Diperbaharui pada Selasa, 28 Mei 2024 | 13:16

Review Xiaomi Pad 6S Pro 12.4: Kerja Nyaman, Gaming Lancar

review xiaomi pad 6s pro 12.4

Xiaomi meluncurkan tablet terbarunya, Xiaomi Pad 6S Pro 12.4, beberapa waktu lalu, tepatnya di tanggal 2 Mei 2024, dengan membawa jargon “Big Ideas on a Bigger Screen”. Tablet dengan layar besar berukuran 12.4 inci ini mampu menghasilkan resolusi 3K, dengan refresh rate hingga 144 Hz.

Tablet Xiaomi terbaru ini dirancang untuk meningkatkan produktivitas dan hiburan, sekaligus mendukung keretivitas dari penggunanya. Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 memang dibuat untuk para profesional, dengan fitur-fitur yang disesuaikan dengan beberapa kebutuhan berbeda.

Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8 Gen 2 yang diklaim mampu memberikan pengalaman visual mendalam, terutama untuk kebutuhan hiburan seperti menonton tayangan streaming film atau series, hingga bermain gim.

Pricebook mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung tablet Xiaomi terbaru, untuk membuktikan sendiri kemampuannya. Berikut review Xiaomi Pad 6S Pro 12.4.

Desain dan Tampilan

review xiaomi pad 6s pro 12.4

Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 datang dengan kemasan kotak berwarna dominan putih khas Xiaomi. Tablet ini dilengkapi dengan kepala charger 120W dan kabel type-c. Tidak banyak aksesoris yang diberikan. Meski begitu, Xiaomi menghadirkan aksesoris tambahan berupa Touchpad Keyboard dan Focus Pen yang dijual terpisah.

Bodi Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 menggunakan material logam. Ketika dipegang, tablet ini terasa begitu solid dan kokoh. Finishing-nya membuat keseluruhan tampilannya terlihat premium sekali. Saya sempat tidak percaya tablet seperti ini hanya dijual di harga Rp 7 jutaan.

review xiaomi pad 6s pro 12.4

Unit yang saya review ini datang dengan Touchpad Keyboard dan Focus Pen, sehingga saya berkesempatan untuk mengeksplor fitur-fitur pada tablet dengan lebih maksimal.

Layar

review xiaomi pad 6s pro 12.4

Seperti yang telah disebutkan di awal, Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 memiliki layar berukuran 12.4 inci. Layar yang menggunakan panel LCD ini mampu menghasilkan visual berkualitas 3K dengan resolusi 3048 x 2023 piksel.

Rasio layar terhadap bodinya hingga 88.5 %. Bagi saya ini sangat mendukung aktivitas yang terkait dengan hiburan, karena ukurannya pas. Tidak terlalu kecil, namun juga tidak terlalu besar seperti laptop.

Perangkat Hiburan Lengkap

review xiaomi pad 6s pro 12.4

Sebagian besar waktu yang saya gunakan untuk mengulas Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 berfokus pada kegiatan hiburan seperti menonton video, tayangan streaming film dan series, serta tentunya bermain gim, sambil sesekali menggunakannya untuk kerja.

Layar Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 yang luas memberikan kepuasan tersendiri ketika saya menonton. Tampilan visualnya terasa sangat imersif. Keunggulan dari Dolby Vision sangat terasa sekali. Pada awalnya saya mengira bahwa tablet ini memiliki empat buah speaker, namun setelah saya cek lagi, ternyata ada total enam speaker yang disematkan di dalamnya.

Keenam speaker Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 menawarkan suara stereo yang diperkuat oleh Dolby Atmos untuk meningkatkan pengalaman hiburan. Saya merasakan sendiri bagaimana suara yang dihasilkan oleh speaker Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 terdengar begitu kaya dan jernih. Saat ada adegan ledakan atau desingan peluru, suaranya terdengar menggelegar.

Selain untuk menonton tayangan video, saya juga menggunakan tablet ini untuk mendengarkan lagu melalui platform musik online. Suara dentuman bas terdengar sangat bulat, suara musik terdengar lebih enak di telinga. Bahkan saat mendengarkan sesi musik live sambil menutup mata, saya serasa berada langsung di depan para musisi.

Selanjutnya saya mencobanya untuk bermain gim. Judul yang saya pilih di antaranya adalah Genshin Impact. Tidak ada kendala selama bermain, semuanya lancar sekali. Baik gim ringan maupun berat, pengalaman menyenangkannya sama.

Terakhir, karena saya kebetulan juga suka membaca novel dan komik, maka saya juga menggunakan tablet ini sebagai "buku digital". Ukuran layanya yang besar, secara mengejutkan tidak terlalu mengganggu. Saya masih bisa membolak-balik halakam novel dan komik dengan nyaman ketika menyapu layar. Navigasinya juga smooth.

Mendukung Kerja dan Kreativitas

review xiaomi pad 6s pro 12.4

Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 memiliki dimensi 278.70 mm x 191.58 mm x 6.26 mm, dengan bobot 590 gram. Meski untuk saya masih agak berat, namun dengan ukuran yang tidak terlalu besar, membuatnya jadi lebih nyaman ketika dibawa bepergian karena mudah disimpan di dalam tas.

Dengan menggunakan Touchpad Keyboard, fungsi tablet ini sudah selayaknya sebuah perangkat laptop. Saya bisa bekerja di mana dan kapan saja, selama terhubung dengan jaringan internet. Kemudahan ini yang membuat Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 menjadi sebuah perangkat kerja ideal bagi pengguna dengan mobilitas tinggi.

Tablet ini mendukung kegiatan multitasking juga, karena sudah dilengkapi dengan Parallel dan Floating Windows. Pada Floating Windows misalnya, kita bisa membuat area kerja sendiri dengan jendela-jendela yang muncul di layar.

Selain itu, Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 dilengkapi dengan kemampuan untuk menggambar. Saya mencoba untuk memaksimalkan penggunaannya dengan mencoba menggambar menggunakan Focus Pen. Pengalamannya seperti menggambar langsung di atas kertas.

review xiaomi pad 6s pro 12.4

Namun karena saya tidak mahir menggambar, maka saya juga mengajak seorang teman yang kebetulan memiliki hobi di bidang ini. Menurutnya, menggambar dengan menggunakan Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 ini memiliki feel yang serupa dengan menggambar menggunakan peralatan konvensional.

review xiaomi pad 6s pro 12.4

Focus Pen sendiri telah dibekali dengan fitur yang dapat mereplikasi pengalaman menggunakan alat tulis/menggambar konvensional. Level sensitivitas dari Focus Pen ini mencapai 8192, dengan sampling rate 240 Hz.

Performa

review xiaomi pad 6s pro 12.4

Sumber tenaga dari Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 berasal dari prosesor Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform yang sudah terbukti memiliki performa kuat dan kencang. Prosesor ini menggunakan teknologi 4nm, serta sudah didukung oleh sistem operasi Xiaomi HyperOS.

review xiaomi pad 6s pro 12.4

Performa kuat dan kencangnya sangat terasa ketika saya mencoba untuk memainkan beberapa gim seperti PUBG hingga Genshin Impact, dua gim yang menjadi andalan para pengulas gawai untuk menguji performa chipset suatu perangkat smartphone atau tablet.

Kamera

review xiaomi pad 6s pro 12.4

Beralih ke sektor fotografi, Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 dibekali dengan kamera utama beresolusi 50 MP, dengan dukungan kamera kedalaman (depth) 2 MP. Sementara di sisi depan, tersedia kamera selfie beresolusi 32 MP.

Saya mencoba untuk mengambil beberapa gambar menggunakan kamera tablet Xiaomi ini, dan hasilnya cukup memuaskan. Untuk standar perangkat tablet, kualitas kameranya memang sudah lebih dari cukup. Kendalanya hanya satu, ukurannya yang besar terkadang kurang nyaman untuk berfoto.

Berikut hasil jepretan kamera Xiaomi Pad 6S Pro 12.4:

review xiaomi pad 6s pro 12.4
review xiaomi pad 6s pro 12.4
review xiaomi pad 6s pro 12.4

Meski begitu, Bila digunakan untuk kebutuhan kerja, kamera depannya sangat membantu dalam menunjang kegiatan yang berhubungan dengan aktivitas tersebut, seperti saat digunakan untuk video call, atau meeting online. Hasil kameranya jernih dan tajam.

Baterai

review xiaomi pad 6s pro 12.4

Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 dibekali dengan baterai berkapasitas 10.000 mAh. Baterai ini  mendukung teknologi HyperCharge 120 watt. Baterainya sangat awet, karena saya menggunakan tablet ini selama tiga hari penuh hanya dengan sekali pengisian saja. Pada hari ketiga, baterai masih menyisakan daya 11 persen.

Untuk waktu pengisiannnya sendiri sangat cepat. Baterai yang kondisinya nol, dapat terisi penuh 100 persen dalam waktu pengisian selama sekitar 41 menit, berdasarkan perhitungan yang saya lakukan. Waktu pengisian ini tidak terlalu jauh meleset dari klaim Xiaomi, yaitu 35 menit.

Saat menggunakannya untuk bermain gim dengan grafis berat seperti Genshin Impact, daya baterai berkurang sekitar 12 persen selama waktu bermain sekitar 30 menit. Sementara ketika digunakan untuk menonton video streaming dengan pengaturan resolusi tertinggi, daya baterai berkurang hingga 13 persen dalam waktu sekitar 30 menit pemutaran.

Secara keseluruhan, performa baterai Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 ini sangat memuaskan. Daya tahannya yang awet membuat tablet ini bisa dijadikan sebagai andalan dalam beraktivitas, terutana untuk mendukung pekerjaan, atau ketika bepergian dengan waktu perjalanan yang lama.

Kesimpulan

Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 adalah tablet yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan mulai dari tingkat profesional, hingga aktivitas hiburan yang santai. Performa dari prosesor Snapdragon 8 Gen 2 telah melakukan tugasnya dengan baik.

Bila Anda mencari perangkat tablet untuk bekerja atau kebutuhan kreatif seperti desain dan editing, maka saya merekomendasikan Xiaomi Pad 6S Pro 12.4 ini. Bila dibandingkan dengan banderol harganya, maka spesifikasi, teknologi, serta fitur yang ditawarkan sangat sebanding. Singkatnya, ini adalah tablet yang tidak mengecewakan.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1519 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.