Diperbaharui pada Senin, 3 Juli 2023 | 15:56

Review Infinix Note 30, Hp 2 Jutaan dengan Spek Dewa!

review infinix note 30

Belum lama ini, Infinix resmi meluncurkan seri Note 30 di Indonesia, yang terdiri dari 2 model yaitu Infinix Note 30 dan Infinix Note 30 Pro. Keduanya dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni, namun dibanderol di harga yang relatif terjangkau.

Pricebook mendapatkan kesempatan untuk mengulas salah satu model dari seri ini, yaitu Infinix Note 30 yang dibekali dengan prosesor Mediatek Helio G99, layar LCD IPS beresolusi FHD+, baterai jumbo 5000 mAh, hingga kamera utama 64 MP OmniVision.

Penasaran dengan performanya, saya pun coba untuk menggunakan Infinix Note 30 selama beberapa hari, dan berikut ini review Infinix Note 30.

Desain dan Tampilan

review infinix note 30

Desain dan tampilan fisik Infinix Note 30 terlihat kekinian, apalagi unit yang saya ulas adalah perangkat dengan warna Interstellar Blue yang terlihat sedikit futuristik.

Feel ketika menggenggamnya cukup solid karena bahannya tidak licin di tangan, alias kesat. Material bodi belakangnya juga berlapiskan semacam matte, jadi tidak meninggalkan bekas sidik jadi ketika disentuh.

Pada sisi kanan hp terdapat tombol volume yang posisinya sejajar dengan tombol power. Sensor pemindai sidik jari pada hp ini berada di tombol power tersebut.

review infinix note 30

Untuk kebutuhan multimedia, Infinix Note 30 dilengkapi dengan dual speaker JBL yang posisinya terletak di bagian atas dan bawah hp. Selain speaker, di bagian bawah hp ini juga tersedia port USB Type-C dan colokan audio untuk earphone.

Bobot hp ini cukup ringan, hanya 219 gram. Bodinya juga tipis, sekitar 8mm, sehingga ketika dibawa bermobilitas, hp ini cukup nyaman diselipkan di dalam kantong depan celana, atau di saku depan kemeja.

Layar dan Audio

review infinix note 30

Infinix Note 30 memiliki layar LCD berjenis IPS LTPS dengan ukuran 6.7 inci. Layarnya memiliki dynamic refresh rate 120Hz yang membuat pengalaman penggunaannya jadi lebih nyaman, karena respon layarnya sangat cepat. Untuk hp 2 jutaan, spek ini tergolong mewah.

Selama mengulas Infinix Note 30, saya lebih sering menggunakannya untuk memutar berbagai jenis konten multimedia, mulai dari film dan series dari platform streaming Netflix, Prime Video, dan Disney+ Hotstar, hingga mendengarkan musik. Saat bermain gim, baik tampilan visual dan audionya terasa berimbang. 

Kualitas visual dari Infinix Note 30 sangat memuaskan, terlebih lagi dengan kualitas audio pada speaker JBL yang dimilikinya. Secara umum, perlu saya akui bila output audionya memang di atas rata-rata kualitas dari hp lain di kelas yang sama.

Ketika digunakan untuk mendengarkan video musik di YouTube atau streaming lagu melalui Spotify, kualitas audionya konsisten. Sebagai penyuka musik dengan suara bass yang dominan, speaker Infinix Note 30 dapat memberikan kepuasan audio yang saya cari.

Kamera

review infinix note 30

Berlanjut ke pengujian berikutnya, saya memfokuskan perhatian pada kamera. Infinix Note 30 dibekali dengan triple camera yang terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera 2 MP, dan kamera AI. Sementara di bagian depan, hadir kamera selfie beresolusi 16 MP.

Hal yang saya suka pada kemera Infinix Note 30 adalah AI camera yang akan secara otomatis menyesuaikan warna dan kontras ke pengaturan terbaiknya. Saya melihat perbedaan yang signifikan ketika memotret dengan dan tanpa fitur AI pada kamera, terutama pada tonal warnanya.

review infinix note 30

Warna yang dihasilkan dengan fitur AI lebih tegas dan kaya. Misalnya ketika memotret langit atau pepohonan, warna biru dan hijaunya lebih pekat bila dibandingkan dengan memotret tanpa fitur AI.

review infinix note 30

Lalu di malam hari, saya mencoba fitur fotografi malam, dan hasilnya cukup membuat saya berdecak kagum, karena hasil jepretan kameranya masih terlihat tajam dengan sedikit noise

Namun yang membuat saya semakin mengacungkan jempol adalah pencahayaan yang sangat baik. Foto yang saya ambil di tengah malam, terlihat seperti hasil jepretan di sore hari menjelang malam, dengan detail yang terlihat jelas, hingga sudut yang seharusnya gelap, menjadi terlihat terang. Puas sekali.

Performa dan Baterai

review infinix note 30

Infinix Note 30 ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio G99 yang menggunakan 6nm process, sehingga memungkinkan chipset untuk bekerja lebih efisien, sekaligus diklaim dapat mengirit penggunaan baterai, karena daya yang dipakai lebih rendah.

Penasaran ingin membuktikannya, saya pun menggunakan hp Infinix ini untuk melakukan berbagai aktivitas mulai dari yang ringan, hingga yang agak berat. Sebagai informasi, unit Infinix Note 30 yang saya ulas adalah model dengan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB.

Pada penggunaan ringan seperti mengakses akun media sosial, memotret, merekam video, dan mendengarkan streaming musik, saya tidak menemukan kendala sama sekali. Semuanya bisa dilakukan dengan lancar. Selain itu, hp ini juga dibekali fitur penambahan RAM hingga 8 GB, jadi proses komputasinya anti lemot.

Lalu ketika mencoba menggunakannya untuk bermain gim, saya mencoba beberapa gim seperti game puzzle berbasis grafik 3D, gim jenis runner, dan gim-gim ringan lainnya. Lancar dan tidak ada masalah. Lalu saya mencoba gim berat seperti PUBG dan Genshin Impact dengan pengalaman bermain yang sama.

review infinix note 30Foto: Infinix

Beralih ke baterai, performanya cukup memuaskan. Kapasitas 5000 mAh yang dimilikinya, memang terbukti awet. Pada kondisi siaga misalnya, baterai yang berada di kondisi 100 persen, masih tersisa 83 persen selama 2 hari tanpa aktivitas.

Lalu saat mencobanya untuk digunakan menonton film dan series secara marathon dalam 1 hari, baterai Infinix Note 30 membutuhkan waktu sekitar 14 jam hingga akhirnya habis dan perlu diisi ulang. Bagi saya ini sangat memuaskan.

Performa baterai hp yang baik juga saya rasakan ketika bermain gim berat selama kurang lebih 30 menit. Baterai berkurang di kisaran 4 – 7 persen, tergantung jenis gim yang saya mainkan.

review infinix note 30

Pada unit yang kami ulas, juga disertakan kipas pendingin eksternal pada paket pembeliannya, yang sangat berguna untuk mendinginkan hp saat bermain gim. Ketika mencobanya, saya tidak terlalu terganggu dengan keberadaan kipas ini.

Waktu pengisian baterainya juga cepat, karena hp ini dibekali dengan charger 45W. Ketika mengisi baterai dari kondisi nol hingga 63 persen, waktu pengisian yang dibutuhkan sekitar 30 menit.

Kesimpulan

review infinix note 30

Bagi pengguna yang tidak memiliki kebutuhan khusus, Infinix Note 30 ini jelas dapat memenuhi berbagai kebutuhan dengan baik, mulai dari kebutuhan hiburan, bermain gim, hingga fotografi. Khusus untuk yang terakhir, saya berikan acungan 2 jempol.

Menurut saya, Infinix Note 30 ini layak masuk kategori hp murah spek dewa, karena memang apa yang diberikan cukup mewah untuk kelasnya. Secara keseluruhan, banderol harga 2 jutaan untuk Infinix Note 30 serasa sangat sepadan dengan spesifikasi dan kinerja yang diberikan.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1551 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.