Diperbaharui pada Senin, 4 Maret 2024 | 12:18

Review Acer Swift Go 14 AI, Makin Cerdas dengan Dukungan AI

Acer Swift Go 14 AI

Dominasi perangkat dan teknologi AI di dunia kini makin merangkak, sebelumnya jika kalian tahu ada beberapa Hp AI terbaru yang sudah meluncur. Kini di lini laptop terbaru, Acer menjadi pionir pertama dengan Laptop AI terbaru mereka Acer Swift Go 14 AI yang dihadirkan dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang terintegrasi.

Selain menawarkan performa mumpuni, Acer Swift Go 14 AI kini menawarkan pengalaman komputasi yang lebih cerdas dan efisien dalam memenuhi kebutuhan harian penggunanya, mulai dari pekerjaan hingga hiburan.

Kehadiran laptop ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan dari berbagai segmen pengguna yang memiliki mobilitas tinggi, bekerja secara hybrid, peduli pada urusan estetika, performa dan efisiensi terbaik. 

Selain sudah “AI Ready”, laptop ini juga sudah dibekali dengan dukungan Intel® Core™ Ultra processor terbaru dan sertifikasi Intel® Evo™ Edition, menjamin performa yang responsif dan pastinya bisa diandalkan untuk segala kebutuhan.

Sebenarnya masih banyak spesifikasi dan fitur canggih yang dimiliki oleh Acer Swift Go 14 AI. Mau tahu apa saja spesifikasi dan fitur canggih yang dimiliki Acer Swift Go 14 AI? Inilah selengkapnya review Acer Swift Go 14 AI.

Tipis dan Ringan, Memudahkan Mobilitas

Acer Swift Go 14 AI

Seperti biasanya, Acer Swift Go 14 AI memiliki desain ramping dan ringan. Laptop anyar dari Acer ini memiliki ketebalan hanya 14.99 mm dan bobot 1.3 kg. Laptop ini menggunakan material aluminium  pada bagian bodinya, membuatnya tidak hanya ringan tapi juga meningkatkan durabilitas. 

Dengan kelebihan desain yang tipis dan ringan, kebutuhan mobilitas tinggi dari pengguna akan mampu didukung dengan baik oleh laptop ini. 

Membuka covernya, laptop ini memiliki keyboard dengan backlit yang meningkatkan visibilitas pengguna. Selain itu, bagian touchpad kini juga dibuat dengan ukuran 44% lebih besar dan membuat pengguna lebih nyaman.

Acer tetap memperhatikan penggunaan material ramah lingkungan, seperti touchpad OceanGlass™ yang terbuat dari limbah plastik laut yang kini 44% lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Touchpadnya pun sangat responsif untuk melakukan beragam navigasi. 

Layar Beresolusi 2K

Acer Swift Go 14 AI

Acer Swift Go 14 ini dibekali layar IPS berukuran 14 inci dengan resolusi tinggi mencapai 2,2K (2240 X 1400). Selain itu, layar laptop ini memiliki aspek rasio 16:10 yang memberikan pengalaman visual yang memukau, dengan kecerahan maksimal 300 nits dan akurasi color gamut 100% DCI-P3. 

Selain itu, fitur Acer ComfyView juga hadir untuk menghindari cahaya terpantul ke layar dan mengganggu mata Anda. Dengan ini mata Anda akan lebih nyaman ketika berada di depan layar walaupun dalam durasi waktu yang lama.

Resolusi tinggi dari layar laptop ini sangat kami apresiasi. Layarnya mampu men-deliver konten beresolusi tinggi dengan sangat baik, membuat tampilan visual terlihat begitu ciamik.

Baik untuk pekerjaan, terutama yang terkait dengan visual, hingga sesi hiburan seperti menonton film, layar Acer Swift Go 14 AI sukses memberikan kepuasan di mata.

Performa Unggulan dengan Prosesor Generasi Terbaru

Acer Swift Go 14 AI

Mengulik sektor dapur pacunya, Acer Swift Go 14 AI ditenagai Intel® Core™ Ultra 7 155H processor terbaru dengan 16 cores dan clock maksimum di 4,8 Ghz. Dengan begitu, prosesor ini menawarkan peningkatan performa hingga 20% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya dan pastinya lebih efisien.

Prosesor ini juga telah didukung dengan teknologi AI melalui fitur Intel AI Boost dan Acer Solution AI yang dapat kami gunakan untuk mengolah visual grafis dengan bantuan Microsoft Copilot, membuat 3D Wallpaper melalui aplikasi AlterView dan membuat gambar menjadi stiker melalui aplikasi LiveArt dan berbagai fungsi AI cerdas lainnya. 

Begitu juga dengan pengolahan grafiknya yang menggunakan teknologi terbaru dari Intel® Arc™ graphics, siap diandalkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.

Hadir juga fitur eksklusif Intel Unison yang menghadirkan sinkronisasi dan integrasi antar perangkat menjadi lebih mulus. Dengan Intel® Unison™, kami bisa menghubungkan smartphone dengan PC untuk transfer file, melihat notifikasi, menerima dan membalas panggilan dan pesan melalui smartphone berbasis Android dan iOS.

Laptop ini juga sudah memiliki sertifikasi Intel® EvoTM platform yang menjamin laptop mampu mengisi daya dengan cepat, kinerja responsif, baterai dengan daya tahan lama, kemampuan menyala dengan cepat, dan fitur-fitur inovatif lainnya yang dikemas dalam desain super tipis dan ringan.

Soal penyimpanan, Acer Swift Go 14 AI disematkan RAM hingga 16GB LPDDR5X dan SSD NVMe berslot ganda berkapasitas 1 TB. 

Mengenai performanya, kami mengujinya dengan melakukan berbagai simulasi aktivitas sehari-hari. Paling sering kami gunakan laptop ini untuk menggunakan aplikasi Office yang tentu saja bukan menjadi kendala berarti bagi Swift Go 14 AI.

Untuk entertainment nya, kami menikmati sesi streaming film ini dengan sangat mulus. Tidak ada kendala, ditambah suguhan layarnya yang beresolusi tinggi.

Kami juga mencoba untuk melakukan gaming di laptop ini. Dua game kami mainkan dengan sangat lancar, yakni Dota 2 dan Valorant. Meski bukan peruntukannya, kemampuannya untuk menjalankan game bisa menjadi hiburan sesaat dikala penat. Untuk game casual lain kami rasa tidak akan ada masalah dijalankan dengan lancar oleh laptop ini.

Tidak ketinggalan, kami juga mencoba fitur AI yang ditawarkan oleh laptop terbaru Acer ini. Sebagai informasi, laptop ini sudah mendukung penggunaan AI baik dari segi hardware maupun software.

Salah satu yang kami gunakan adalah aplikasi Microsoft Copilot. Fitur ini kami rasa sangat membantu dengan kemampuannya dalam membantu mengolah kata, menjawab pertanyaan, memberikan detail mengenai suatu informasi (seperti ChatGPT), pengaturan laptop, hingga membuat gambar sesuai dengan prompt yang pengguna masukkan.

Meski masih dalam tahap preview, aplikasi ini lumayan responsif, mampu memberikan hasil yang cepat dan lumayan memuaskan. Namun ada beberapa prompt yang tidak bisa diproses terkait dengan regulasi berikutnya. Mungkin di tahap berikutnya, aplikasi ini bisa menjadi jauh lebih baik lagi dan sangat fungsional bagi pengguna.

Acer Swift Go 14 AI

Acer Swift Go 14 AI juga sudah menyediakan berbagai fitur AI cerdas yang dirangkum menjadi satu dalam Acer AI Zone. Di dalamnya terdapat fitur seperti Acer LiveArt yang memudahkan pengguna untuk menghasilkan gambar PNG dan dapat dijadikan sebagai stiker. Kemudian ada Acer AlterView yang memungkinkan Anda membuat animated wallpaper dengan gambar apa pun.

Bagi Anda yang ingin berkreasi lebih jauh, laptop ini juga sudah mendukung generate image berbasis AI menggunakan aplikasi GIMP. Untuk Anda yang suka musik, Anda bisa berkreasi dengan fitur-fitur AI melalui aplikasi Audacity.

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 14 inch
Resolusi Layar 2240 x 1400 Pixel
Tipe Prosesor Ultra 7
Jumlah Core Hexadeca Core
Kecepatan Prosesor 4.8 GHz
RAM 16 GB
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis Intel
Weight -
Dimensions -
Battery -
Processor Brand Intel
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Fitur Canggih Lainnya

Untuk menunjang kegiatan conference call, Acer Swift Go 14 AI menawarkan Superclear QHD AI Camera dengan resolusi 1440p yang membuat video call lebih jernih dan lancar. Ditambah dukungan teknologi AI seperti Acer Purified Voice dan Acer Temporal Noise Reduction membantu mengurangi noise latar belakang dan mempertahankan kualitas gambar yang optimal bahkan dalam kondisi cahaya yang minim. 

Fitur Auto Tracking, Eye Contact Correction, dan Background Blur juga menambah kenyamanan kami dalam berinteraksi dalam meeting online. Privasi juga lebih terjaga berkat adanya shutter camera yang dibuat untuk menutup webcam saat tidak digunakan.

Meeting online, browsing, download dan berbagai urusan dengan internet juga jadi lebih lancar berkat dukungan Wi-Fi 6E yang mampu mengakomodir internet berkecepatan tinggi. 

Kesimpulan

Acer Swift Go 14 AI

Dengan kombinasi desain premium, tampilan layar berkualitas tinggi, performa unggulan, teknologi AI yang canggih, Acer Swift Go 14 AI laptop mampu memenuhi berbagai kebutuhan pengguna mulai dari belajar, bekerja, bermain game kasual, dan rutinitas lainnya.

Sehingga laptop ini memang cocok digunakan para profesional muda, pelajar, generasi milenial dan generasi z dalam menyelesaikan beragam rutinitas mereka.

Apalagi harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yaitu Rp 14.999.000, Acer Swift Go 14 AI menawarkan paket penjualan yang lengkap, termasuk sistem operasi Windows 11 Home dan aplikasi Microsoft Office Home & Student 2021.

Disertakan pula garansi sparepart selama 2 tahun, garansi layanan selama 3 tahun, dan Acer Priority Care (termasuk Accidental Damage Protection) yang disertakan dalam setiap pembelian laptop ini, juga memberikan kenyamanan bagi penggunanya. 

Acer Swift Go 14 AI sudah tersedia di Indonesia melalui penjualan online Acer Store dan jaringan penjualan Acer di seluruh Indonesia.  

Tersedia juga opsi cicilan 0% selama 12 bulan ketika kamu membeli Swift Go 14 AI melalui platform e-commerce Blibli. Dapatkan pula informasi seputar produk terbaru Acer dan promo terkini dengan mengakses Acer eStore dan Official Website Acer.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1648 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.