Diperbaharui pada Rabu, 21 Februari 2018 | 10:30

Review Infinix Zero 5: Punya RAM 6GB yang Bekerja Optimal

Infinix Zero 5
Saat ini masih jarang perangkat smartphone yang sudah dibekali memori RAM 6GB. Meskipun ada itupun memiliki harga yang cukup tinggi, dikisaran Rp5 juta keatas. Dalam pengamatan kami, ada beberapa hp dengan RAM 6GB yang sudah beredar di pasaran, sebut saja seperti Samsung Galaxy C9 Pro, Xiaomi Mi5s Plus, OnePlus 3, ASUS Zenfone 3 Deluxe dan masih ada beberapa seri lain.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, sebab kini sudah ada opsi hp RAM 6GB termurah yang bisa dimiliki. Hp itu adalah Infinix Zero 5 yang dipasarkan hanya seharga kurang dari Rp4 juta. Nah bicara RAM, kelebihan hp dengan kapasitas memori RAM yang besar adalah memungkinkan kita melakukan segala macam aktivitas dengan lancar.

Mulai dari menjalankan aplikasi ringan hingga berat seperti gaming. Yang pasti keuntungan utama dari RAM 6GB adalah memungkinkan menjalankan aplikasi secara bersamaan atau multitasking tanpa gangguan.

Dan di Infinix Zero 5 ini tidak hanya menonjolkan RAM 6GB, tapi juga sudah dibekali fitur dan spesifikasi yang handal. Fitur tersebut mencakup dual kamera belakang, prosesor bertenaga dan didukung kapasitas baterai yang besar.

Lalu bagaimana performanya? Berikut hasil review Infinix Zero 5:

Desain

Infinix Zero 5
Secara fisik, Infinix Zero 5 memiliki bentuk yang besar. Karena perangkat ini hadir dengan layar berukuran 5,98 inci dan belum mengusung konsep full display. Walau masih nyaman digenggam dengan satu tangan, namun dalam pengoperasiannya kamu harus menggunakan 2 tangan. Apalagi kontur bodinya juga cukup licin, sehingga sangat rawan jatuh ketika dalam genggaman.

Tapi tidak perlu khawatir karena Infinix sudah menyiapkan softcase khusus yang bisa mengurangi resiko licin tadi. Bila masih kurang cocok dengan softcase yang disediakan, kamu bisa membeli secara online dari ecommerce seperti Bukalapak atau Tokopedia yang menyediakan ragam pilihan.

Oiya, Infinix Zero 5 juga memiliki bobot yang cukup berat, berkisar 197 gram. Mungkin karena pengaruh dari bentuknya yang besar, sehingga kurang terlalu nyaman saat dimasukkan ke dalam saku. Namun bagi kamu yang membutuhkan layar besar, hal  tersebut bukanlah masalah. Karena kamu bisa menempatkannya di dalam tas.

Di bagian depan terlihat layar besar yang mendominasi dengan penempatan 3 tombol virtual di dalam layar. Diatasnya terlihat keberadaan kamera depan dengan speaker phone dan lampu notifikasi. Tombol power dan volume disisi kiri dan slot SIM serta microSD dikanan. Infinix menempatkan semua port dibagian bawah seperti port USB, jack audio 3,5mm dan speaker. Menariknya, Infinix Zero 5 sudah menggunakan USB type C yang menawarkan kecepatan dalam proses charging dan transfer file dibanding USB sebelumnya.

Beralih ke bagian belakang, kamu akan melihat keberadaan dual kamera lengkap bersama flash LED dan sensor fingerprint. Disini kamu juga bisa melihat konfigurasi dual kamera pada Infinix Zero 5, yaitu 12MP Wide dan 13MP Tele dengan tambahan fitur optical zoom.

Layar 5,98 inch

Infinix Zero 5
Seperti yang sudah diulas di atas, Infinix Zero 5 menggunakan layar besar berukuran 5,98 inch. Cukup menarik, karena sudah jarang vendor yang memakai layar tersebut. Meski saat ini banyak yang memakai layar 5,98 inch, namun itu pun sudah mengusung konsep full display. Sedangkan Infinix Zero 5 masih menggunakan konsep layar konvensional dengan ukuran bezel yang masih tebal.

Layar ini berjenis LTPS IPS dengan kedalaman resolusi FullHD 1.080 x 1.920 pixel serta menggunakan panel 2.5D Curved Glass. Kemampuannya dalam menampilkan gambar sangat baik, terlihat terang dan tajam. Nyaman untuk membaca pesan dari aplikasi instant messaging seperti WhatsApp atau Line. Dan yang pasti sangat nyaman untuk menikmati konten multimedia seperti video serta bermain game.

X OS berbasis Andorid Nougat

Infinix Zero 5
Infinix Zero 5 berjalan dengan OS Android Nougat yang sudah dikustom menggunakan UI ala Infinix bernama X OS Hummingbird. Hadir dalam versi Hummingbird 3.0 ada beberapa fitur yang ditawarkan. Salah satunya adalah kamu bisa mengganti ukuran ikon sesuai kebutuhan. Ada beberapa pilihan ukuran ikon yang bisa dipilih mulai dari 80% hingga 120%.

Fitur yang juga menarik adalah gambar hasil screenshot yang bisa langsung diberikan pesan teks. Jadi kamu tidak perlu membuka aplikasi edit foto hanya untuk sekedar menambahkan foto. Setelah mengambil gambar screenshot cukup sentuh tombol edit dan kamu bisa langsung menambahkan teks atau melakukan edit screenshot seperti crop dan lainnya.

Di X OS, Infinix juga sudah menyematkan fitur manajemen daya yang lebih baik agar perangkat bekerja optimal. Salah satunya ada pada fitur bernama Freezer. Fitur ini memungkinkan kamu mem-freeze atau menonaktifkan aplikasi di background, terutama aplikasi yang tidak digunakan. Karena ada beberapa aplikasi yang tetap berjalan di background meski tidak digunakan.

Jadi dengan ‘membekukan’ aplikasi tersebut bisa menghemat penggunaan memori RAM perangkat kamu. Fitur ini sebenarnya juga bisa dilakukan pada Anroid hp pada umumnya, namun kamu harus melalui beberapa langkah. Dengan Freezer kamu cukup memilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan.

Dual Kamera 


Kamera menjadi salah satu nilai lebih dari Infinix Zero 5. Karena hp ini telah mengusung fitur dual kamera di bagian belakang. Dual kamera belakang ini memiliki konfigurasi 12MP + 13MP. Dimana sensor 12MP merupakan lensa wide untuk pengambilan gambar dengan sudut lebar. Sedangkan sensor 13MP berjenis lensa tele untuk memotret objek jauh. Lensa tele ini juga sudah didukung dengan fasilitas 2x optical zoom dan 10x digital zoom.

Fitur 2x optical zoom ini terbilang cukup oke untuk mengambil objek jauh. Dalam kondisi cahaya melimpah di zoom 2x gambar masih terlihat tajam. Lalu menggunakan 5x zoom gambar masih terang namun ketajamannya mulai berkurang. Sedangkan di kondisi 10x zoom gambar masih terlihat jelas namun tidak tajam.

Dual kamera di Infinix Zero 5 juga bisa digunakan untuk mengambil foto bokeh. Untuk mengaktifkannya kamu cukup memilih menu Portrait di dalam aplikasi kamera. Pastikan jarak antara kamera hp dan objek memiliki jarak 0,4m – 2m untuk menghasilkan foto bokeh yang maksimal.

Performa Mediatek Helio P25

Infinix zero 5
Infinix Zero 5 ditenagai prosesor Mediatek Helio P25, yang diklaim sebagai sebuah prosesor terkencang di kelas menengah. Memiliki kemampuan terbaik yang ditujukan untuk hp yang mengadopsi fitur dual kamera. Prosesor ini sangat optimal di sektor fotografi karena memiliki teknologi Image Signal Processor (ISP) guna memaksimalkan keberadaan dual kamera, termasuk menghasilkan pengaturan depth-of-field atau bokeh, pencahayaan yang lebih baik, serta efek kamera lainnya.

Secara performa, prosesor ini juga sangat tangguh untuk beragam aktivitas, mulai dari yang ringa hingga berat sekalipun. Memiliki kecepatan prosesor hingga 2,5Ghz tentu menjamin performa maksimal. Dari pengujian dengan Antutu tercatat skor 83.605, lalu benchmark PCMark skor yang didapat 4044, dan skkor dari Geekbench adalah 853 (single core) serta 4039 (multi core).

Optimalnya RAM 6GB

Performa prosesor yang mumpuni ini masih disokong kapasitas memori RAM yang besar yaitu 6GB. Kelebihannya memungkinkan kamu menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan atau multitasking. Kinerja RAM 6GB ini memang sangat membantu, terutama bagi kamu aktif beraktivitas dengan menginstal banyak aplikasi.

Mulai dari aplikasi sosial media (Facebook, Instagram, Twitter, Path dan lainnya), pesan instan (WA, Line, BBM dan lainnya), aplikasi Office (word, excel dan lainnya) serta game online maupun offline. Aplikasi sosmed, pesan instan dan game menjadi aplikasi yang paling banyak memakan memori RAM. Belum termasuk aplikasi default seperti Gmail dan aplikasi yang ada di dalam sistem.     

Dan kapasitas RAM 6GB di Infinix Zero 5 ini sangat terasa manfaatnya, terutama ketika membuka banyak aplikasi. Ketika kami membuka banyak aplikasi (termasuk sosmed, messenger, hingga game) kapasitas RAM yang terpakai sebesar 4GB lebih. Sehingga masih menyisakan ruang kurang lebih 2GB yang bisa dimanfaatkan untuk membuka beberapa aplikasi lain. Beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain juga masih terasa lancar.

Baterai 4350 mAh

Menjadi salah satu fitur utama dari Infinix Zero 5, berkat penanaman baterai besar berkapasitas hingga 4350mAh. Selama penggunaan normal dengan rincian sosmed (Facebook dan Instagram), messenger aktif (WA, Line), memutar musik, baterai Infinix Zero 5 sanggup bertahan hingga 1,5 hari. Sangat bisa diandalkan untuk kamu yang memiliki banyak aktivitas.

Saat digunakan untuk bermain game selama kurang lebih 1 jam, baterainya berkurang 15 persen. Lalu melakukan streaming video berdurasi 1 jam 15 menit baterainya turun 10 persen.

Kesimpulan

Setelah menjajal langsung kinerja Infinix Zero 5, ada beberapa poin penting yang dapat kami simpulkan. Pertama, layar besarnya memang membuat body perangkat cukup besar dan bobotnya cukup berat. Namun, keberadaan layar berukuran 5,98 inch ini sangat nyaman untuk menikmati video dan bermain game. Kedua adalah perangkat ketinggalan jaman berkat keberadaan fitur dual kamera yang terbilang cukup lumayan untuk menghasilkan foto bokeh.

Ketiga kekuatan prosesor Mediatek Helio P25 yang sangat mumpuni untuk menjalankan berbagai aktivitas. Keempat ada pada penanaman memori RAM 6GB yang sangat nyaman untuk kamu yang sangat aktif dalam penggunaan smartphone. Dan kelima, kapasitas baterainya yang besar tidak merepotkan kamu mengisi perangkat berulang-ulang.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.98 inch
OS Version 7
Detail Prosesor Helio P20
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.3 GHz
GPU Mali-T880 MP2
RAM 6 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 16 MP
Kapasitas Baterai 4350 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.