliki Xiaomi.

Alat ini sangat berguna untuk membersihkan udara dari alergen serta partikel mikroskopis berbahaya lainnya. Sejatinya model dari Mi Air Purifier sudah memasuki generasi ke-3 alias Xiaomi mi air purifier 3, namun baru diperkenalkan di Indonesia karena beberapa hal.

Berikut Review Mi Air Purifier

Xiomi Mi Air Purifier memiliki desain bodi yang umum seperti desain Air purifier lainnya. Hampir dilihat tak ada yang unik dari tiap sisi, bahkan kisi-kisinya pun terlihat normal.

Produk yang lebih murah memiliki ulasan buruk dan pembersih udara lainnya yang memiliki ulasan serupa atau lebih baik jauh lebih mahal. Pada dasarnya, desain dari Air Purifier Xiaomi ini tidak memiliki banyak perbedaan dari 3 generasi yang ada.

DESAIN

xiaomi mi air purifier

Dibandingkan dengan semua pembersih udara lain yang lebih murah atau lebih mahal, Mi Air Purifier adalah pemenang menurut pendapat penguji dalam kategori desain.

Terlepas dari penampilannya yang minimalis dan elegan, bentuk persegi panjang membuatnya sempurna untuk menjaga udara bersih. Bentuk tersebut membuatnya memiliki area kerja 360 derajat, menyerap partikel mikroskopis di semua sisi.

Penyaring udara ini dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki kesan sunyi pada putaran kipas rendah. Sayangnya ketika kipas berjalan dengan kecepatan tinggi, kesan sunyi itu hilang.

Selain desain yang sama cara kerjanya pun mengikuti prinsip yang sama, bahkan menggunakan jenis filter yang sama. Jadi Anda tidak akan kerepotan untuk urusan servis dan aksesorisnya.

Cara Kerja Mi Air Purifier

xiaomi mi home

Cara pembersih udara ini bekerja sangat sederhana, dibuat seperti tabung dengan filter di dalamnya. Terdapat kipas internal yang memutar dan mengubah udara di ruangan kamar Anda.

Ada lubang kecil di sisi Xiaomi Mi Air Purifier yang berfungsi sebagai kisi-kisi penyedot semua debu dan partikel lain (mikroskopis atau tidak). Debu dan partikel kecil tersebut kemudian disimpan dalam filter udara perangkat.

Alat ini mampu menyaring udara dari semua jenis partikel, termasuk alergen, atau serbuk yang berbahaya bagi kesehatan. Jadi pada dasarnya, alat ini mengisap udara buruk dan mendorong udara bersih keluar.

Hal yang paling disukai tentang pembersih udara ini adalah kemampuan untuk terhubung ke smartphone melalui aplikasi Mi Home. Keunggulan tersebut memudahkan Anda mengontrol dengan cepat melalui telepon Anda.

Tidak hanya itu, melalui aplikasi Mi Home Anda mendapatkan informasi menarik tentang kualitas udara sekitar. Selain itu, kapasitas kerja filter pun terpantau. xInfo tersebut termasuk berapa lama device sudah berjalan, serta suhu kamar, kelembaban dan sebagainya.

Kelebihan Xiaomi Mi Air Purifier

xiaomi air purifier

Selama penggunaan, kontrol penuh untuk kekuatan kipas serta kemampuannya memfilter udara sangat baik. Bahkan, bisa dikatakan Mi Purifier jadi mesin filter udara murah terbaik saat ini.

Saat penggunaan, penguji dapat melihat semuanya melalui kacamata aplikasi Mi Home. Mulai dari kualitas kebersihan udara yang terkadang rendah dan kadang tinggi.

Tapi jangan kaget kalau efek tersebut tidak dapat Anda rasakan perbedaannya. Hal tersebut dikarenakan partikel-partikel umumnya tidak berbau.

Penguji hanya bisa mengatakan bahwa setelah mengujinya pada kondisi ruangan yang penuh dengan debu. Saat itu serta merta indikator kualitas udara pada pembersih langsung melonjak ke lebih dari 100 konstanta tingkat kotornya.

Setelah beberapa menit, indikator akhirnya pulih dengan menunjukan kulitas udara yang lebih bersih, meskipun tak langsung mencapai angka 9 konstanta. Pantauan ini bisa dilihat langsung dari aplikasi.

Melihat angka dan indikator pada aplikasi smartphone, penguji menyimpulkan cara kerja alat ini cukup solid ketika membersihkan udara. Bahkan mencatat peningkatan partikel berbahaya ketika saya melakukan tes ruang kotor dan membersihkan udara dengan mudah.

Kekurangan Xiaomi Air Purifier

xiaomi mi air purifier

Ada satu hal yang cukup menyebalkan tentang Mi Air Purifier 2 ini. Mi Air Purifier memiliki beberapa kecepatan kipas yang dapat Anda aktifkan atau nonaktifkan sesuai keinginan Anda.

Kecepatan kipas tertinggi tampaknya menjadi yang paling efektif, karena itu benar-benar menggerakkan dan menggetarkan udara dan debu serta partikel lain di dalam ruangan. Masalahnya adalah perangkat secara otomatis melambat setelah 3 jam.

Artinya jika Anda ingin terus berjalan dengan kecepatan penuh, Anda harus menekan tombol di atasnya atau menggunakan aplikasi untuk menyalakannya kembali. Mungkin saja, ini sudah masuk ke perhitungan Xiaomi, bahwa selama 3 jam bekerja udara akan selesai terfilter dengan baik.

Tetapi kenyataannya adalah bahwa pada kecepatan kipas yang rendah, Mi Air Purifier seperti tidak dapat melakukan banyak hal. Mungkin udara di sekitarnya sangat bersih, tetapi tidak di seluruh ruangan, atau mungkin hanya perasaan penguji saja.

Masalah dari kecepatan kipas, sepertinya akan sangat mengganggu ketika musim hujan. Karena pastinya akan menambah sensasi dingin, namun tetap akan sangat berguna ketika musim kemarau.

Xiaomi mengklaim bahwa pembersih udara mereka membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk benar-benar membersihkan udara di ruangan berukuran kecil. 3 jam waktu bekerja yang diberikan pada mode kipas tinggi dianggap cukup untuk membersihkan satu ruangan besar secara merata.

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk Mi Air Purifier 2
Brand Xiaomi
Power Consumption 50 Watt
Anti Bacterial -
Multiple Fan Speed -
Tipe Filter Ionizer
Dimensi 20 X 30 X 50 cm
Weight (Indoor) 8 kg
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kesimpulan

Dari sudut pandang pribadi, penguji tidak bisa mengatakan bahwa penguji benar-benar merasakan perbedaan besar. Mungkin karena udara sekitar saya tidak terlalu berpolusi dengan cuaca yang terkadang mendung saat pengujian.

Nama Harga di Pasaran Power Consumption Multiple Fan Speed Tipe Filter Dimensi Weight (Indoor)
Xiaomi Mi Air Purifier Rp 1.599.000 75 Watt Ya HEPA 31 x 31 x 80 cm 8 kg
Xiaomi Mi Air Purifier 2S Rp 1.390.000 29 Watt Ya - 240.0 × 240.0 × 520.0 cm 9.5 kg
Xiaomi Mi Air Purifier Pro Rp 2.295.000 66 Watt Ya - 735.0 x 260.0 x 260.0 cm 9.7 kg
Xiaomi Mi Air Purifier 3 Rp 1.480.000 38 Watt Ya - 24.00 x 24.00 x 52.00 cm 9 kg

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1660 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.