Diperbaharui pada Kamis, 24 November 2022 | 16:04

ASUS TUF Gaming A15 (FA507), Performa dan Fitur Gaming Makin Ganas

Review ASUS TUF GAMING A15 FA507

ASUS TUF Gaming jadi salah satu laptop gaming favorit yang hadir dengan spesifikasi mumpuni dan harga yang sangat terjangkau. Ditambah keberadaan fitur MUX Switch, menjadikan laptop gaming mid-range Asus ini makin banyak dinanti.

Seperti biasa, ASUS seolah tidak pernah bosan menghadirkan beragam variasi laptop gaming dengan berbagai peningkatan setiap tahunnya. Pada tahun 2022 sendiri, ASUS menghadirkan beberapa seri ROG dengan peningkatkan performa yang dahsyat, ditambah seri Tuf Gaming yang tidak mau kalah untuk hadir dalam industri laptop gaming di Indonesia. 

Terbaru adalah ASUS TUF Gaming A15 (FA507), yang dihadirkan dengan prosesor baru AMD di kelas yang tertinggi, kemudian ditambahkan dengan beberapa pembaruan pada sistem operasi Windows 11 dan juga fitur MUX Switch yang memudahkan dalam bermain game.

Performa Makin Meningkat

Review ASUS TUF GAMING A15 FA507

ASUS TUF Gaming A15 (FA507) diperkuat oleh AMD RYZEN 7 6800H™ processor dan GPU laptop mencapai hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 3050 Ti. Jika melihat dari seri atau lini Tuf Gaming terdahulu, tentunya hal ini merupakan sebuah peningkatan yang cukup signifikan, dengan hadirnya RAM yang mencapai 16GB dan juga TGP yang mencapai 140W.

Salah satu fitur spesifal yang cukup ditunggu oleh para gamers, yakni dapat mengubah performa saat ingin memainkan game dan juga performa saat digunakan dalam kebutuhan kasual. Terdapat beberapa mode yang hadir dalam MUX Switch.

Pertama adalah ECO, yaitu dapat membuat baterai ASUS TUF Gaming A15 (FA507) menjadi semakin awet, mode Standard untuk performa yang seimbang, dan juga mode Optimized untuk mengatur secara otomatis pemilihan mode ECO saat tidak disambungkan ke charger serta mode Standard saat disambungkan ke charger.

Tidak ketinggalan ASUS TUF Gaming A15 (FA507) juga hadir dengan fitur Armoury Crate yang dapat digunakan oleh para gamers untuk kustomisasi laptop dengan mudah dalam satu kontrol. Mulai dari meningkatkan performa laptop, mengetahui suhu dari laptop, dan juga mengubah mode yang sesuai dengan kebutuhan para gamer.

Desain yang Semakin Modern dan Futuristik

Review ASUS TUF GAMING A15 FA507

Setelah membahas tentang performa yang meningkat dari ASUS TUF Gaming A15 (FA507), kita akan membahas desain dari laptop gaming yang satu ini. Hadir dengan 2 sasis yang menonjol, yakni Mecha Gray dan juga Jaeger Gray. Kedua sasis tersebut tidak memiliki perbedaan yang besar, hanya saja tidak mengurangi kesan futuristik dan juga modern dari ASUS TUF Gaming A15 (FA507). 

Tidak lupa ASUS TUF Gaming A15 (FA507) dilengkapi dengan ketahanan standar militer MIL-STD-810H yang tentunya sudah melewat berbagai macam versi pengujian ketahanan. Mulai dari tes suhu panas, dingin, kelembaban, dan guncangan, tentunya ASUS TUF Gaming A15 (FA507) akan terasa nyaman dibawa kemana-mana tanpa perlu khawatir rusak atau terbentur.

Terdapat salah satu tambahan yang unik dari ASUS TUF Gaming A15 (FA507) yang cukup menarik dari segi desain, yakni bobot yang tidak terlalu berat dan juga ketipisan dari laptop gaming yang mudah dibawa kemana-mana. Ditambah lagi indikator yang menarik dengan simbol X pada atas keyboard yang membuat penampilan ASUS TUF Gaming A15 (FA507) semakin enak untuk dilirik oleh banyak orang.

Layar QHD 165hz Panel

Review ASUS TUF GAMING A15 FA507

Salah satu yang membuat ASUS TUF Gaming A15 (FA507) nyaman untuk dipakai dengan durasi yang alam adalah dengan hadirnya kekuatan QHD 165hz Panel dengan refresh rate yang mencapai 300Hz. Tentunya jika digunakan untuk bermain game yang kompetitif, ASUS TUF Gaming A15 (FA507) dapat diandalkan dengan waktu respon yang mencapai 3ms dan menggunakan fitur Adaptive-Sync yang mengurangi lag jika gambar dalam frame terlalu banyak.

Selain itu, layar dari ASUS TUF Gaming A15 (FA507) juga menghadirkan gambar yang realistis, tajam, dan juga tidak blur yang jika terjadi bisa mengganggu jalannya sebuah permainan. Menggunakan rasio kontras 1000:1, ASUS TUF Gaming A15 (FA507) tidak membuat mata cepat lelah, bahkan cenderung membuat mata lebih nyaman jika bermain game dengan durasi lebih dari 2 atau 3 jam.

Sistem Pendingin Canggih

Review ASUS TUF GAMING A15 FA507

Menggunakan kipas dengan 84 sisi yang hadir dengan Arc Flow Design, ASUS TUF Gaming A15 (FA507) dipastikan akan menjaga suhu laptop walau digunakan dengan kegiatan yang berat sekalipun. Ditambah lagi ASUS TUF Gaming A15 (FA507) memiliki suara kipas yang kecil bahkan cenderung senyap, yaitu 0dB kecita CPU atau GPU temperaturnya drop ke 50 derajat Celcius.

Selain itu terdapat fitur CoolZone Keyboard, dimana terdapat kipas yang mengarah ke keyboard tanpa membuat permukaannya panas dan nyaman digunakan dalam waktu yang cukup lama. Ditambah lagi pipa pembuang suhu panas yang dihadirkan untuk mengeluarkan suhu panas agar tidak terjebak di dalam laptop dan mencegah overheating yang mencapai 5 pipa dengan 4 ventilasi udara.

Port Konektivitas Lengkap

Review ASUS TUF GAMING A15 FA507

Masih menggunakan Audio Jack dalam ASUS TUF Gaming A15 (FA507), tentunya kalian tidak akan kesulitan dalam menyambungkan perangkat headset maupun headphone dalam laptop gaming yang satu ini. ASUS TUF Gaming A15 (FA507) menggunakan USB 3.2 Gen 1 Type 2 yang terdapat 2 lubang dan juga USB 3.2 Gen 1 Type-C 2 lubang serta salah satunya dilengkapi G-Sync. Selain itu ASUS TUF Gaming A15 (FA507) masih menyematkan lubang untuk koneksi LAN.

ASUS TUF Gaming A15 (FA507) juga dipersenjatai dengan WIFI 6 (802.11ax) yang memungkinkan untuk menikmati jaringan yang stabil dan jangkauan yang lebih jauh lagi. Ditambah lagi dengan kemampuan lower latency yang mencapai 75% dan juga bisa menjangkau 4 kali lebih luas jaringan yang ada disekitar.

Performa AMD yang Kencang dan Siap Libas Game Berat

Review ASUS TUF GAMING A15 FA507

Banyak yang sudah tidak lagi meragukan prosesor AMD RYZEN 7 6800H™ yang memiliki kekuatan 8 Core. Selain memakan daya yang cukup minim hanya 45W, AMD RYZEN 7 6800H™ dalam performa tertingginya bisa memakan daya 80W.

Terdapat perbedaan skor yang cukup jauh dari seri sebelumnya yaitu seri R7-5800H dengan R7-6800H mencapai 1000 poin jika dilihat dari Cinebench R20.

Setelah membahas tentang prosesor, ada baiknya membahas tentang kartu grafis yang sematkan dalam ASUS TUF Gaming A15 (FA507). Siapa yang tidak kenal dengan seri GeForce RTX™ 30 Series yang menghadirkan performa memukau dan juga beragam fiturnya yang memikat para gamer.

Review ASUS TUF GAMING A15 FA507

Mulai dari Ray Tracing, AI Enhanced Graphics, hingga Dynamic Boost yang membuat pengalaman bermain semakin seru dan menegangkan. Di sisi lain, ASUS TUF Gaming A15 (FA507) juga dipersenjatai dengan RAM DDR5 4800 yang memiliki kecepatan membaca, menulis, dan menyalin 40% jauh lebih cepat dari seri sebelumnya. Pastinya multitasking yang dijalankan akan terasa lebih lancar dan tidak terkendala sama sekali.

Kesimpulan

Review ASUS TUF GAMING A15 FA507

Seri Tuf Gaming bisa dibilang menjadi pilihan baru jika kalian menginginkan laptop gaming dengan harga yang terjangkau namun spesifikasi tidak main-main, salah satunya adalah ASUS TUF Gaming A15 (FA507). Menghadirkan AMD RYZEN 7 6800H™ yang memang cepat dalam menjalankan tugas apapun, laptop ini juga dibekasi dengan GeForce RTX™ 30 Series tepatnya RTX 3050 Ti yang tidak diragukan lagi kemampuannya.

Ditambah lagi dengan fitur-fitur menarik yang hadir dalam ASUS TUF Gaming A15 (FA507), seperti MUX Switch salah satunya yang membuat pengalaman bermain game menjadi semakin menegangkan. Hadir juga dengan ketahanan standar militer MIL-STD-810H yang memberikan kenyamanan saat membawa laptop gaming yang satu ini kemanapun dan kapanpun.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1243 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.